Home / CodeIgniter / Memulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2

Memulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2

Memulai membuat website dengan CodeIgniterMemulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2 – Susantokun. Ini adalah part kedua dari tutorial CodeIgniter yang ada di susantokun, maka dari itu jangan lupa untuk like comment and sussssskraib untuk mengetahui update artikel lainnya terutama tentang codeigniter.

Mungkin untuk para mastah dan bagi yang tidak sabaran selalu ingin ke fase yang expert dan terkesan keren, namun saya ingatkan jika sobat ingin benar – benar mendalami dalam hal apa pun itu maka manfaatkanlah waktu untuk mengulik dasar – dasar nya terlebih dulu, jangan malas membaca dan jangan malas untuk mengetik sendiri codingnya. InsyaAllah tanpa harus dihafalkan coding akan teringat dengan sendirinya dan itu akan menjadi modal untuk kedepannya.

Memulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2

Dalam membangun sebuah website tentu perlu konsep yang nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk web yang dibangun berdasarkan coding – coding yang telah dibuat. Namun pada artikel kali ini gua bakal mengenalkan bagaimana memulai membuat website dengan codeigniter, jadi untuk pembahasan lanjutan mengenai metode MVC yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter Part 1 akan dipaparkan setelah artikel ini. Langsung saja yang pertama sobat harus menyiapkan alat tempurnya untuk memulai membuat website dengan codeigniter.

Bahan – bahan untuk memulai membuat website dengan codeigniter

  1. CodeIgniter (sobat bisa download codeigniter di situs resminya https://codeigniter.com/)
  2. XAMPP (setelah didownload terus instal ya)
  3. Text Editor (Sublime, Notepad++, Atom, dan lain lain, setelah didownload yang ini juga di instal ya)

Tutorial memulai membuat website dengan codeigniter

Setelah sobat siap dengan semua alat – alat tempur di atas sekarang silakan extrak kulit manggis (codeigniter) ke folder htdocs yang berada di C:\xampp\htdocs.Memulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2

Sekarang sobat jalankan xampp yang telah sobat download dan klik start Apache dan MySQL seperti pada gambar diabwah

Memulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2

Kemudian jalankan browser bisa menggunakan google chrome, mozila, atau pesaing – pesaingnya, dan ketikkan localhost/(isi dengan nama folder) dalam contoh memulai membuat website dengan codeigniter ini sobat ketikkan localhost/CodeIgniter-3.1.8/ kemudian enter, maka jika berhasil tampilannya akan seperti gambar dibawah.

Memulai membuat website dengan CodeIgniter Part 2

Dari sini sobat sudah berhasil menginstall framework codeigniter yang artinya sobat sudah  memulai membuat website dengan codeigniter. Untuk tutorial lanjutannya akan segera dibuat dan jangan lupa pantekin terus susantokun.com. Terima kasih.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter

Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali lagi …

error: Content is protected !!