Home / CodeIgniter / Cara membuat dan menggunakan Controller di CodeIgniter Part 4

Cara membuat dan menggunakan Controller di CodeIgniter Part 4

Cara membuat dan menggunakan Controller di CodeIgniterCara membuat dan menggunakan controller di CodeIgniter Part 4 – Susantokun. Hola holaaa kembali lagi bersama susantokun kali kita akan belajar cara membuat dan menggunakan controller di codeigniter. Bagi yang belum menginstall alat tempur dan framework codeigniter nya silakan sobat bisa membaca artikel Cara membuat website dengan codeigniter part 2 yang di dalamnya terdapat tutorial memulai membuat website dengan codeigniter, kemudian untuk konfigurasi awalnya bias sobat baca di konfigurasi awal menggunakan codeigniter.

Cara Membuat dan Menggunakan Controller di CodeIgniter

Pertama buka controller Welcome yang berada di G:\xampp\htdocs\CodeIgniter-3.1.8\application\controllers di Text Editor kesayangan sobat seperti pada gambar dibawah ini

Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan dalam coding di atas :

  1. Bisa sobat perhatikan pada coding di atas terdapat class Welcome, itu diambil dari nama file Welcome dan jika tidak sama antara class dengan nama file maka class tersebut tidak akan berjalan alias class tersebut tidak akan terpanggil.
  2. public funtion index() atau bisa juga ditulis function index() adalah sebuh fungsi utama atau default dalam sebuah controller, maksudnya saat controller yang bersangkutan dieksekusi tanpa tambahan uri segmen maka function index lah yang akan tereksekusi.
  3. $this->load->view artinya untuk memanggil tampilan yang ingin ditampilkan, dimana letak tampilan tersebut berada di folder view dan dituliskan nama file tampilannya. Pada coding di atas terdapat file welcome_message sebagai sarana untuk tampilan.

Sebenarnya hanya itu saja pengenalan dasar cara membuat dan menggunakan controller di codeigniter dan sobat sudah bisa mengelola tampilan dengan menggunakan controller sebagai jembatan pengalihannya. Namun akan saya berikan contoh latihan agar sobat bisa lebih paham dan maknyos.

Kedua sobat buat file di Controller dengan nama Home.php dan ketikkan atau langsung saja di copas coding dibawah ini :

Pada function index akan meload view v_home maka dari itu silakan sobat buat file dengan nama v_home seperti direktori berikut application\views\v_home.php kemudian masukkan coding dibawah ini :

Buka tab baru di browser sobat kemudian ketik http://localhost/CodeIgniter-3.1.8/index.php/home/ dan enter, maka lihat hasilnya. Pada function kedua ada penambahan $data yang bertujuan untuk memanggil variabel data yang dimana isi dari $data itu sudah didefinisikan diatasnya. Pada kasus di atas $data mempunyai data array dengan data antara lain judul dan deskripsi, dimana judul dan deskripsi mempunyai isi yang berbeda, kemudian data array tersbut di load untuk ditampilkan pada view v_login. Dengan demikian nanti di v_login bisa di ambil isi dari data judul dan deskripsi. Maka dari itu buat file baru di view application\views\v_login.php kemudian isi dengan coding dibawah ini :

Dan coba dengan mengetikkan http://localhost/CodeIgniter-3.1.8/index.php/home/login maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat dan menggunakan controller di CodeIgniter Part 4

Seperti yang sobat lihat judul dan deskripsi bisa dipanggil pada v_login dengan menggunakan <?php echo $judul ;?> dan <?php echo $deskripsi ;?> dan ini bisa sobat gunakan untuk nantinya memanggil data yang ada di databse dengan media model yang nanti akan ada tutorial berikutnya setelah Cara membuat dan menggunakan controller di CodeIgniter Part 4 ini.

Jika ada pertanyaan bagaimana cara untuk mengubah link agar saat pertama di buka langsung ke halaman login? Maka jawabannya adalah buka application\config\routes.php dan ubah pada bagian default_controller menjadi home/login seperti coding di bawah.

Pada bagian default_controller digunakan untuk membuat default yang akan dieksekusi pertama kali pada link awal atau default, dan sobat bisa menambahkan method nya juga untuk membuat spesifik ingin ditujukan kemana, jika sobat hanya menggantinya menjadi home maka akan diarahkan ke controller home function index, dan sekarang sobat bisa melihat tampilan login namun link yang digunakan adalah http://localhost/CodeIgniter-3.1.8/.

Cara membuat dan menggunakan controller di CodeIgniter Part 4

Nah itulah artikel Cara membuat dan menggunakan controller di CodeIgniter Part 4 yang dapat disampaikan, mohon maaf bila ada kekurangan dan membuat sobat kesal. Jangan lupa untuk sussssskraib susantokun.com dengan cara ALLOW jika ada notifikasi subcribe agar bisa mendapatkan informasi update atau mungkin suatu event. Terima kasih.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter

Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali lagi bersama saya susantokun …

error: Content is protected !!