Home / CodeIgniter / Konfigurasi awal menggunakan CodeIgniter Part 3

Konfigurasi awal menggunakan CodeIgniter Part 3

Konfigurasi awal menggunakan CodeIgniterKonfigurasi awal menggunakan CodeIgniter Part 3 – Susantokun. Hola holaaa kembali lagi dengan susantokun kali ini kita akan memulai konfigurasi awal menggunakan codeigniter dimana ini adalah tahapan awal yang harus dilakukan ketika ingin membuat suatu website dengan framework codeigniter. Langsung saja ke langkah – langkah konfigurasi awal menggunakan codeigniter.

Konfigurasi awal menggunakan CodeIgniter

1. Siapkan alat tempurnya yaitu framework codeigniter, jika tidak punya maka silakan baca artikel memulai membuat website dengan codeigniter untuk caranya atau langsung download ke situs resmi codeigniter di https://www.codeigniter.com/.

Konfigurasi awal menggunakan CodeIgniter Part 3

2. Buka application – config – autoload.php (jika di komputer mimin lokasinya ada di G:\xampp\htdocs\CodeIgniter-3.1.8\application\config)

Diatas artinya sobat me load library database, session dan helper url yang telah disediakan oleh codeigniter, kemudian cari dan sesuaikan bagian libraries dan helper seperti coding di atas, lanjutkan dengan menekan ctrl + s

3. Buka application – config – config.php (jika di komputer mimin lokasi nya ada di G:\xampp\htdocs\CodeIgniter-3.1.8\application\config)

Maksud dari  $config[‘base_url’] = ”; adalah untuk memberitahu bahwa direktori dari website yang akan digunakan ada dimana, maka kita isi dengan nama folder yang digunakan, jadi nanti kalau sobat ingin memanggil css, js atau lokasi gambar dengan format base_url (contoh <?php echo base_url(‘assets/images/’);?>) jika base_url ini tidak sesuai maka tidak akan terbaca nantinya.

4. Buka database .php yang berada di tempat yang sama dengan langkah 2 dan 3

Diatas adalah pengaturan database yang akan diguankan, pada bagian username untuk default adalah root dan password dikosongkan dan bagian database diisi dengan nama dari nama database yang akan digunakan.

5. Buka routes.php masih pada folder yang sama dan scroll ke bagian paling bawah

Pada bagian default_controller itu lah yang nantinya link default website sobat akan ditampilkan, di atas tertulis welcome yang artinya pada controller welcome lah saat pertama kali pengguna membuka halaman.

Nah kelima tahapan itulah konfigurasi awal menggunakan codeigniter yang harus sobat lakukan, sebenarnya masih banyak fungsi – fungsi yang bias dilakukan dari konfigurasi yang ada, namun untuk dasarnya hanya perlu melakukan itu saja. Jangan lupa terus pantekin susantokun untuk melihat aritkel – artikel lainnya, terima kasih.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara update profile sesuai data yang login di CodeIgniter

Cara update profile sesuai data yang login di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!