Home / CodeIgniter / Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5

Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5

Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniterCara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5 – Susantokun. Halu haluuuuu kembali lagi dengan gua susantokun kali ini kita akan membahas tentang cara membuat dan menggunakan view di codeigniter. Jika sobat belum membaca tutorial sebelumnya yaitu cara membuat dan menggunakan controller di codeigniter silakan sobat baca terlebih dahulu agar sobat bisa paham untuk materi artikel ini.

View pada codeigniter berfungsi untuk menampilkan hasil dari program yang telah dibuat, biasanya coding yang digunakan adalah bahasa pemrograman HTML dan CSS. Bahasa pemrograman html dan css tersebut bisa menggunakan bootstrap, materialize, material-ui dan para sahabatnya untuk media library yang digunakan. Meskipun biasanya tampilan dari suatu website dibuat dalam format .html tapi di framework ini tidak masalah jika sobat menggunakan format .php. dan biasa memang demikian. Dalam cara membuat dan menggunakan view di codeigniter sangatlah simple alias mudah karena sobat hanya tinggal memanggil library nya kemudian sobat tulis dengan bahasan html seperti hal nya pada php native. Namun cara membuat dan menggunakan view di codeigniter ini ada sedikit perbedaan, karena sobat harus konfigurasi awal menggunakan codeigniter terlebih dulu. Langsung saja contoh cara membuat dan menggunakan view di codeigniter.

Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter

Pertama silakan sobat buka projek CodeIgniter-3.1.8 yang sebelumnya kita kerjakan dengan text editor kesayangan sobat kemudian masuk ke application\views\v_login.php seperti pada gambar berikut :

Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5

Kedua soba bisa download library css yang ingin sobat gunakan dalam membuat web, disini mimin pake bootstrap dan download di download bootstrap dan download juga jquery karena pasti nanti akan dibutuhkan kemudian disimpan di folder asset G:\xampp\htdocs\CodeIgniter-3.1.8\assets seperti pada gambar di bawah ini :

Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5

Namun biasanya kalau gua buat folder khusus untuk assets ini seperti bootstrap, adminlte, jquery, datatables, select2, datepicker, dan plugin – plugin lainnya disatukan di folder vendor, kemudian untuk css dan js hanya berisi yang ditulis manual oleh gua sebagai pendukung.

Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5

Di dalam folder vendor itu terdapat folder – folder plugin lainnya seperti yang sudah saya jabarkan di atas, sehingga penempatan assets ini lebih rapi dan terlihat indah seindah dirimu sayang.

Ketiga sobat buka v_login.php kemudian ketikkan code berikut :

Maka sobat sudah berhasil memanggil bootstrap dan jquery yang bisa langsung sobat gunakan untuk proses coding dengan framework css bootstrap dan untuk lengkapnya sobat bisa baca dokumentasi bootstrap pada Get Started Bootstrap.

Itulah artikel Cara membuat dan menggunakan View di CodeIgniter Part 5 yang dapat gua sampaikan, untuk tutorial berikutnya berkaitan dengan model pada codeigniter. Dan untuk kedepannya lagi masih banyak yang ingin gua bagikan berkaitan dengan ci ini, jadi jangan lupa untuk terus mengunjungi susantokun. Terima kasih.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara update profile sesuai data yang login di CodeIgniter

Cara update profile sesuai data yang login di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!