Home / CodeIgniter / Cara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniter Part 6

Cara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniter Part 6

Cara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniterCara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniter Part 6 – Susantokun. Halu haluuuuu kembali lagi dengan gua susantokun kali ini kita akan membahas tentang cara membuat dan menggunakan model di codeigniter yang tentunya tutorial kali ini berhubungan dengan database. Langsung saja ke cara membuat dan menggunakan model di codeigniter part 6.

Cara Membuat dan Menggunakan Model di CodeIgniter

Pertama kita akan membuat databse terlebih dahulu, maka buka localhost/phpmyadmin di browser kesayangan sobat, inget … browser ya bukan dia … apalagi dia yang di masa lalu udah nyakitin kamu. Balik lagi ke pembahasan, silakan sobat buat database dengan nama db_susantokun dan masukkan coding dibawah ini pada SQL agar langsung membuat tabel beserta isinya.

Di atas kita membuat tabel dengan nama tbl_konfigurasi dengan isi seperti yang tertera di atas, kali ini kita akan membuat konfigurasi dinamis menggunakan database di codeigniter. Saya anggap sobat sudah membuat database beserta tabel dan isinya. Sekarang buka folder CodeIgniter-3.1.8 di text editor kesayangan sobat, inget … text editor bukan dia … apalagi dia yang dulu pernah nyakitin kamu.

Pertama sobat buka application\config\routes.php dan ubah default_controller menjadi home, buka application\config\database.php isi bagian username dengan root dan data database dengan db_susantokun, jangan lupa untuk simpan setiap langkahnya.

Kedua sobat buka application\controllers\Home.php dan tulis code berikut :

Pada function construct disana kita memanggil model dengan nama model Konfigurasi_model, pada bagian ini semua data yang dipanggil bisa digunakan di semua function pada file yang samac Artinya sobat tidak perlu mendeklarasikan lagi model di setiap function.

Pada function index disana ada variabel $site dengan memanggil function listing pada Konfigurasi_model, kemudian variabel $data diisi dengan data dari database menggunakan media model tadi pada function listing.

artinya nanti sobat bisa memanggil isi nya dengan variabel $title yang berisi kata – kata yang ada di dalam kutip satu (‘) dimana isinya memanggil field nama pada databse, begitupun dengan variabel lainnya sama juga.

Ketiga sobat buat file php application\models\Konfigurasi_model.php dan masukkan coding berikut :

Pada function listing sebenarnya bisa banyak variasi untuk menggil data di databse, namun saat ini kita pakai yang di atas dulu saja, nanti untuk variasi lainnya akan digunakan untuk tutorial selanjutnya, atau sobat bisa langsung ke dokumentasi (user guidecodeigniter. Silalakan sobat praktekan dan lihat hasil nya, apakah seperti gambar di bawah ini atau tidak.

Cara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniter Part 6

Tampilan di atas adalah tampilan dari konfigurasi dinamis yang bisa sobat gunakan agar di setiap page judul website bisa di ubah secara dinamis. Mungkin itu saja artikel tentang cara membuat dan menggunakan model di codeigniter yang dapat gua sampaikan dan di lain waktu gua akan membuat tutorial CRUD di codeigntier. Terima kasih.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Membuat Form Pendaftaran di CodeIgniter

Cara Membuat Form Pendaftaran di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali lagi bersama susantokun, kali …

error: Content is protected !!