Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter

Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter

Diperbaharui 20 Mei 2020 5:38 PM

Pada kesempatan kali ini dan seterusnya saya akan mulai membuat seri tutorial tentang salah satu framework Apa itu Framework? Pengertian Framework yang cukup populer dengan judul materi dasar menggunakan codeigniter.

Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter

CodeIgniter adalah kerangka pengembangan aplikasi untuk orang-orang yang membangun situs web menggunakan PHP, dengan kata lain kerangka disini bisa diartikan sebagai tempat atau media yang memungkinkan untuk membantu seorang web developer dalam menyelesaikan tugasnya.

Tujuan dari dibuatnya framework codeigniter adalah untuk memungkinkan sobat mengembangkan proyek lebih cepat. Dengan menyediakan seperangkat perpustakaan (library) yang kaya untuk tugas yang biasa dibutuhkan, serta antarmuka sederhana dan struktur logis untuk mengakses perpustakaan ini.

CodeIgniter memungkinkan sobat untuk memfokuskan secara kreatif pada proyek sobat dengan meminimalkan jumlah kode yang dibutuhkan untuk tugas tertentu.

Metode CodeIgniter

Materi dasar menggunakan codeigniter yang kedua, metode CodeIgniter adalah Model, View, dan Controller yang biasa disebut MVC.

Apa itu MVC? Metode MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen – komponen sesuai dengan fungsinya. Dalam hal ini CI memisahkan komponen menjadi 3 bagian yaitu Model, View dan Controller yang setiap komponen tersebut mempunyai fungsi berbeda-beda namun tetap saling berhubungan.

Model

Model merupakan bagian yang berhubungan dengan pengolahan data atau menipulasi database dimana model ini berperan sebagai jembatan antara controller dengan view untuk menampilkan dan mengelola data dari database.

Contoh penggunakan model di codeigniter adalah mengambil data dari database, menambahkan data ke database, mengedit data ke database, menghapus data dengan proses atau konfigurasinya berada di model.

View

Materi dasar menggunakan codeigniter metode kedua adalah View, merupakan bagian yang berhubungan dengan tampilan yang dilihat pengguna alias user interface. Pada bagian view ini web developer atau seseorang yang ingin membuat tampilan website dianjurkan menggunakan bagian view untuk menuliskan codingnya (biasa HTML dan CSS.)

Namun tidak bersifat tetap bahwa tampilan hanya menggunakan bagian view, karena ada kalanya sesuatu yang ditampilkan adalah hasil dari coding bagian controller karena adanya situasi yang mengharuskan hal tersebut.

Controller

Contoller merupakan bagian yang berhubungan dengan intruksi atau perintah atau aksi yang menghubungkan antara view dengan model, dan secara teknis bagian controller adalah bagian yang pertama kali akan dieksekusi oleh pengguna saat melihat halaman website yang telah dibuat.

Sebagai contoh dalam penggunaan controller di codeigniter adalah pengguna menuliskan link atau url di browser yang menghasilkan tampilan login.

Itulah artikel materi dasar menggunakan codeigniter yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca juga tutorial lainnya dari framework codeigniter, karena pasti tutorial kategori ini akan cukup panjang.

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU