Home / CodeIgniter / Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter Part 1

Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter Part 1

Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter Part 1Materi Dasar Menggunakan CodeIgniterSusantokun. Halo sobat bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik Рbaik saja, setelah susantokun.com ini jarang sekali update artikel dikarenakan adanya kegiatan yang mengharuskan mimin untuk focus sehingga untuk membuat satu artikel pun sungguh begitu sulit. Pada kesempatan kali ini dan pada artikel ini mimin akan memulai tutorial tentang salah satu framework (Apa itu Framework? Pengertian Framework) yang bisa dikatakan baru dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Laravel dan sahabat seperjuangannya serta framework ini selalu mimin pakai untuk menyelesaikan projek Рprojek website yang mimin handle, tidak bukan dan tidak tidak yaitu framewrok yang bernama CodeIgniter *bumtssss.

Penjelasan CodeIgniter

CodeIgniter adalah kerangka pengembangan aplikasi untuk orang-orang yang membangun situs web menggunakan PHP, dengan kata lain kerangka disini bisa diartikan sebagai tempat atau media yang memungkinkan untuk membantu seorang web developer dalam menyelesaikan tugasnya. Tujuan dari dibuatnya framework codeigniter ini adalah untuk memungkinkan sobat mengembangkan proyek lebih cepat daripada yang sobat bisa jika sobat menulis kode dari nol, dengan menyediakan seperangkat perpustakaan (library) yang kaya untuk tugas yang biasa dibutuhkan, serta antarmuka sederhana dan struktur logis untuk mengakses perpustakaan ini. CodeIgniter memungkinkan sobat untuk memfokuskan secara kreatif pada proyek sobat dengan meminimalkan jumlah kode yang dibutuhkan untuk tugas tertentu. Materi dasar menggunakan codeigniter, codeigniter adalah salah satu framework yang gratis alias tidak berbayar alias bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan uang untuk menggunakan framework ini. Mimin pikir untuk penjelasan codeigniter sudah paham ya, dilanjutkan dengan kerangka yang dimaksud dalam membangun atau mengembangkan suatu aplikasi berbasis website.

Metode CodeIgniter

Materi dasar menggunakan codeigniter yang kedua, metode CodeIgniter adalah Model, View, dan Controller yang biasa disebut MVC. Apa itu MVC? Metode MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen – komponen sesuai dengan fungsinya, dalam hal ini CI memisahkan komponen menjadi 3 bagian yaitu Model, View dan Controller yang setiap komponen tersebut mempunyai fungsi berbeda-beda namun tetap saling berhubungan.

Penjelasan Metode MVC CodeIgniter

1. Model

Materi dasar menggunakan codeigniter metode pertama adalah Model, merupakan bagian yang berhubungan dengan pengolahan data atau menipulasi database dimana model ini berperan sebagai jembatan antara controller dengan view untuk menampilkan dan mengelola data dari database. Contoh dalam penggunakan model codeigniter adalah mengambil data dari database, menambahkan data ke database, mengedit data ke database, menghapus data dengan proses atau konfigurasinya berada di model.

2. View

Materi dasar menggunakan codeigniter metode kedua adalah View, merupakan bagian yang berhubungan dengan tampilan yang dilihat pengguna alias user interface. Pada bagian view ini web developer atau seseorang yang ingin membuat tampilan website dianjurkan menggunakan bagian view ini untuk codingnya dan biasanya menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Namun tidak bersifat tetap bahwa tampilan hanya menggunakan bagian view, karena ada kalanya sesuatu yang ditampilkan adalah hasil dari coding bagian controller karena adanya situasi yang mengharuskan hal tersebut.

3. Controller

Materi dasar menggunakan codeigniter metode ketiga adalah Controller, merupakan bagian yang berhubungan dengan intruksi atau perintah atau aksi yang menghubungkan antara view dengan model, dan secara teknis bagian controller adalah bagian yang pertama kali akan dieksekusi oleh pengguna saat melihat halaman website yang telah dibuat. Sebagai contoh ilustrasi dalam penggunaan controller di codeigniter adalah pengguna menuliskan link atau url di browser (misal: localhost/ci_susantokun) dan menghasilkan tampilan login, nah pada saat itu pengguna pertama kali mengakses controller kemudian dialihkan ke bagian view dengan isi dari database yang di ambil dari model dan ditampilkan di view.

Bagaimana? Apakah artikel Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter Part 1 sudah terbayang? Ya setidaknya ada setitik cahaya … yang menyinari bumi “apasih”. Jika ada yang belum dipahami bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk like comment and sussssskraib.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara update profile sesuai data yang login di CodeIgniter

Cara update profile sesuai data yang login di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!