Home / Herbal / Tanaman herbal untuk kolesterol tinggi

Tanaman herbal untuk kolesterol tinggi

Tanaman herbal untuk kolesterol tinggiTanaman herbal untuk kolesterol tinggi – Susantokun. Pada postingan sebelumnya tentang Tanaman herbal untuk asam urat kali ini masih sama tentang tanaman herbal untuk kesehatan yaitu Tanaman herbal untuk kolesterol tinggi, silakan disimak dan semoga bermanfaat.

Baca juga artikel herbal lainnya :

Tanaman – Tanaman Herbal Untuk Kolesterol Tinggi yang Mudah Dikonsumsi

Pengobatan herbal maupun pengobatan alternatif untuk pencegahan sakit jantung biasanya ditujukan untuk mengontrol kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Pengobatan herbal yang paling mudah untuk kolesterol adalah bahan herbal yang dapat dinikmati sambil dikonsumsi. Di sini kita akan melihat beberapa tanaman herbal untuk kolesterol tinggi yang dapat dengan mudah dikonsumsi.

Sebelum melihat tanaman herbal untuk kolesterol tinggi tersebut, perlu diketahui bahwa setiap individu akan memiliki reaksi berbeda terhadap pengobatan ini. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh umur, kondisi tubuh dan kesehatan dan juga gender. Untuk memastikan obat herbal ini dapat berpengaruh positif, hal yang harus dilakukan adalah dengan meminta pendapat dokter.

Dokter akan memeriksa situasi tubuh dan kesehatan serta kriteria – kriteria lain seperti alergi ataupun potensi komplikasi jika dikonsumsi dengan obat lain. Obat herbal pada dasarnya relatif aman untuk dikonsumsi, namun tetap ada aturannya. Dokter dapat memberikan masukan, misalnya seberapa banyak bahan herbal yang boleh dikonsumsi atau memberikan peringatan untuk tidak mengombinasikannya dengan obat ataupun makanan tertentu.

Jika sudah mendapatkan masukan dan izin dokter, langsung saja kita simak 5 tanaman herbal ini.

Tanaman herbal untuk kolesterol tinggi

Tanaman – Tanaman Herbal Untuk Kolesterol Tinggi

1. Bayam

Makanan favorit Popeye ini mengandung banyak manfaat diantaranya adalah menjaga kesehatan mata dan juga menstabilkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat lutein pada sayur ini dapat melindungi mengatasi plak – plak yang ada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah. Tidak hanya itu zat ini juga mampu menyingkirkan kolesterol yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Kelebihan lain dari bayam adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat yang dikonsumsi tubuh dapat memperlambat penyerapan kolesterol yang dibawa oleh makanan lain. Kolesterol yang tidak terserap ini akan langsung dibuang sehingga tidak akan menumpuk. Serat di bayam juga membuat cepat kenyang dan memperlancar pencernaan sehingga dapat mengurangi potensi obesitas.

2. Kacang – Kacangan

Kacang – kacangan yang sering dikonsumsi dan dielu – elukan memiliki kemampuan menurunkan kolesterol contohnya adalah kacang kedelai, almond, hazelnut, kwaci, kacang mede dan kacang panjang. Secara umum kacang mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk melancarkan peredaran darah dan mengontrol kolesterol. Selain itu kacang – kacangan juga mengandung vitamin E, magnesium dan zat phytochemical yang dapat mendukung kesehatan dan daya tahan jantung.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol dan menekan pertumbuhan atherosclerosis di dinding pembuluh darah. Efek ini memiliki bukti bekerja pada banyak orang namun tidak semua individu menikmatinya. Penelitian yang dilakukan menujukan bahwa harus ada kecocokan antara kondisi tubuh, kesehatan dan umur agar bawang putih menunjukan hasil.

Untuk mengetes apakah efek bawang putih berfungsi pada tubuh, konsumsi 3 – 4 siung bawang putih setiap harinya selama sebulan. Jika ada tanda – tanda penurunan tekanan darah dan tingkat kolesterol stabil setelah itu berarti tubuh cocok untuk dengan tumbuhan herbal ini.

4. Beras Merah

Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah sering dielu – elukan sebagai makanan pengganti nasi yang banyak manfaatnya. Makanan sering disebut sebagai nasi penurun kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah dan membuat cepat kenyang.
Mengonsumsi Tanaman Herbal Untuk Kolesterol Tinggi

Cara mengkonsumsi tanaman di atas dapat disesuaikan dengan diet dan kemampuan masing – masing. Untuk jenis sayuran seperti kacang panjang dan bayam, biasanya dapat dikonsumsi setelah dimasak sebagai sayur atau lalapan. Tipe sayur seperti ini juga dapat dikonsumsi dengan direbus dan diminum airnya.

Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung dengan dikunyah ataupun sebagai campuran masakan. Tapi perlu diingat bahwa bawang putih yang menjadi masakan harus terhindar dari bahan lain yang mengandung lemak jahat ataupun kolesterol tinggi. Kombinasi dengan bahan penyebab kolesterol akan menghilangkan efeknya.

Untuk beras dan kacang – kacangan dapat dikonsumsi dengan dicampur nasi ataupun sebagai penggantinya. untuk kacang – kacangan bisa juga dikonsumsi sebagai snack ataupun makanan pelengkap.

Sesungguhnya tanaman herbal untuk kolesterol tinggi yang di atas dapat dikreasi menjadi macam – macam. Batasanya adalah kombinasinya harus sehat, jika misal saat dikonsumsi bahan – bahan ini malah dicampur dengan rendang, tentu malah jadi tidak bermanfaat. Konsultasikan dengan dokter ataupun mencari informasi di internet untuk kemudahan mengkonsumsi tanaman – tanaman tersebut.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Tips ramuan herbal penurun kolesterol

Tips ramuan herbal penurun kolesterol

Tips ramuan herbal penurun kolesterol – Susantokun. Pada kesempatan kali ini susantokun akan memberikan tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!