Home / Herbal / Tanaman herbal untuk asam urat

Tanaman herbal untuk asam urat

Tanaman Herbal Untuk Asam UratTanaman herbal untuk asam urat – Susantokun. Ada banyak sekali tanaman yang sering kita jumpai dan sebenarnya bisa kita gunakan untuk pengobatan seperti tanaman herbal untuk asam urat. Baca juga Herbal untuk asam urat dan kolesterol sebagai referensi lainnya. Berikut adalah pembahasan mengenai Tanaman herbal untuk asam urat.

Mengenali Tanaman Herbal untuk Asam Urat dan Penyebab Penyakit

Sebenarnya, ada berbagai tanaman herbal untuk asam urat yang bisa Anda manfaatkan jika penyakit ini sudah menjadi masalah untuk kesehatan Anda. Apabila Anda mencari alternatif pengobatan menggunakan tanaman herbal, maka artikel ini jelas jangan sampai terlewatkan.

Tanaman Herbal untuk Asam Urat dan Faktor Pemicu Sakitnya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan asam urat. Misalnya adalah faktor usia, genetik, atau pola makan yang tidak sehat (terlalu banyak mengonsumsi bahan makanan yang tinggi kandungan purin). Gangguan pada ginjal, diabetes, serta hipertensi juga dapat memicu kondisi ini. Selain itu, kurang gerak atau aktivitas fisik juga adalah salah satu faktor penyebab asam urat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal untuk asam urat berikut ini.

Jenis-Jenis Tanaman Herbal untuk Asam Urat

1. Brotowali.

Salah satu khasiat tanaman brotowali adalah untuk mengatasi asam urat. Untuk merasakan manfaat brotowali bagi kesehatan Anda, cara pengolahan yang sederhana saja sudah cukup. Yaitu Anda hanya harus merebus daunnya dan saring untuk digunakan airnya. Rasanya memang pahit, tapi kemampuannya dalam menurunkan asam urat sudah tidak perlu diragukan lagi.
Selain asam urat, tanaman brotowali juga dapat mengobati hipertensi, menurunkan kolesterol, mengontrol kadar gula darah, mengencangkan kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kumis kucing.

Meskipun terkenal akan khasiatnya untuk mengatasi batu ginjal, tanaman kumis kucing sebenarnya juga dapat mengatasi asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan orthosiponin glikosida dan sifatnya yang diuretik sehingga asam urat dapat dirangsang untuk keluar dari tubuh melalui urin. Mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara teratur dapat membantu mengatasi asam urat.

3. Sambiloto.

Seluruh bagian tanaman ini sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal. Akan tetapi, bagian daunnya adalah yang paling banyak digunakan. Untuk mengolahnya, Anda hanya perlu merebus daun sambiloto untuk kemudian meminum airnya.

4. Daun salam.

Tanaman Herbal untuk Asam Urat

Walaupun lebih banyak terkenal sebagai bumbu dapur, daun salam sebenarnya masih menyimpan segudang manfaat lainnya, termasuk yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah khasiatnya sebagai obat penyakit asam urat. Sama seperti ketika mengolah jenis-jenis tanaman obat asam urat lainnya, Anda cukup merebus daun salam. Kemudian saring dan minum airnya, dan lakukan secara teratur. Ada kandungan minyak atsiri di dalam daun salam yang membuat tanaman ini efektif dalam menyembuhkan asam urat.

5. Jahe merah.

Selain ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan, tanaman jahe merah juga sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat. Cara mengolahnya sangat mudah karena Anda cukup menyeduh wedang jahe. Kandungan nutrisi di dalamnya akan membantu mengatasi asam urat dengan cara menyingkirkan penumpukan asam urat di dalam tubuh sambil menyembuhkan radang sendiri. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah serta meningkatkan imunitas tubuh.

6. Teh hijau.

Bukan hanya untuk meluruhkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol, tanaman teh hijau juga dapat membantu mengatasi asam urat. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya akan membantu mencegah penumpukan asam urat. Kemudian, sifat anti-radang yang dimiliki teh hijau akan membantu mencegah radang sendi.

7. Sidaguri.

Tanaman herbal yang satu ini biasanya tumbuh secara liar bersama rumput. Tapi, manfaatnya ternyata sama sekali tidak sepele karena kandungan alkaloid ephedrine di dalamnya yang dapat membantu mengobati asam urat. Selain itu, sifatnya juga diuretik. Anda cukup merebus daun serta biji sidaguri dan minum airnya secara teratur. Selain mengatasi asam urat, air rebusan tersebut juga dapat membantu menyembuhkan radang pada saluran kencing dan menambah stamina Anda.

Itulah beberapa jenis tanaman herbal untuk asam urat yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Tips ramuan herbal penurun kolesterol

Tips ramuan herbal penurun kolesterol

Tips ramuan herbal penurun kolesterol – Susantokun. Pada kesempatan kali ini susantokun akan memberikan tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!