Home / Herbal / Herbal untuk penyakit jantung

Herbal untuk penyakit jantung

Herbal Untuk Penyakit JantungHerbal untuk penyakit jantung – Susantokun. Pada kesempatan kali ini susantokun akan membahas tentang daun herbal untuk penyakit jantung, bagi yang mempunyai asam urat dan kolesterol bisa baca artikel berikut Herbal Untuk Asam Urat dan Kolesterol.

Daun Herbal Untuk Penyakit Jantung

Herbal untuk penyakit jantung antara lain terbuat dari bawang putih, kunyit, capcaisin yang terkandung dalam cabai, hingga ekstrak bunga sepatu yang kaya antioksidan. Diantara bahan – bahan tersebut, terdapat beberapa daun dengan khasiat yang sama dalam mencegah penyakit kardiovaskuler ini.

Daun Sirsak Herbal Untuk Penyakit Jantung

Daun sirsak tentu tidak sepopuler buahnya yang sering dijadikan bahan baku minuman dan sirup. Memperkuat akar rambut dan mencegah penuaan dini hanya sebagian kecil dari anti oksidan yang terkandung dalam daun sirsak. Daun sirsak yang dibiarkan tumbuh merimbun di halaman ternyata memiliki bermanfaat sebagai herbal untuk penyakit jantung.

Daun Herbal Untuk Penyakit Jantung1

Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak antara lain protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A, vitamin B, zat besi, dan yang paling utama yaitu antioksidan. Protein berperan sebagai sumber energi dan fruktosa dapat dijadikan sebagai pemanis pengganti gula. Kalsium membantu kerja jantung dalam memompa dan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Sementara lemak yang dikandung bukanlah lemak jahat, melainkan lemak alami sebagaimana terkandung dalam minyak kelapa. Lemak ini berperan dalam memperkuat otot – otot jantung. Anti oksidan bersama dengan vitamin A dan vitamin B berperan dalam peningkatan sistem imunitas tubuh, mencegah infeksi, dan meminimalisir resiko serangan jantung maupun stroke.

Untuk memperoleh manfaat daun sirsak, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Ambil 4 – 5 lembar daun sirsak. Rebus dalam 4 gelas air yang mendidih. Sisakan air rebusan sebanyak satu gelas. Minum sekali dalam sehari.
  2. Potong – potong 3 – 5 lembar daun sirsak. Rebus dalam air mendidih. Diamkan selama 30 menit. Saring dan minum air hasil saringan tersebut. Untuk mengurangi rasa pahit, dapat dicampurkan 1 – 2 sendok madu sesuai selera. Minum 2 kali dalam sehari.
  3. Cuci 7 – 8 lembar daun sirsak. Masukkan ke dalam blender. Tambahkan setengah liter air atau susu. Minum jus daun sirsak satu kali dalam sehari. Apabila ingin membuatnya terasa lebih segar, dapat ditambah dengan perasan air jeruk lemon.

Daun Sirih Merah Herbal Untuk Penyakit Jantung

Daun Herbal Untuk Penyakit Jantung2

Daun sirih selama ini dikenal sebagai koagulan dan sering dipergunakan untuk menghentikan mimisan. Tetapi, daun sirih ternyata memiliki manfaat lebih. Sariawan, TBC, radang, darah tinggi, asam urat, wasir, dan penyakit jantung koroner dapat diobati dengan ramuan tradisional berbahan daun sirih merah.

Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih merah berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh kuman yang terbawa oleh radikal bebas. Tanin, fenil, pati, dan gula merupakan senyawa – senyawa yang bekerja secara efektif dalam melawan penyakit, termasuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Alkoloid dan saponin dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan memperlancar peredaran darah sehingga kerja jantung dapat lebih maksimal.

Manfaat daun sirih merah dapat diperoleh melalui cara sederhana, yaitu menyeduh daun sirih. Langkah – langkahnya sebagai berikut:

  1. Cuci 5 – 6 helai daun sirih merah.
  2. Rebus dalam 4 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa separuhnya.
  3. Bagi ke dalam dua gelas. Minum satu gelas di pagi/siang hari dan satu gelas lagi di sore/malam hari.
  4. Untuk mengurangi rasa langu yang dihasilkan, dapat dicoba dengan mencampurkan madu ke dalam ramuan. Hindari penggunaan gula maupun pemanis buatan.

Untuk hasil maksimal, pilihlah daun herbal untuk penyakit jantung yang masih segar dan bebas pestisida.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Tips ramuan herbal penurun kolesterol

Tips ramuan herbal penurun kolesterol

Tips ramuan herbal penurun kolesterol – Susantokun. Pada kesempatan kali ini susantokun akan memberikan tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!