Home / Herbal / Tanaman herbal dan khasiatnya

Tanaman herbal dan khasiatnya

Tanaman herbal dan khasiatnyaTanaman herbal dan khasiatnya – Susantokun. Pada artikel ini membahas tentang berbagai tanaman herbal yang mempunyai khasiatnya masing-masing, baca juga :

Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

Indonesia merupakan negara tropis yang banyak ditumbuhi oleh tanaman berkhasiat. Sebut saja kumis kucing, brotowali, daun dewa, sambiloto dan juga lainnya yang mampu mengobati jenis-jenis penyakit kronis. Namun mungkin ada beberapa tanaman herbal dan khasiatnya yang belum Anda ketahui, seperti:

Belimbing Wuluh

Bagi orang Jawa tentu sangat familiar dengan belimbing wuluh. Belimbing yang memiliki bentuk lonjong memanjang dan berwarna hijau kekuningan ini memiliki rasa yang sangat masam. Biasanya digunakan sebagai tambahan untuk sayur asam atau pepes dan masakan lainnya. Dibalik rasanya yang masam itu belimbing wuluh bisa dijadikan obat. Fungsi tersebut ialah sebagai obat sariawan, obat reumatik, obat pegal linu, gusi berdarah dan juga mengobati sakit gigi. Berikut cara membuat ramuan dari belimbing wuluh untuk mengobati sakit gigi, antara lain:

  1. Siapkan 1 – 2 belimbing wuluh yang belum matang
  2. Haluskan lalu tempel pada bagian gigi yang berlubang
  3. Diamkan selama 10 menit
  4. Cuci dan kumur hingga bersih dengan air hangat

Lidah Buaya

Tanaman herbal dan khasiatnya yang selanjutnya ialah tanaman lidah buaya. Tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jeli dan juga untuk kecantikan ini memiliki fungsi lainnya. Sebagai tanaman kecantikan lidah buaya mampu menghilangkan jerawat dan juga menjaga kesehatan rambut. Sedangkan sebagai tanaman herbal lidah buaya mampu mengobati serangan jantung, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan masih banyak lagi.

Cara mengolahnya sebagai obat diabetes:

  1. Siapkan 2 batang lidah buaya
  2. Bersihkan lidah buaya
  3. Potong menjadi bentuk kecil
  4. Rebus dengan 3 gelas air
  5. Biarkan hingga tersisa 1 gelas air saja
  6. Saring dan minumlah selagi hangat sebanyak 3x sehari

Daun Beluntas

Tanaman yang biasanya digunakan sebagai pagar rumah ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain itu tanaman yang juga bisa dibuat masakan ini mampu mengobati keputihan, menghilangkan bau mulut, menghilangkan bau badan, mengobati reumatik, mengobati perut kembung dan juga menghilangkan sakit pinggang.

Bagi Anda yang lebih suka memilih tanaman herbal sebagai cara alternatif untuk pengobatan akan sangat terbantu dengan khasiat dari daun beluntas ini. Kandungan baiknya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengkonsumsinya juga tidak akan menimbulkan efek samping sehingga sangat cocok untuk dijadikan obat yang harus diminum tiap hari. Paling enak jika obat tersebut berupa masakan beluntas yang telah diolah.

Ciplukan

Bagi Anda yang hidup didaerah dekat persawahan tentu tidak akan asing dengan tanaman ciplukan. Buah yang satu ini tumbuh secara liar di sawah maupun pekarangan rumah. Dengan nama latin Physalis angulata ini mempunyai fungsi bagus sebagai tanaman herbal. Bahkan didaerah perkotaan akan mudah dijumpai di supermarket. Di balik buah kuning kecil ini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan asma, sakit tenggorokan, mengobati kencing manis, kanker payudara dan beberapa jenis penyakit lain. Jika Anda menemukan buah ini yang dijual di supermarket, maka Anda hanya perlu mencuci lalu bisa langsung dikonsumsi. Sedangkan jika Anda menemukan tanamannya maka Anda harus:

  1. Siapkan 5 gram daun yang kering
  2. Rebus bersama 110 ml air
  3. Tunggu selama 10 – 15 menit hingga mendidih
  4. Saring lalu minum sebanyak 2x sehari untuk mengobati hipertensi

Ternyata dibalik belimbing wuuh yang asam, lidah buaya, daun beluntas dan juga ciplukan yang tumbuh bebas di sawah merupakan tanaman herbal dan khasiatnya mampu mengobati beberapa jenis penyakit.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Ramuan herbal untuk rematik

Ramuan herbal untuk rematik

Ramuan herbal untuk rematik – Susantokun. Pada postingan sebelumnya tentang Tanaman herbal untuk darah tinggi kali ini masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!