Home / Education / Ilmu Komputer / Konsep dan tipe wireless network

Konsep dan tipe wireless network

Konsep dan tipe wireless network

Wireless network atau jaringan tanpa kabel adalah salah satu jenis jaringan berdarsarkan media komunikasinya, yang memungkinkan perangkat-perangat didalamnya seperti kom puter, hp, dll bisa saling berkomunikasi secara wireless /tanpa kabel. Wireless network umumnya diimplementasikan meng gunakan komunikasi radio. Implementasi ini berada pa da level lapisan fisik (pysical layer) dari OSI model.

Jaringan Wireless umumnya bekerja berdasarkan salah satu topology konfigurasi baik jaringan Ad-Hoc ataupun jaringan Infrastructure.
Saat ini terdapat tiga variasi dari 802.11 yang sering digunakan, yaitu: 802.11a, 802.11b, dan 802.11g

Tipe-tipe wireless network
1. Wireless PAN (WPAN)

Wireless PAN (WPAN)
Wireless PAN (WPAN)


Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.

2. Wireless LAN (WLAN) / Wifi
Wireless LAN (WLAN) / Wifi
Wireless LAN (WLAN) / Wifi
Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa disebut Wifi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dibanding WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
Komponen WLAN :
  1. Access Point (sentral WLAN)
    AP dapat difungsikan sebagai Bridge, Point to Point atau Point to MultiPoint. Komponen ini sebagai interface antara station satu dengan lainnya yang tersambung secara wireless. Disamping itu AP merupakan jembatan penghubung ke jaringan wired LAN yang sudah ada.
  2. Card WiFi (untuk dipasang di station)
    NIC wireless LAN dipasang di sisi station dapat berupa PCMCIA card, USB card atau PCI card.
  3. Station
    Station yang dimaksud di sini dapat berupa PC (desktop), notebook atau PDA yang telah dilengkapi dengan interface WLAN.
  4. Asesories
3. Wireless MAN (WMAN)
Wireless MAN (WMAN)
Wireless MAN (WMAN)
Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN Kecepatan aliran berkisar antara 56K hingga 10 Mbps. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.
4. Wireless WAN (WWAN)
Wireless WAN (WWAN)
Wireless WAN (WWAN)
Wireless Wide Area Network adalah jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas misalnya menghubungkan kantor pusat dan cabang antar provinsi.
5. Cellular Network
Cellular Network
Cellular Network
Cellular Network atau Mobile Network adalah jaringan radio terdistribusi yang melayani media komunikasi perangkat mobile seperti handphone, pager, dll. Contoh sistem dari Cellular Network ini adalah GSM, PCS, dan D-AMPS.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Pengertian dan cara kerja Secure Shell (SSH)

Pengertian dan Cara Kerja Secure Shell (SSH)

Pengertian dan Cara Kerja Secure Shell (SSH) – Susantokun. Siapa tau ada yang lagi nyari-nyari …

error: Content is protected !!