Home / Education / Ilmu Komputer / Konsep dan prinsip kerja proxy server

Konsep dan prinsip kerja proxy server

Konsep dan prinsip kerja proxy server

Konsep dan prinsip kerja proxy server – Susantokun. Dari pada be to the te bete karena lagi liburan dan sendiri di kostan mending posting tentang mata kuliah, siapa tau nanti ada yang butuh dan bisa terbantu. Postingan ini saya ambil dari power point dosen saya yaitu Bpk. Kotim Subandi, S.Kom .MT yang mengajar mata kuliah jaringan komputer.

Konsep dan prinsip kerja proxy server

Proxy merupakan pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara

Konsep dasar proxy server
Konsep dasar proxy server

Secara prinsip pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara, yaitu proxy.

  • Pada gambar client1, client2, client3 disebut sebagai pihak pertama
  • Sedangkan yang menjadi pihak kedua adalah jaringan internet
  • Sebelum keduanya saling berhubungan, mereka harus melewati proxy server

Fungsi proxy

  1. Connection Sharing,
  2. Filtering,
  3. Filter Situs-Situs Terlarang,
  4. Filter Pengguna Internet,
  5. Caching,
  6. Management User’s Authentication,
  7. Management Waktu Akses Internet,
  8. Management Bandwidth,
  9. dst

Connection Sharing

  • Konsep dasar, pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar.
  • Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan bila tidak ada garis batas yang jelas jaringan lokal dan internet.
  • Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung kepadanya.
  • Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing).
  • Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai  perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet

Filtering

  • Filter Situs-Situs Terlarang
    Konsepnya adalah jika ada client yang ingin mengakses situs-situs yang sudah difilter oleh proxy server maka akses akan gagal.
  • Filter Pengguna Internet
    – Pengguna Internet sudah didefinisikan di konfigurasi proxy
    – Pendefinisan yang digunakan adalah dengan menggunakan IP Address yang digunakan client
    – Proxy juga bisa mendefinisikan beberapa IP yang tidak bisa akses internet

Caching

  • Proxy server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah pernah diminta dari server-server di internet
  • Proxy server yang melakukan proses diatas biasa disebut cache server
  • Mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan hasil permintaan dari dari para pengguna, yang didapat dari internet.
  • Disimpan dalam ruang disk yang disediakan (cache).

Transparent Proxy

  • Salah satu kompleksitas dari proxy pada level aplikasi adalah bahwa pada sisi pengguna harus dilakukan konfigurasi yang spesifik untuk suatu proxy tertentu agar bisa menggunakan layanan dari suatu proxy server
  • Agar pengguna tidak harus melakukan konfigurasi khusus, kita bisa mengkonfigurasi proxy/cache server agar berjalan secara benar-benar transparan terhadap pengguna (transparent proxy).
  • Transparent Proxy memerlukan bantuan dan konfigurasi aplikasi firewall (yang bekerja pada layer network) untuk bisa membuat transparent proxy yang bekerja pada layer aplikasi

Cara Kerja Transparent Proxy

  1. Pengguna benar-benar tidak mengetahui tentang keberadaan proxy ini, dan apapun konfigurasi pada sisi pengguna, selama proxy server ini berada pada jalur jaringan yang pasti dilalui oleh pengguna untuk menuju ke internet, maka pengguna pasti dengan sendirinya akan “menggunakan”  proxy/cache ini.
  2. Cara membuat transparent proxy adalah dengan membelokkan arah (redirecting) dari paket-paket untuk suatu aplikasi tertentu, dengan menggunakan satu atau lebih aturan pada firewall/router.
  3. Prinsipnya setiap aplikasi berbasis TCP akan menggunakan salah satu port yang tersedia, dan firewall membelokkan paket yang menuju ke port layanan tertentu, ke arah port dari proxy yang bersesuaian.
  4. Sebagai Contoh : Pada saat klient membuka hubungan HTTP (port 80) dengan suatu web server, firewall pada router yang menerima segera mengenali bahwa ada paket data yang berasal dari klien dengan nomor port 80.
  5. Misal kita juga mempunyai satu HTTP proxy server yang berjalan pada port 3130.
  6. Pada Firewall router kita buat satu aturan yang menyatakan bahwa setiap paket yang datang dari jaringan lokal menuju ke port 80 harus dibelokkan ke arah alamat HTTP proxy server port 3130. Akibatnya, semua permintaan web dari pengguna akan masuk dan diwakili oleh HTTP proxy server diatas.

 

Bagi yang mau download filenya tinggal klik tombol download dibawah
DOWNLOAD

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Pengertian dan cara kerja Secure Shell (SSH)

Pengertian dan Cara Kerja Secure Shell (SSH)

Pengertian dan Cara Kerja Secure Shell (SSH) – Susantokun. Siapa tau ada yang lagi nyari-nyari …

  • BHW

    This is really interesting, You are a very skilled blogger.
    I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your great
    post. Also, I have shared your website in my social networks!

    • Thank you, sir. I hope you given easier 😉

error: Content is protected !!