Home / Education / Ilmu Komputer / Program Linier Metode Grafik Optimasi

Program Linier Metode Grafik Optimasi

METODE GRAFIK

Program Linier Metode Grafik Optimasi. Pada artikel sebelumnya yaitu Pendahuluan dan Model Transportasi Optimasi semoga sudah bisa merumuskan Model Matematika mengenai persoalan Program Linier, maka untuk menentukan Penyelesaian Persoalan Program Linier ada dua cara, yaitu menggunakan Metode Grafik dan Metode Simpleks. Semoga cara ini dapat membatu dapat menyelesaikan tugas atau bahkan soal un 2005 tentang program linier metode grafik.

Dengan Metode Grafik hanya dapat digunakan dalam pemecahan masalah program linier yang ber “dimensi” 2 x n atau m x 2, karena keterbatasan kemampuan suatu grafik dalam menginformasikan atau menyampaikan sesuatu, yang sebenarnya grafik 3 dimensi dapat digambarkan, tetapi sangat tidak sulit atau tidak praktis. Sebenarnya optimasi linier ini hampir sama dengan sistem persamaan linear yang pada saat SMA atau mungkin SMP yang telah dipelajari, namun bedanya disini lebih diterapkan sebagai dasar-dasar dalam untuk nantinya sebagai sarana menuju pemrograman atau programming metode grafik. Pada situs ini diberikan juga contoh kasus optimasi sistem linear sebagai gambaran cara pengerjaannnya.

Baca juga : Contoh Kasus Optimasi Linier dengan Menggunakan Metode Grafik

A. FUNGSI TUJUAN MAKSIMISASI

Formulasi Permasalahan
Metode grafik hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan suatu persamaan yang didalamnya terdapat dua variabel keputusan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memformulasikan permasalahan-permasalahan yang ada ke dalam bentuk Linear Programming. Untuk menyelesaikan persoalan maksimasi harus melalui ketujuh langkah dalam penyelesaian optimasi, contoh dari kasus maksimasi optimasi adalah tingkat kekuatan dan lain sebagainya.
Adapun langkah-langkah dalam menyelesaikan formulasi permasalahan adalah sebagai berikut :
  1. Indentifikasi variabel keputusan
  2. Indentifikasi fungsi obyektif
  3. Identifikasi kendala-kendala yang ada
  4. Menggambarkan bentuk grafik dari semua kendala
  5. Indentifikasi daerah solusi yang layak pada grafik
  6. Menggambarkan bentuk grafik dari fungsi obyektif kemudian menentukan titik yang memberikan nilai obyektif optimal pada daerah solusi yang layak
  7. Mengartikan solusi yang diperoleh menjadi suatu kesimpulan.

B. FUNGSI TUJUAN MINIMISASI

Permasalahan minimisasi dapat juga diselesaikan secara grafik. Langkah-langkah dalam penyelesaian permasalahan hampir sangat sama dengan penyelesaian permasalahan untuk fungsi tujuan maksimisasi namun ada beberapa catatan sebagai pembada antara maksimasi dan minimisasi yaitu: formulasi permasalahan, menentukan area layak, serta menentukan solusi optimal. Minimisasi dapat berupa meminimumkan biaya produksi. Pelajari juga cara menghitung penyelesaian secara eliminasi dan substitusi.

Unduh File dan Berikan Penilaian :

Rating

User Rating: 4.68 ( 3 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL – Kali ini kita akan langsung membuat koneksi …

error: Content is protected !!