Home / Arduino / Pengenalan Arduino Lengkap

Pengenalan Arduino Lengkap

Pengenalan Arduino Lengkap yang digunakan dalam praktikum adalah jenis Arduino Uno R3, jadi bagi sobat yang menggunakan jenis sama dengan saya maka bisa mengikuti latihan-latihan yang ada diblog ini. Artikel ini hanya sebagai panduan awal dalam menggunakan Arduino, dibagian bawah artikel ada link yang menuju ke latihan Arduino Uno R3, silahkan dicoba dan kembangkan kemudian pergunakan dengan bijak. Artikel ini saya susun berdasarkan Modul Praktikum Sistem Otomasi yang disusun oleh Bpk. Andi Chairunnas, S.Kom., M.Pd dan Bpk. M. Safrul, S.Kom FMIPA Universitas Pakuan.

A. TUJUAN

  1. Mengetahui pengertian dari Arduino
  2. Memahami port yang berada pada Arduino
  3. Mengetahui cara menggunakan Arduino

B. BAHAN DAN ALAT

  1. Arduino
  2. Software Arduino

C. DASAR TEORI

Pengetian Arduino

Apa itu Arduino? Arduino adalah kit mikrokontroler yang serba bisa dan sangat mudah pengunaannya. Dicanrang khusus untuk pemula, tetapi pada kenyataannya banyak dipakai oleh profesional untuk membuat proyek-proyek elektronika. Saat ini Arduino sudah sangat populer dan sudah banyak dipakai untuk membuat proyek-proyek seperti drum digital, pengontrool LED, web server, MP3 player, pengendali robot, pengendali motor, sensor suhu/kelembaban, pengontrol kamera, dsb.

Ardiono terdiri dari hardware berupa Arduino Board dan software berupa Arduino IDE (Integrated Development Encironment).

Pengenalan Arduino Lengkap

Arduino dihubungkan dengan kom,puter melalui koneksi USB. Setelah itu kita bisa menulis program menggunakan Arduino IE untuk ditanam pada Arduino Board tersebut. Cara menanamkan program ke Arduino sangat muda, setelah program selesai dibuat, kita tinggal klik tombol Upload dan dalam beberapa detik program kita masuk ke dalam chip.

Ardiono adalah proyek open source. Artinya desain hardware maupun software terbuka untuk umum dan bisa dikembangkan sendiri akalau mau. Walaupun demikian, bagi seorang pemula mikrokontroler tentu akan repot membuat sendiri Arduino Boardnya, karena untuk membuatnya diperlukan chip programmer (untuk menambahkan bootloader Arduino pada chip).

D. METODE KERJA

1. Install Software dan Driver

Setelah software Arduino didownload. Silahkan extract file Ardiono ke sebuah folder. Kemudian sambungkan kabel USB dari komputer atau laptop anda ke Arduino – sambungan USB akan memberikan tegangan ke board Arduino sehingga Arduino akan otomatis menyala, lihat lampu power menyala.

Pada saat pertama kali disambungkan, Windows akan menanyakan driver untuk USB. Silahkan arahkan lokasi pencarian driver ke folder arduino-00xxdriversFTDI USB Drivers. Tunggu sampai proses instalasi driver selesai kemudian kita siap melakukan praktek yang pertama.

2. Struktur Dasar Pemrograman Arduino

Setiap program Arduino (biasa disebut sketch) mempunyai dua buah fungsi yang harus ada.

  • void setup(){}
    Semua kode didalam kurung kurawal akan dijalankan hanya satu kali ketika program arduino dijalankan untuk pertama kalinya.
  • void loop(){}
    Fungsi ini akan dijalankan setelah setup (fungsi void setup) selesai. Setelah diajalankan satu kali fungsi ini akan dijalankan lagi, dan lagi secara terus menerus sampai catu aya (power) dilepaskan.

3. Syntax

Berikut adalah beberapa elemen bahasa C yang dibutuhkan untuk format penulisan

  • {} (kurung kurawal)
    Digunakan untuk menefinisikan kapan blok program mulai dan berakhir (digunakan jgua pada fungsi dan pengulangan).
  • ; (titik koma)
    Setiap baris kode harus dioakhiri dengan tanda titik koma (jika ada titik koma yang hilang maka program tidak akan bisa dijalankan).

4. Variabel

Sebuah rpogram secara garuis besar dapat didefinisikan sebagai intruksi untuk memindahkan angka dengan cara yang cerdas. Variabel inilah yang digunakan untuk memindahkannya.

  • int (integer)
    Digunakan untuk menyimpan angka dalam 2 byte (16 bit). Tidak mempunyai angka desimal dan menyimpan nilai dari -32,768 dan 2,147,483,647.
  • boolean (boolean)
    Variabel sederhana yang digunakan utnuk menyimpan nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah). Sangat berguna karena hanya mengginakan 1 bit dari RAM.
  • float (float)
    Digunakan untuk angka desimal (floating point). Memakai 4 byte (32 bit) dari RAM dan mempunyai rentang dari -3.4028235E+38 dan 3.4028235E+38.
  • char (character)
    Menyimpan 1 karakter menggunakan kode ASCII (misalnya ‘A’ = 65). Hanya memakai 1 byte (8 bit) dari RAM.

5. Operator Matematika

Operator yang digunakan untuk memanipulasi angka (bekerja seperti matematika yang sederhana)>

  • =
    Membuat sesuatu menjadi sama dengan nilai yang lain (misal: x =10 * 2, x sekarang sama dengan 10)
  • %
    Menghasilkan sisa dari hasil pembagian suatu angka dengan angka yang lain (misal: 12 % 10, ini akan menghasilkan angka 2)
  • +
    Penjumlahan

  • Pengurangan
  • *
    Perkalian
  • /
    Pembagian

6. Operator Pembanding

Digunakan untuk membandingkan nilai logika

  • ==
    Sama dengan (misal: 12 == 10 adalah FALSE (salah) atau 12 == 12 adalah TRUE (benar))
  • !=
    Tidak sama dengan (misal: 12 != 10 adalah TRUE(benar) atau 12 != 12 adalah FALSE (salah))
  • <
    Lebih kecil dari (misal: 12 < 10 adalah FALSE (salah) atau 12 < 12 adalah FALSE (salah) atau 12 < 14 adalah TRUE (benar))
  • >
    Lebih besar dari (misal: 12 > 10 adalah TRUE (benar) atau 12 > 12 adalah FALSE (salah) atau 12 > 14 adalah FALSE(salah)).

7. Struktur Pengaturan

Program sangat bergantung pada pengaturan apa yang akan dijalankan berikutnya, berikut ini adalah elemen dasar pengaturan (banayk lagi yang lain dan bisa dicari diinternet).

  • if..else, dengan format seperti berikut ini:
    if (kondisi){}
    else if (kondisi){}
    else{}

    Dengan stuktur seperti diatas program akan menjalankan kode yang ada didalam kurung kurawal jika kondisinya TRUE, dan jika tidak (FALSE) makan akan diperiksa apakai kondisi pada else if dan jika kondisinya FALSE makan kode pada else yang akan dijalankan.
  • for, dengan format seperti berikut ini:
    for(int i = 0; i < #pengulangan; i++){}
    Digunakan bila anda ingin melakukan pengulangan kode didalam kurunng kurawal beberapa kali, ganti #pengulangan dengan jumlah pengulangan yangn diinginkan. Melakuklan penghitungan ke atas dengan i++ atau ke bawah dengan i–.

8. Digital

  • pinMode(pin, mode)
    Digunakan untuk menetapkan mode dari suatu pin, pin adalah nomor pin yang akan digunakan dari 0-19 (pin analog 0-5 adalah 14-19). Mode yang bisa dugunakan adalah INPUT atau OUTPUT.
  • digitalWrite(pin, value)
    Ketika sebuah pin ditetapkan sebagai OUTPUT, pin tersebut dapat dijadikan HIGH (ditarik menjadi 5 volts) atau LOW (diturunkan menjadi ground).
  • digitalRead(pin)
    Ketika sebuah pin ditetapkan sebagai INPUT maka anda dapat menggunakan kode ini untuk mendapatkan nilai pintersebut apakah HIGH (ditarik menjadi 5 volts) atau LOW (diturunkan menjadi ground).

9. Analog

Arduino adalah mesin digital tetapi mempunyai kemampuan untuk beroperasi di dalam alam analog (menggunakan trik). Berikut ini cara untuk menghadapi hal bukan digital.

  • analogWrite(pin, value)
    Beberapa pin pada arduino mendukung PWM (Pulse Width Modulation) yaitu pin 3, 5 , 6 9, 10, 11. Ini dapat merubah pin hidup (on) atau mati (off) dengan sangat cepat sehingga membuatnya dapat berfungsi layaknya keuluaran analog. Value (nilai) pada format kode tersebut adalah angka antara (0% duty cycle ~ 0V) dan 225 (100% duty cycle ~ 5V).
  • analogRead(pin)
    Ketika pin analog ditetapkan sebagai INPUT anda dapat membaca keluaran voltase-nya. Keluarannya berupa angka antara 0 (untuk 0 volts) dan 1024 (untuk 5 volts).

E. LATIHAN

Sekarang kita coba praktek pertama dengan Arduino. Praktek pertama ini sangat sederhanya, tujuannya agar yakin Arduino dan softwarenya bekerja dengan baik.

  1. Arduino LED
  2. Arduino dan Serial Monitor
  3. Arduino dan Sensor Cahaya
  4. Arduino dan Sensor Temperatur
  5. Arduino dan Sensor Jarak
Keterangan :
Bagi yang mau unduh filenya tinggal klik tombol download dibawah

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Membuat Stemming Algoritma Nazief di PHP dan MySQL

Cara Membuat Stemming Algoritma Nazief di PHP dan MySQL

Cara Membuat Stemming Algoritma Nazief di PHP dan MySQL – Algoritma stemming adalah bagian dari ilmu …

error: Content is protected !!