Code Syntax Highlighter WordPress Menggunakan Plugins

Code Syntax Highlighter WordPress Menggunakan Plugins

Diperbaharui 8 Mei 2020 7:34 PM

Bagaimana cara mempercantik Code HTML, PHP, Java, JavaScript di postingan wordpress? Berikut adalah Code Syntax Highlighter WordPress Menggunakan Plugins. Kasusnya adalah saya ingin menampilkan code pada postingan wordpress dimana tampilannya berbeda dari tampilan tulisan yang biasa. Kamu tidak perlu repot untuk membuat kode tersebut ada dalam postingan, cukup memasang plugin yang terdapat di wordpress, itulah kelebihan saat menggunakan wordpress sebagai sarana ngeblog sangat banyak sekali plugin – plugin yang dapat membantu untuk memaksimalkan website.

Sebagai demo dari tampilan yang dimaksud bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Code Syntax Highlighter WordPres

Saat masih menggunakan template lama website susantokun ini menggunakan plugin crayon sebagai tampilan code syntax nya. Menurut pengalaman pribadi plugin ini sangat saya rekomendasikan, mulai dari tampilan dan pengaturannya yang simple, namun saat ini plugin crayon sudah tidak di update lagi oleh pembuatannya kemudian saat ini setelah menggunakan template buatan sendiri maka saya menghilangkan code syntax crayon tersebut dan menggantinya dengan gist github yang di padukan dengan custom pre code sendiri.

Cara Membuat Code Syntax Highlighter WordPress Menggunakan Plugins

  1. Download kemudian install plugin Crayon Syntax Highlighter pada bagian Plugin → Add Plugins
  2. Aktifkan plugin Crayon Syntax Highlighter yang telah didownload
  3. Masuk ke postingan dan lihat ada icon baru berbentuk </> dan itu adalah settingan atau pengaturan untuk menampilkan HTML, PHP, CSS, Java, Arduino dan masih banyak format bahasa lainnya.
  4. Kemudian klik Add code nya
  5. Klik Publish atau bisa juga priview untuk melihat tampilan yang keren dari code tersebut.
  6. Selesai

Untuk mengatur settingan supaya tidak perlu lagi atur – atur saat ingin menggunakan fungsi tersebut maka kamu bisa langsung setting pada sebelah kiri tab SettingsCrayon.

Nah itulah Cara Membuat Kode HTML, PHP, CSS Pada Postingan WordPress yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk follow serta berlangganan di susantokun.com agar bisa terus tahu berita – berita terupdate dari susantokun.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Link Aktif di Komentar WordPress

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU