Home / Ramadhan / Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal

Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal

Cara Menjaga Puasa Agar Tidak BatalCara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal – Puasa merupakan kewajiban umat Islam yang patut di Laksanakan, Saat kita berpuasa kita mendapatkan banyak cobaan maka dari itu kita harus dapat menolak ajakan untuk membatalkan puasa tersebut. Entah dari makanan atau dari perbuatan setan yang pantang di lakukan saat kita berpuasa ya memang yang paling banyak adalah dari perbuatan setan ini sih menurut Admin karena sering pengalaman dari dulu tuh. Baca juga nih doa niat saat hari pertama puasa Doa Hari Pertama Puasa dan juga Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir.

Nah walaupun begitu kita harus menjalankan ibadah puasa ini dengan baik, tanpa adanya hari di mana kita membatalkan puasa. Tetapi jika kita memang sakit waktu puasa bro ya di anjurkan untuk membatalkan puasa karena tidak mungkin tubuh kita tahan terhap hal tersebut dan jika tetap kita paksakan akan berakibat penyakit jadi sama saja tidak sayang pada tubuh. Oleh karena itu inilah beberapa tips atau Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal yaitu :

Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal

1. Menghabiskan waktu dengan bermain warnet

Cara yang pertama Sob adalah dengan Menghabiskan waktu dengan bermain warnet karena saat di warnet kita pasti merasakan bahwa waktu begitu cepat karena asiknya bermain game apalagi WAR entah game apa gitu kaya PB, DOTA2, CS GO dan lain – lain sama teman – teman di sana. Tetapi jangan buka yang aneh – aneh ya nanti malah puasa batal hehe. Sehabis pulang dari warnet kita bisa langsung mandi dengan muka yang fres baru mandi tentunya dan bedug pun berbunyi yah waktunya makan. Cukup menyenangkan apabila di warnet tempat kamu main banyak yang seumuran apalagi game yang di mainkan sama ya.

2. Menonton FILM yang sudah di persiapkan untuk puasa

Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal  yang kedua adalah menonton FILM juga bisa mempercepat waktu menunggu dengan menyenangkan karena banyak hiburan yang bisa kita dapatkan dari sana seperti adegan action, romantis dan lain – lainnya. FILM yang biasa admin tonton yaitu FILM Action dan juga FILM Anime walau pun begitu kita harus tepat dalam memilih gendre film yang akan kita tonton nantinya jangan tentang kejahatan atau pun tentang Iya Yuo Know Lah film orang dewasa. Karena dengan melihat adegan tersebut bisa membuat puasa batal contohnya dengan melampiaskan pada suatu hal yang berakibat pada puasa yang batal. Jadi pilih – pilih film yang untuk di tonton ya Sob. Itulah cara yang kedua agar tidak batal puasa yaitu dengan : Menonton FILM yang sudah di persiapkan untuk puasa.

3. Membantu orang tua menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka

Lanjut ke point berikutnya yaitu dengan membantu orang tua, mulaidari membantu menyiapkan makanan, membantu mencuci piring, membantu mencuci baju atau hanya sekedar memasak air saja dan ada banyak hal yang bisa kita bantu juga bisa kita dapat dari hal tersebut yaitu : mendapat pahala + mempererat hubungan antara orang tua dengan kita sebagai anak + mempercepat persiapan untuk berbuka puasa nantinya, mempercepat pekerjaan lainnya + menambah ilmu memasak dan mencuci. Jadi bro yang satu ini bisa kita dapat 3 in 1 dengan begitu admin sangat menyarankan yang satu ini untuk kalian lakukan saat menunggu berbuka puasa sudah banyak pahala, bisa dapat ilmu memasak dan juga orang tua kamu senang loh bro. Yah tetapi walaupun begitu ada juga hal yang bisa membuat batal puasa di situ yaitu saat kita melihat makan yang akan di sajikan membuat ngiler dan jika iman kurang kuat kita bisa batal puasa jadi intinya tingkatkan iman agar tidak di goda oleh sirup marjan dan sapi rendang hehe.

4. Kerjalah bagi yang punya kerjaan tetapi tetaplah puasa

Walau kita puasa kita harus tetap bekerja (bagi orang dewasa) karena saat kita bekerja sambil berpuasa pahala kita akan bertamabah berkali – kali lipat dari situ Bro. Nah jadi tidak ada halangan untuk membatalkan puasa karena kita bekerja jadi yang pertama kita harus mengawali puasa dengan semangat dari awal hingga akhir. Jangan membatalkan puasa karena bekerja saja yah karena anak kecil atau bocah ingusan saja bro sudah bisa puasa nah kamu yang sudah dewasa masa tidak bisa melakukannya hehe. Makanya sahur jangan makan dikit biar kuat puasa dan kerjanya. Nah itulah cara yang ke emapt yang bisa admin sampaikan yaitu dengan : Kerjalah bagi yang punya kerjaan tetapi tetaplah puasa.

5. Mengerjakan PR atau belajar bagi siswa dan mahasiswa

Nah cara yang kelima bisa admin sarankan yaitu dengan Mengerjakan PR atau belajar bagi siswa dari situ kita bisa, Menambah ilmu dengan belajar dan juga mengerjakan PR dapat membuat waktu yang kita jalani pada saat berpuasa terasa cepat dan menyenangkan (bagi orang pintar). Karena kita bisa menambah ilmu + selesai PR + Tambah pahala puasa. Bisa juga dengan kita membuat kerja kelompok di rumah dengan begitu kita bisa bersama teman agar tidak membosankan. Dan juga hemat makanan karena saat puasa bro jadi gak perlu menghidangkan makanan pada tamu yah asek hemat broo hehe.

6. Menjauhi hal – hal yang mengundang hawa nafsu

Menjauhi makanan yang bisa membuat puasa batal, menghindari menonton film dewasa, menghindari teman – teman yang sering batal dalam menjalankan puasa, dengan begitu kita bisa terhindar dari membatalkan puasa. Maka dari itu sering lah berdoa dan meminta agar di kuatkan untuk menjauhi segala larangan pada saat kita berpuasa dengan begitu puasa akan mudah untuk di jalankan maka banyak pahala yang bisa kita dapatkan dari itu semua. Menjauhi hal – hal yang mengundang hawa nafsu adalah cara yang paling ampuh agar puasa tidak batal karena banyak hal yang mudah memicu kita untuk membatalkan puasa. Berikutnya Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal yang ke 7.

7. Jangan terlalu banyak olah raga pada saat berpuasa

Saat berpuasa jangan terlalu banyak olah raga, bisa – bisa puasa kita batal karena kita membutuhkan banyak asupan energi dari makanan. Silahkan duduk – duduk saja atau tidur – tiduran dengan begitu kita tidak mengeluarkan banyak kalori agar puasa bisa tahan hingga waktunya berbuka puasa. Jadi intinya jangan banyak kegiatan agar tahan berpuasa.

8. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan

Yang terakhir agar kita tidak membatalkan puasa yaitu dengan Jangan lupa untuk menjaga kesehatan, karena orang yang sakit pastinya tidak puasa bisa – bisa kalo dia berpuasa malah tambah penyakit baru ya. Maka dari itu selagi kita sehat bro jaga lah tubuh agar tidak sakit dengan begitu kita dapat menjalankan puasa dengan hikmat dan juga tanpa ada halangan dari penyakit, jangan lupa mandi karena banyak penyakit yang berawal dari badan yang tidak bersih dari serangan kuman – kuman.

Nah itulah sekiranya mengenai : Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal. Thanks bro atas kunjungannya, Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share atau memberikan saran juga komentar pada kolom komentar.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

8 Tips Menjaga Hubungan Yang baik Dengan Pasangan Agar Tetap Awet

8 Tips Menjaga Hubungan Yang baik Dengan Pasangan Agar Tetap Awet

8 Tips Menjaga Hubungan Yang baik Dengan Pasangan Agar Tetap Awet – Menjaga hubungan adalah …

  • saya kira tadi ada tidur terus didalamnya. hehehe
    Nonton film harus hati hati mending wirid aja

    • iya kang zod nontonnya jangan yang aneh-aneh mending wirid saja 😀

error: Content is protected !!