Home / Ramadhan / 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa

7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa

7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa – Menjaga stamina saat kita sedang melakukan ibadah puasa Bro, memanglah harus di lakukan agar kita tetap senantiasa melakukan puasa mulai dari hari awal hingga hari akhir. Tetapi bagaimana jika hari pertama saja kita sudah tidak ada kekuatan (stamina) untuk berpuasa. Maka dari itu pada artikel kali ini admin memposting tetnang 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa, Sobat pun bisa baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal Agar ibadah puasa kamu full dari awal hingga akhir. Oke langsung saja Inilah Tipsnya :

7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa

1. Jangan sampai Sobat ketinggalan Sahur

Awali puasa dengan sahur dan jangan sampai ketinggalan. Bagaikan mobil tanpa bensin bro gimana mau jalan, bahan bakarnya aja gak ada. Jadi tips pertama adalah dengan Sahur jangan ketinggalan makanya kalo kamu anak kos atau yang tinggal sendiri buat banyak jam alaram dengan waktu berdering yang agak beda contoh : alarm 1 (03:40) alarm 2 (03:45) dan alarm 3 (03:50) nah kalo dengan banyak alarm yang bersahut – sahutan pasti kamu bangun juga. Tapi kalo gak bangun juga gini nih kamu begadang aja dari jam 12 sampai sahur wes gak ketinggalan toh sahurnya hehe. Ya kalo kamu tinggal di rumah orang tua mah masalah itu mudah tinggal bilangin emak aja kalo minta di bangunin nanti pas sahur, pasti di bangunin kecepatan waktunya hehe pengalaman sih kalo di bangunin emak lebih cepat dari waktu yang diminta.

2. Jangan lakukan kegiatan yang terlalu berlebihan

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa yang kedua adalah olahraga iya kan sob, tapi jangan karena itu kamu membatalkan puasa karena terlalu capek dan haus akhirnya motel minuman di warung. Jadi tipsnya gini kalo kamu lagi puasa ya tinggal main permainan yang gak bikin keringatan dan gak lari – larian contohnya main kelereng, main permainan kartu (bukan judi ya), main warnet (jangan buka bokep toh), dan permainan lainnya yang bisa menghibur kamu bro tapi tentunya tanpa mengeluarkan keringat karena kalo kamu keringatan otomatis zat air dari tubuh berkurang itulah namanya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh kalo kamu udah kena gitu maka ya di sarankan untuk minum kalo enggak minum bro bisa – bisa kamu kenak penyakit mulai dari pusing hingga pingsan tuh kaya teman kamu yang upacara itu di gotong gara – gara gak tahan upacara agak mirip sih hehe.

3. Jangan terlalu sering berada di tempat yang panas

Berada di tempat yang panas contohnya di tengah lapanan, di pinggir jalan ber aspal, di tengah pasar dan tempat lainnya lah pokoknya banyak paparan sinar matahari. Jangan sering bro karena dengan kena sinar matahari berlebihan bisa membuat air di tubuh kamu cepat hilang karena harus menyesuaikan suhu di tubuh dengan lingkungan sekitar. Contohnya kita ke pasar pasti belum beberapa lama udah haus aja tuh minta minum nah itu udah minum dan makan dari rumah (contoh pada hari biasa) Apalagi pada saat puasa bekal Cuma makan dan minum dari sahur eh datang ke pasar lagi udah panas dan lapar pasti kombinasi yang pas yang bikin kamu minta batalin puasa apa lagi lihat bukaan di pasar mintanya cepat – cepat bunyi bedug aja hehe. Makanya kalo puasa itu yah di ruangan aja seperti di rumah atau di warnet kan aduh Admin ketawan anak warnetnya. Jadi intinya jangan main panas – panasanlah.

4. Tidur bila kamu sudah melakukan kegiatan yang agak berat

Yang empat adalah dengan Tidur selain mempercepat waktu untuk menunggu bedug berbunyi bisa juga untuk mengehemat energi agar tidak batal dalam berpuasa. Tetapi pastikan dulu sob jangan dari awal pagi hingga akhir sore kamu tidur nanti bisa lemas loh soalnya pengalaman admin gitu tidur dari pagi di paksakan sampai sore hari eh bukannya enak malah jadi lesuh badan padahal udah makan tapi kayak pegal dan susah bergerak gitu. Jadi bro kamu tidur pas siang hari saja contohnya jam – jam 1 atau jam 2 nanti kan bikin alarm biar bangun pas bedug. Selai itu kamu bisa juga hanya golek – golek di tempat tidur entah main hp gitu buka sosmed dan serching internet (tapi jangan buka bokep). Dengan begitu kamu gak malas – malasan banget apalagi sampai batalin puasa kan bro, lanjut ke Tips Menjaga Stamina Saat Puasa yang ke tiga.

5. Makan – makanan yang bergizi saat Sahur dan berbuka

Sering nih terjadi pas sahur bekal sampek sore Cuma makan mie saja, waduh gimana tahan ya kan bro. Makanya kalo sahur itu makan – makanan berat contohnya nasi goreng kek, nasi padang, semur jengkol atau apalah makan berat lainnya yang bisa bikin kita tahan berpuasa dari sahur hingga berbuka. Biasanya sih admin beli makan ke warung atau tempat catering gitu beli makan soalnya malas masak kalo masih gelap gitu sekaligus hemat energi biar tahan puasa nanti. Tapi pas sorenya nah barulah masak – masak dengan begitu bro waktu kalian akan lebih cepat terasa, eh tau – tau habis masak udah bedug saja ya kan.

6. Mengkonsumsi Multi Vitamin sesuai dengan anjuran dokter

Kalo kamu kurang darah atau faktor lainnya silahkan minum atau mengkonsumsi Multi Vitamin sesuai dengan anjuran dokter. Contohnya kamu kurang darah ya minumlah vitamin tambah darah saat sahur dan berbuka biar badan kamu tahan pas puasa. Apalagi banyak nih Orang dewasa yang sering minum vitamin biar tahan pas kerja trus kenapa kamu enggak ? Minta aja vitamin sama orang tua mu bro. Bilang aja lesuh nah dengan begitu tambah dah persenjataan untuk puasa nantinya badan strong dan tidak lesuh –lesuh. Tapi jangan pula kamu over dosis bro makan vitamin bukan seperti makan kerupuk yang bisa sesuka hati entar kamu malah jadi sakit dan di larikan ke rumah sakit akibat over dosis, bukannya tahan puasa malah jadi membatalkan puasa ya kan.

7. Kurangi waktu kamu melihati makanan dan minuman

Wah bukaan padalah masih 3 jam lagi berbuka eh udah lihatin aja. Nah jangan lihatin bukaan puasa bro mending kalian main game saja atau bantu emak di dapur biar bawaan tidak lemas saat puasa minta mau batalin puasa saja. Dengan kalian bantu orang tua ya tambah pahala + maikn di sayang emak + jadi pintar dalam banyak bidang. Jadi intinya bro kalo kamu lihatin makanan aja pas puasa nanti jadi lemas lah gak tahan mau berpuasa…

Nah itulah sekiranya mengenai : 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa. Thanks bro atas kunjungannya, Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share atau memberikan saran juga komentar pada kolom komentar.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

8 Tips Menjaga Hubungan Yang baik Dengan Pasangan Agar Tetap Awet

8 Tips Menjaga Hubungan Yang baik Dengan Pasangan Agar Tetap Awet

8 Tips Menjaga Hubungan Yang baik Dengan Pasangan Agar Tetap Awet – Menjaga hubungan adalah …

error: Content is protected !!