Cara Mengganti Halaman Login Wordpress

Cara Mengganti Halaman Login WordPress

Dipublikasikan 12 Mei 2017 6:00 AM

Halaman login pada wordpress seperti wp-admin ataupun wp-login sangatlah penting dalam hal keamanan situs karena jika tidak dirubah semua yang paham wordpress akan tahu akses untuk login. Bagaimana cara untuk mengamankan halaman login wordpress? Yaitu dengan cara merubah atau mengganti halaman login wordpress agar berbeda dari pengaturan awal. Caranya tidaklah sulit, kamu hanya perlu meluangkan waktu 3 menit saja untuk melakukan tutorial pada artikel ini.

Tapi perlu diketahui bahwa url wp-login yang sudah kamu ganti harus diingat karena jika tidak kamu tidak dapat login. Jadikan hanya kamu sebagai administrator ataupun rekan yang memang sudah dipercaya untuk mengakses situs yang mengetahui akses login, jangan sampai orang diluar tahu karena sangat bahaya untuk keamanan situs. Setiap hari pasti saja ada yang attack dan jail mencoba untuk menerobos keamanan situs apalagi yang sudah ramai dikunjungi.

Cara Mengganti Halaman Login WordPress

  1. Install plugin WPS Hide Login
  2. Aktifkan plugin tersebut
  3. Masuk Settings → General pada tab menu disamping
  4. Scroll ke bagian bawah sampai mentok dan menemukan gambar yang sama seperti berikut :
    WPS Hide Login
  5. Ubah kata “jangancobacoba” menjadi kata kunci yang ingin digunakan untuk login ke wordpress
  6. Klik Save Changes dan selesai
  7. Silakan kamu coba dengan mengakses www.namadomain.com/jangancobacoba apakah masuk ke bagian akses login, jika iya maka kamu telah berhasil mengganti halaman login wordpress

Sangat mudah bukan? Hanya dengan waktu kurang dari 3 menit kamu sudah bisa mengganti atau merubah halaman login wordpress. Jika ingin mengganti ke pengaturan awal kembali hanya perlu uninstall atau copot pemasangan dari WPS Hide Login maka akses untuk login akan kembali seperti awal.

Itulah artikel cara mengganti halaman login wordpress yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Code Syntax Highlighter WordPress Menggunakan Plugins

susantokun avatar
susantokun
Hanya seorang programmer yang fokus di bidang web development. Tidak nyaman dengan keramaian dan suka akan keindahan.
Kebijakan Berkomentar :
1. Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.2. Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).