Home / Sejarah / Ini Nih Alasan Mengapa Jepang Disebut Sebagai Macan Asia!

Ini Nih Alasan Mengapa Jepang Disebut Sebagai Macan Asia!

Ini Nih Alasan Mengapa Jepang Disebut Sebagai Macan Asia!

(Gambar : DIGALERI.COM)

Siapa sih yang tak kenal dua negara hebat yang ada di Benua Asia ini? Ya, Jepang merupakan salah satu negara besar yang kehebatannya sudah sangat diakui dunia, berikut saya bakal jelaskan alasan mengapa Jepang disebut sebagai macan asia. Selain Korea Selatan, Sobat pasti tau pasti dong kalau negara yang satu ini dijuluki sebagai Macan Asia. Nah, apakah Sobat juga sudah tau pasti, kenapa sih Jepang bisa memiliki julukan seperti itu dan apa sebenarnya keunggulannya dibandingkan dengan negara lain di Asia? Toh banyak juga kan negara-negara yang punya potensi besar, contohnya saja Arab Saudi yang merupakan salah satu negara terkaya di dunia karena sebagai penghasil minyak bumi terbesar. Apalagi Sobat tau sendiri betapa kayanya negara Arab dilihat dari kunjungan Raja Salman kemarin. Jangankan membawa pesawat pribadi sendiri, bahkan kursi dan karpet untuk alas berjalannya saja langsung dibawa dari Arab lho! Apalagi tentang hadiah-hadiah yang diberikan Raja Salman untuk Indonesia, benar-benar bikin kaget sekaligus iri. Meskipun begitu, negara yang satu ini tidak termasuk sebagai Macan Asia. Sebenarnya apa sih yang membuat Jepang begitu hebat di Asia maupun di dunia?

Alasan Mengapa Jepang disebut sebagai Macan Asia

Kehebatan Negara Jepang

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau Negara Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang punya teknologi tercanggih. Kalau dipikir-pikir, Jepang hampir sama dengan Indonesia yaitu merupakan negara kepulauan dan bahkan areanya jauh lebih kecil. Selain itu, negara yang satu ini juga sangat rawan terhadap bencana alam lho Sobat, seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus. Sudah berapa kali Sobat mendengar berita tentang terjadinya gempa dan tsunami dasyat yang menyerang Jepang? Dan ternyata, hampir setiap hari beberapa wilayah atau daerah di jepang mengalami guncangan gempa lho! Wah, wah, apa tidak ambrol ya bangunan-bangunannya? Tapi Sobat tenang saja, inilah yang menjadikan Jepang lebih unggul dari negara lain di Asia. Walaupun sering dilanda gempa dan tsunami tapi tiap daerahnya memiliki sistem keamanan yang canggihnya luar biasa seperti peringatan gempa dan tsunami. Selain itu, bangunan rumah, toko, ruko, area perkantoran dan sebagainya juga tidak dibangun secara asal-asalan. Jepang sendiri telah merancang bangunan tersebut agar anti goncangan ketika terjadi gempa bumi. Hal ini sudah jelas sekali, meskipun diguncang gempa tetapi korbannya sangat sedikit dan bahkan hampir tidak ada yang meninggal. Bagaimana, super sekali bukan? Tak heran jika ini adalah alasan mengapa Jepang disebut sebagai macan asia.

Kemudian keunggulan teknologi Negara Jepang yang lain tidak hanya terletak di sistem peringatan dan bangunan anti bencana saja. Hampir di setiap sektor kehidupan negara ini menggunakan teknologi yang sangat canggih seperti pada perindustrian, perikanan, pertanian, kecantikan, bahkan kuliner. Maka Sobat jangan heran ya kalau Jepang memiliki berbagai macam jenis hasil pertanian yang beragam. Bahkan dengan kecanggihan teknologinya, negara ini mampu membudidayakan berbagai jenis buah dan sayuran langka dari beberapa negara.

Mempunyai Penduduk yang Luar Biasa

Kunci dari kemajuan Negara Jepang terletak pada warga negaranya sendiri. Penduduk Jepang memang terkenal sebagai orang-orang yang punya sikap pantang menyerah dan giat bekerja. Selain itu ada juga budaya malu yang sangat dijunjung tinggi. Sobat tau tidak mengenai budaya “Harakiri” atau bunuh diri yang ada sejak jaman kerajaan di sana? Harakiri merupakan tindakan mengakhiri diri sendiri karena merasa malu. Malu disini adalah ketika mereka gagal dan tidak mampu melaksanakan amanat dan tanggung jawab. Ada banyak sekali menteri dan pejabat tinggi Jepang yang sudah melakukan Harakiri karena ketahuan korupsi atau melakukan pelanggaran lainnya. Ini sih berbeda sekali dengan Indonesia ya, dimana pejabat negara ketahuan korupsi tetapi masih saja senyam senyum unjuk gigi. sudah begitu paham kan tentang alasan mengapa Jepang disebut sebagai macan asia.

Itulah sedikit ulasan mengapa Negara Jepang dijuluki sebagai Macan Asia. Meskipun pernah menjajah Indonesia, tetapi kualitas negara ini memang patut diacungi dua jempol. Yang paling membuat dunia tercengang adalah sikap kerja keras dan pantang menyerah yang menjadi identitas penduduknya. Hal ini sangat terlihat ketika Jepang mengalami bencana alam secara bertubi-tubi. Bukannya menjadi lemah tetapi negara ini malah semakin menunjukkan kehebatannya seperti membangun sistem simulasi bencana, bangunan anti gempa, meningkatkan kemampuan teknologi untuk menunjang berbagai aspek kehidupan, dan sebagainya. Ternyata dunia tak salah pilih ya, menjuluki Jepang sebagai salah satu Macan Asia!

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Kamu Harus Tahu! 10 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat G30S PKI

Kamu Harus Tahu! 10 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat G30S PKI

10 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat G30S PKI Oke kali ini saya memposting artikel …

error: Content is protected !!