Home / Education / Science / Tentang Gerak Fisika

Tentang Gerak Fisika

Tentang Gerak FisikaSusantokun. Sebagai makhluk hidup, bergerak menjadi tanda-tanda kehidupan. Karena itu banyak orang bilang bahwa makhluk yang bergerak adalah hidup. Namun gerak dalam fisika menjadi hal yang sedikit berbeda. Tidak hanya melibatkan makhluk hidup, namun gerak pada fisika juga melibatkan benda mati. Saat Sobat membahas gerak pada fisika, berarti juga melibatkan kecepatan, perpindahan dan juga waktu yang semuanya dapat dihitung dengan mudah.

Tentang Gerak Fisika

Tentang Gerak Fisika

Pengertian Gerak Fisika

Gerak dalam pengertian fisika berarti perubahan posisi yang terjadi pada suatu benda terhadap adanya waktu yang dihasilkan. Karena itu seperti yang diuraikan di atas, bahwa gerak juga melibatkan kecepatan dan perpindahan percepatan hingga waktu. Sehingga benda mati yang bergerak dapat diamati dan dihitung kecepatannya. Dengan menggunakan sebuah acuan objek tertentu, Sobat dapat mengukur perubahan posisi yang terjadi pada objek lainnya.

Teori mengenai gerak ini sendiri telah banyak dikupas oleh Newton. Seperti yang dijelaskan pada hukum pertamanya bahwa momentum dari sebuah objek berkaitan langsung dengan massa dari benda tersebut dan kecepatannya. Pada objek yang tidak bergerak dan diam konstan, gerakannya tidak berubah kecuali jika Anda kekuatan yang terlibat. Karena hal inilah dalam fisika tidak mengenal adanya sebuah benda yang yang tidak bergerak. Segala sesuatu yang keberadaannya dapat diindra di alam semesta dianggap bergerak.

Mudahnya sebuah gerak menunjukkan adanya perubahan yang terjadi terus-menerus dalam sebuah konfigurasi sistem fisik. Dalam mekanika sendiri gerak diartikan sebagai perubahan fisik. Dengan kata lain gerak dalam mekanika merupakan perubahan posisi yang terjadi dalam ruang dan dialami sebuah objek. Baik terhadap diri objek itu sendiri atau objek lain yang ada di dalam ruangan dan dijadikan sebagai referensi.

Hukum Gerak Fisika

Gerak dalam fisika memiliki dua jenis hukum yakni berdasarkan mekanika klasik dan mekanika quantum. Dalam hukum mekanika klasik menjelaskan gerakan dengan skala besar. Hingga gerakan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari di alam semesta. Contoh mudahnya adalah gerak planet, sel hingga manusia. Atau gerak proyektil menuju bagian mesin hingga objek astronomi selain planet seperti pesawat ruang angkasa, bintang dan juga galaksi.

Hukum gerak mekanika klasik ini menggunakan pondasi dasar hukum gerak Newton. Di mana telah terjadi hubungan antara gaya yang sedang bekerja dengan gerakan yang dilakukan objek. Hukum gerak Newton ini sendiri pertama kali dibuat oleh Sir Isaac Newton pada tahn 1687 yang berisi tiga hukum. Salah satu isi hukum Newton adalah saat gaya eksternal total tidak ada, maka objek dikatakan diam atau justru bergerak dengan kecepatan yang tetap.

Hukum mekanika klasik ini ke depannya semakin meningkat dengan adanya hukum relativitas khusus dan relativitas umum yang dibuat oleh Albert Einstein. Hukum relativitas khusus ini menjelaskan tentang gerak benda yang memiliki kecepatan tinggi hingga kecepatan cahaya. Sementara relativitas umum untuk mengamati gerak gravitasi namun dalam tingkat lebih dalam. Berbeda dengan mekanika klasik yang berkembang, hukum gerak mekanika quantum yang menjelaskan gerak atom dan sub atom tidak banyak berkembang.

Pembagian Gerak Fisika

Mengingat setiap benda di muka bumi bergerak, maka para ahli sepakat untuk menggolongkan gerak ke dalam beberapa jenis gerak. Penggolongan pertama berdasarkan lintasannya. Gerak yang berdasarkan lintasan terdapat 7 macam gerak yakni gerak semu relatif, ganda, lurus, menggelinding, gerak karena pengaruh gravitasi, gerak berbentuk parabola hingga gerak melingkar. Gerak melingkar ini masih dibedakan menjadi dua macam gerak yakni gerak melingkar beraturan (GMB) dan gerak melingkar berubah beraturan atau GMBB.

Gerak melingkar beraturan ini memiliki kecepatan sudut yang tetap dan kecepatan linearnya selalu bersinggungan dengan lintasan. Sehingga menghasilkan percepatan radial cukup besar dan arahnya selalu berubah. Sementara GMBB justru memiliki percepatan sudut yang tetap. Menghasilkan percepatan tangensial yang arahnya bersinggungan dengan lintasan lingkaran. Selain itu gerak juag dibedakan atas dasar percepatan yang dihasilkan.

Berdasarkan percepatannya, gerak dibedakan menjadi dua tipe gerak. Tipe pertama adalah gerak beraturan. Gerak ini memiliki percepatan yang selalu nol. Atau biasa dikenal sebagai gerak dengan kecepatan konstan. Tipe gerak yang kedua adalah gerak berubah beraturan. Di mana gerak ini memiliki percepatan yang konstan. Dengan kata lain gerak berubah beraturan ini memiliki kecepatan yang selalu berubah-ubah.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya¬†– Susantokun. Tata surya menjadi bagian dari ilmu astronomi yang memiliki …

error: Content is protected !!