Pengertian Information Retrieval (IR)

Pengertian Information Retrieval (IR)

Dipublikasikan 10 April 2017 6:00 AM

Apa itu Information Retrieval? Pengertian IR? Bagaimana metode alur IR berlangsung? Ini adalah artikel dari pertemuan dengan mata kuliah IR pada saat saya kuliah, jadi hanya sedikit karena merupakan rangkuman yang saya catat dari dosen mata kuliah yang bersangkutan. Jika ada tambahan bisa kamu tulis di kolom komentar, berikut adalah pengertian information retrieval (IR).

Information Retrieval adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu data dapat ditemukan, atau bisa juga dikatakan sebagai tindakan index (indexing) dan pencarian (searching), dan temu kembali informasi. Biasanya yang dibahas dalam mata kuliah IR adalah bagaimana kejadian dari suatu pencarian tersebut berlangsung (prosedur dan metode yang digunakan) dari awal pencarian sampai adanya suatu informasi yang muncul.

Big Data adalah data yang terstruktur atau unstruktur dan ini adalah data yang sangat banyak kemudian diakses menjadi beberapa bagian.

Sebagai contoh dalam membahas tentang information retrieval (IR) adalah Google, search engine ini adalah tempat pencarian yang sudah menajdi sarana pencarian dunia, bahkan biasa kalau orang cari informasi bilangnya “googling aja, sob”, padahal aslinya adalah mencari query atau browsing. Sudah tau tentang Pengertian IR? Saya kira sudah ya, hehe.

Kenapa Google menjadi search engine yang sangat populer dan menjadi winner stakeholder? Karena Google adalah yang pertama menampilkan dan mewujudkan sesuatu yang orang-orang inginkan.

Itulah artikel pengertian information retrieval (ir) yang dapat saya sampaikan, kurang – kurangnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat LED Berkedip Menggunakan Arduino

susantokun avatar
susantokun
Hanya seorang programmer yang fokus di bidang web development. Tidak nyaman dengan keramaian dan suka akan keindahan.
Kebijakan Berkomentar :
1. Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.2. Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).