Home / Education / Ilmu Komputer / Pengertian Information Retrieval (IR)

Pengertian Information Retrieval (IR)

Pengertian Information Retrieval (IR)

Pengertian Information Retrieval (IR)

Pengertian Information Retrieval (IR)

Apa itu Information Retrieval? Information Retrieval adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu data dapat ditemukan, atau bisa juga dikatakan sebagai tindakan index (indexing) dan pencarian (searching), dan temu kembali informasi. Biasanya yang dibahas dalam mata kuliah IR adalah bagaimana kejadian dari suatu pencarian tersebut berlangsung (prosedur dan metode yang digunakan) dari awal pencarian sampai adanya suatu informasi yang muncul.

Big Data adalah data yang terstruktur atau unstruktur dan ini adalah data yang sangat banyak kemudian di akses menjadi beberapa bagian.

Sebagai contoh dalam membahas tentang information retrieval (IR) adalah Google, search engine ini adalah tempat pencarian yang sudah menajdi sarana pencarian dunia, bahkan biasa kalau orang cari informasi bilangnya “googling aja, sob”, padahal aslinya adalah mencari query atau browsing. Sudah tau tentang Pengertian Information Retrieval (IR)? Saya kira sudah ya, hehe.

Kenapa Google menjadi search engine yang sangat populer dan menjadi winner stakeholder? Karena Google adalah yang pertama menampilkan dan mewujudkan sesuatu yang orang-orang inginkan.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Membuat Stemming Algoritma Nazief di PHP dan MySQL

Cara Membuat Stemming Algoritma Nazief di PHP dan MySQL

Cara Membuat Stemming Algoritma Nazief di PHP dan MySQL – Algoritma stemming adalah bagian dari ilmu …

error: Content is protected !!