Pengertian dan Contoh Penerapan Sensor

Pengertian dan Contoh Penerapan Sensor

Diperbaharui 11 Mei 2020 6:01 PM

Apa itu sensor? Apa saja macam – macamnya? Dan penerapannya di bidang apa saja? Pada artikel kali ini akan membahas pengertian dan contoh penerapan sensor.

Pengertian dan Contoh Penerapan Sensor

Sensor adalah perangkat elektronik yang mendeteksi, merasakan atau mengukur rangsangan fisik, misalnya gerak, panas atau tekanan dan merespon dengan aksi atau cara tertentu yang cara kerjanya adalah dengan mengubah sinyal dari rangsangan tersebut menjadi bentuk analog atau digital sehingga data mentah tentang parameter yang terdeteksi dapat dibaca oleh mesin dan manusia. Secara umum sensor diklarifikasikan berdasarkan parameter yang diukur: Mekanis (misal: posisi, gaya, tekanan, dan lain – lain), Termal (misal: suhu, aliran panas), medan elektrostatik atau medan magnet, raduasi intensitas (misalnya elektromagnetik, nuklir), kimia (misalnya toksisitas, keberadaan organisme biologis), dan sebagainya.

Mengapa seseorang memerlukan penggunaan sensor? Salah satu pertanyaan pertama yang diajukan orang melalui telepon genggam adalah:

“Di mana Anda?” Mereka melakukan ini untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan situasi seseorang. Informasi diperlukan untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif.

Sensor mengumpulkan data dari lingkungan mereka, menghasilkan informasi dan “kesadaran” tentang konteks mereka. Sistem komputasi mempunyai kesadaran tentak konteks yang mereka gunakan seperti informasi atau layanan yang relevan ke pengguna, dan itu tergantu pada tugas pengguna. Misalnya, sensor tertanam dalam elektronik jaket dan bisa mengumpulkan informasi tentang suhu eksternal dan menyesuaikan parameter jaket yang sesuai. Tidak ada daftar lengkap parameter untuk keaslian konteks. Parameter umum meliputi lokasi, identitas, waktu, suhu, kelembaban, kecepatan, jarak tempuh padatan, informasi tentang orang – orang di sekitar pengguna, dan sebagainya.

Sensor memainkan perang penting dalam membantun Internet di mana – mana. Mereka berindak sebagi jembatan antara dunia fisik dan dunia maya, dan sering digunakan ditempat – tempat yang mengejutkan dan tidak kita sadari.

Contoh Penerapan Sensor

  1. Militer – Pelacakan musuh atau pengawasan medan perang
  2. Lingkungan Hidup – Pemantauan habitat, perilaku unggas, pengamatan terdapat pencemaran lingkungan dan peramalan bencana alam
  3. Kesehatan – Pamantauan atau pelacakan pasien dan dokter, pemantauan fisiologis dari jarak jauh seperti denyut jantung dan tingkat zat dalam darah.
  4. Konstruksi – Pemantauan integritas struktural
  5. Aplikasi Komersial – Pemaintauan jarak jauh terhadap suhu produk
  6. Aplikasi Rumah – Smart Home yaitu sebuah rumah yang pintar dengan segala sensor yang digunakan, dan lain – lain.

Nah itulah penjelasan tentang Pengertian dan Contoh Penerapan Sensor yang dapat saya sampaikan, artikel ini bersumber dari The-Internet-of-Things-2005.pdf yang diberikan oleh dosen mata kuliah Kuliah Umum sebagai tugas kelompok dan saya kebagian untuk membahas dan juga mentranslate dari file aslinya yang menggunakan bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia.

Baca Juga : Cara Membuat Form Mahasiswa Di Android Studio

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU