Home / Aegisub / Apa itu Aegisub? Pengenalan Subtitle Editor Aegisub

Apa itu Aegisub? Pengenalan Subtitle Editor Aegisub

Apa itu Aegisub? Pengenalan Subtitle Editor AegisubApa itu Aegisub? Pengenalan Subtitle Editor Aegisub. Aegisub adalah salah satu subtitle editor atau software yang berfungsi untuk mengedit, membuat dan mempercantik subtitle. Kenapa saya merekomendasikan software Aegisub ini? Karena selain software yang gratis alias open-source juga sangat banyak fitur atau kelebihan yang ada pada software aegisub tersebut seperti sobat bisa membuat efek karaoke yang biasanya pada film anime pada bagian awal dan akhir suka ada nyanyi – nyanyi gitu, nah itu pake subtitle yang menggunakan efek karaoke. Tapi sejujurnya sih lagi iseng – iseng sama temen kelas mau bikin project tentang subtitle makanya saya inget – inget lagi tentang aegisub ini karena dulu saya pernah kerja di salah satu fannssub Anime.

Seperti yang sudah dijelaskan tentang Pengenalan Subtitle Editor Aegisub bahwa aegisub adalah software pengedit subtitle maka saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang subtitle.

Apa itu subtitle? Berikut adalah penjelasan tentang subtitle :

Subtitle atau dalam bahasa indonesia yang memang benar – benar bahasa Indonesia adalah teks terjemahan yaitu suatu file terjemahan yang berupa teks baik itu huruf, angka, ataupun simbol dari suatu film atau video yang ditampilkan pada sebuah film yang berbahasa asing dengan tujuan agar penonton dapat mengerti apa yang dikatakan oleh tokoh – tokoh yang ada dalam film tersebut.

Apa itu Aegisub? Pengenalan Subtitle Editor Aegisub

Nah sudah tau kan apa itu subtitle,  subtitle bukan lagi sesuatu yang tabu bagi kalangan anak remaja saat ini, karena saya yakin semua video atau film yang ada di dalam laptop, smartphone, komputer pribadi pasti ada subtitlenya, kecuali yang gak suka film luar hehe. Biasanya aktivitas yang dilakukan adalah download film kemudian download subtitle di situs – situs seperti situs yang sudah legend ini Subscene. Nah apakah sobat tau menggunakan apa mereka membuatnya? Ummm jawabannya banyak, karena tidak cuma Aegisub saja untuk membuat atau mengedit suatu subtitle, pakai notepad pun jadi dan itu sangat simple sobat tidak perlu download software karena notepad sudah ada di dalam laptop. Tapi apakah sobat pernah bertemu dengan subtitle yang akhirannya .ass ? Nah itulah keluaran dari subtitle yang menggunakan software Aegisub dan biasanya ciri yang sangat terlihat adalah dari tampilan subititle yang menggunakan font dan ukurang berbeda dari biasanya. Ada juga yang sudah disatukan dengan videonya dan ini biasa digunakan oleh para situs anime, nanti akan saya berikan tutorial cara mengeluarkan subtitle dalam video dengan beberapa format seperti mkv (saya lupa apakah bisa semuanya atau tidak) yang menggunakan subtitle aegisub, mungkin sistemnya sama seperti pada artikel Cara Mengambil Audio dari Video namun ini cara mengambil subtitle dari video.

Kekurangan Aegisub :

Namun ada beberapa kekurangan dalam penggunakan subtitle menggunakan Aegisub seperti software pemutar video sobat harus support codec biasanya yang sudah support itu MPC, apa yang akan terjadi jika tidak ada codec nya? Maka tampilan dari hasil edit subtitle dengan aegisub tidak akan maksimal seperti karaoke tidak ada efeknya. Kemudian ada juga beberapa kasus aegisub tidak berfungsi pada tv, ya mungkin salah satu alasannya itu.

Kelebihan Aegisub :

Namun dari kekurangan – kekurangannya ada banyak kelebihan – kelebihan atau fitur dari Aegisub, antara lain :

  1. Translation Assistant
    Dengan Translation Assistant akan memudahkan sobat dalam proses translate subtitle, karena subitle itu di edit perbaris atau per tokohnya bicara, nah dengan TA ketika sudah selesai mentranslate subtitle pertama, tekan saja tombol “PageDown” untuk mentranslate baris selanjutnya dan selanjutnya lagi.
  2. Shift Times
    Ini yang biasanya terjadi ketika banyak subtitle tapi berbeda timing, nah dengan Shift Times sobat bisa dengan mudah memajukan atau memundurkan waktu penampilan subtitle.
  3. Style Manager
    Berfungsi untuk merubah warna, font, format, posisi penempatan subtitle, dan aegisub membuat huruf membesar.
  4. Dummy Video
  5. Bisa export ke dalam format *.srt
  6. Bisa membaca format *.srt , *.ass , *.ssa , *txt, *sub, *.ttxt
  7. Bisa mengambil subtitle dari video mastroka (*.mkv)
  8. Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa sobat ulik sendiri.

Udah paham akan Apa itu Aegisub? Yap saya anggap sudah, tapi bagaimana cara mendapatkan software tersebut? Umm cukup download saja dengan rela mengorbankan kuota maksimal 22MB sesuai dengan platform yang sobat gunakan, download softwarenya bisa di Download Aegisub. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada postingan Pengenalan Subtitle Editor Aegisub, jika ada yang kurang paham bisa langsung tanyakan pada kotak komentar dan semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
error: Content is protected !!