Home / Sejarah / Sejarah yang Wajib Kamu Tahu: Pembantaian di Nanking, Inilah Potret Lain dari Holocaust Cina yang Terlupakan oleh Dunia!

Sejarah yang Wajib Kamu Tahu: Pembantaian di Nanking, Inilah Potret Lain dari Holocaust Cina yang Terlupakan oleh Dunia!

Sejarah yang Wajib Kamu Tahu: Pembantaian di Nanking, Inilah Potret Lain dari Holocaust Cina yang Terlupakan oleh Dunia!(Gambar : Wikipedia)

Sepertinya semua orang di seluruh dunia tidak ada yang tidak mengenal mengenai peristiwa ngeri yang disebut sebagai Holocaust ya. Memang benar kalau kejadian yang terjadi selama Perang Dunia II tersebut sangat menimbulkan bekas luka yang dalam, terutama bagi kaum Yahudi.

Apa Sih Holocaust Itu?

Bagi Anda yang masih belum terlalu mengenal tentang Holocaust, mungkin agak bingung sebenarnya peristiwa apakah itu dan mengapa dunia sangat memperhatikan mengenai hal tersebut. Nah, Holocaust sendiri merupakan sebuah pembantaian dan pemusnahan masal kaum Yahudi di Eropa oleh tentara NAZI Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Kejadian ini sangat kejam dan bengis karena tentara NAZI membunuh habis-habisan warga Eropa yang merupakan bangsa Yahudi. Hitler mengangkut seluruh warga Yahudi menuju kamp-kamp pemusnahan yang ada di Auschwitz, Chelmno, Belzec, Sobibor, dan masih ada beberapa lagi. Yang lebih horror lagi adalah kamp-kamp tersebut sudah didesain seperti penjara dan tempat pemusnahan manusia yaitu dilengkapi dengan beberapa kamar gas beracun, area pembuangan mayat, dan sebagainya.

Holocaust Versi Negara Cina

Tak hanya terjadi di Eropa dan menimpa Kaum Yahudi saja, ternyata pembantaian serupa seperti Holocaust juga pernah terjadi di Negara Cina. Pertanyaannya, apakah NAZI Jerman juga yang melakukannya? Bukan, pembantaian ini sendiri tepatnya terjadi di daerah Nanking dan dilakukan oleh tentara Jepang yang saat itu sedang menjajah Cina. Sebagian besar orang memang belum tau mengenai pembantaian ini, terlebih lagi sepertinya dunia memang tidak terlalu membesar-besarkannya. Berbeda dengan kejadian Holocaust yang sepertinya sangat diperhatikan oleh seluruh negara di dunia.

Pembantaian di Nanking juga tak kalah mengerikan dan sadis dengan Holocaust yang dilakukan oleh tentara NAZI. Kejadian ini sendiri terjadi di saat yang sama yaitu ketika terjadinya Perang Dunia II. Akan tetapi, yang membuat keduanya berbeda adalah pembantaian di Nanking, Cina tak hanya pembunuhan tetapi juga pemerkosaan massal. Pada saat itu memang Jepang sedang berusaha untuk menduduki wilayah Cina dan sering disebut sebagai Perang Tiongkok yang terjadi pada tanggal 13 Desember 1937. Selama perang tersebut maka dilakukanlah pembantaian massal yang terjadi selama enam minggu lamanya. Kawasan Nanking sendiri merupakan ibukota Negara Cina sebelum pada akhirnya sekarang berganti jadi Tiongkok.

Tentara Jepang Tak Kenal Ampun

Selama enam minggu masa pembantaian di Nanking, para serdadu Jepang yang jumlahnya puluhan hingga bahkan ratusan ribu melakukan penyerangan habis-habisan. Lebih dari 300.000 warga sipil dan lainnya dipaksa berjongkok dan dibunuh pada saat itu juga. Ribuan mayat warga Cina dibuang begitu saja dan ada beberapa diantaranya yang sengaja di gantung di atas sebuah tiang kayu. Jangankan para owing dewasa, Jepang pun juga tidak segan-segan membunuh warga Nanking yang tergolong masih anak-anak dan bayi. Tak berhenti sampai disitu, Jepang melakukan pemerkosaan massal terhadap penduduk wanita di Nanking dan sebagian besar dari mereka dibunuh.

Berakhirnya Pembantaian Nanking

Pada tahun 1945, tepat pada saat Amerika Serikat menyerang balik dua kota utama di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki, maka Jepang akhirnya mundur dari Cina. Hal ini tentu saja membuat lega bangsa Nanking dimana kebrutalan dan kejahatan tentara Jepang akan segera berakhir. Para otak atau dalang utama dari perang dan pembantaian di Nanking juga sudah diadili dan dieksekusi pada Pengadilan Militer Internasional Timur Jauh dan pengadilan Kejahatan Perang Nanking. Perlu Anda ketahui juga kalau sampai sekarang catatan mengenai kejadian ini masih sangat kurang. Hal ini disebabkan karena semua catatan militer dan mengenai peristiwa pembantaian di Nangking dirahasiakan dan bahkan dihancurkan oleh tentara Jepang. Itulah mengapa sampai sekarang pun, kita belum mengenal secara pasti apa itu pembantaian dan pemerkosaan massal di Nanking, Cina. Meskipun merupakan sebuah sejarah besar dunia, namun tidak banyak ada materi sejarah yang menjelaskan mengenai peristiwa tersebut secara gamblang.

Perang Tiongkok atau yang lebih dikenal sebagai pembantaian massal Nanking merupakan sebuah peristiwa Holocaust kedua yang terlupakan oleh dunia. Akan tetapi, sekarang kejadian bersejarah tersebut sudah mulai diperhatikan dunia. Terlebih lagi banyaknya aktivis dunia terutama yang berasal dari Cina kembali mengungkit kejadian tersebut. Hal ini bertujuan agar pembantaian di Nanking bisa dikenang dan diakui oleh sejarah dunia.

Silahkan sobat bisa berikan review untuk artikel ini :

Review

Terima kasih telah memberikan review kepada artikel ini, sehingga kami dapat mengetahui dan bekerja lebih baik lagi.

User Rating: 4.73 ( 4 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Kamu Harus Tahu! 10 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat G30S PKI

Kamu Harus Tahu! 10 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat G30S PKI

10 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat G30S PKI Oke kali ini saya memposting artikel …

  • sama pembantaian PKI kejem mana ya

  • Sadis bangets.. Kisah pilu pemerkosaan pada wanita jepang… Pembantaian yg mengerikan.. Anak anak dan bayi tak segan mereka bunuh… Apasih yg ada di otak mereka sampai gak punya belas kasihan seperti itu…sungguh biadab

  • Sungguh biadab ini sangat mengerikan

  • wih ngeri amat NAZI, sadis dan kejam…nyawa kayak gak ada harganya 🙁

  • kejam nazi, membantai tanpa pandang bulu

  • sejarah penjajahan jepang ke china dengan pembantaian nanking memang sangat kejam sekali, ini ada filmnya juga keren sekali

error: Content is protected !!