Network Information Services (NIS)

Network Information Services (NIS)

Diperbaharui 29 April 2020 4:25 AM

Apa itu Network Information Services (NIS)? Berikut adalah pengertian, prinsip kerja, server master, server slave Network Information Services atau disingkat menjadi NIS.

Pengertian

NIS merupakan layanan yang berfungsi untuk menyediakan informasi lewat jaringan yaitu informasi user name, password, home directory (/etc/passwd) dan informasi group (/etc/group).

Layanan NIS bekerja berbasiskan panggilan RPC (Remote Procedure Call) yaitu panggilan yang dialakukan oleh klien NIS kepada server NIS . Untuk membuat RPC ini kita harus menjalankan program yang dinamakan portmapper (portmap) yang bertugas untuk mengkonversi nomor-nomor dalam program RPC ke dalam nomor-nomor port dalam protokol TCP/IP (atau UDP/IP).

Prinsip NIS

Dalam suatu sistem jaringan yang menjalankan NIS maka tentu saja harus ada satu atau beberapa server NIS. Kalau beberapa server berarti kemungkinan dalam jaringan itu:

  • Terdapat lebih dari satu domain NIS
  • Terdapat server NIS master dan slave (cadangan)

NIS Server Master

Server ini bertindak sebagai repositori pusat untuk informasi konfigurasi host dan memelihara salinan otoritatif file yang digunakan oleh semua klien NIS. Passwd, kelompok, dan berbagai file lainnya yang digunakan oleh NIS klien disimpan pada server master. Meskipun dimungkinkan untuk satu mesin menjadi server master NIS untuk lebih dari satu domain NIS, jenis konfigurasi tidak akan dibahas dalam bab ini karena mengasumsikan lingkungan NIS skala kecilrelatif.

NIS Server Slave

Server slave NIS menjaga salinan file data NIS master untuk memberikan redundansi. Server Slave juga membantu untuk menyeimbangkan beban server master sebagai NIS klien selalu melampirkan ke server NIS yang merespon pertama.

Itulah artikel tentang Network Information Services (NIS) yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Apa Itu DHCP Server Dan Apa Kelebihan DHCP
Network File System (NFS)

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU