Home / Education / Ilmu Komputer / Network Information Services (NIS)

Network Information Services (NIS)

Network Information Services (NIS)

Pengertian NIS

NIS merupakan layanan yang berfungsi untuk menyediakan informasi lewat jaringan yaitu informasi user name, password, home directory (/etc/passwd) dan informasi group (/etc/group).

Layanan NIS bekerja berbasiskan panggilan RPC (Remote Procedure Call) yaitu panggilan yang dialakukan oleh klien NIS kepada server NIS . Untuk membuat RPC ini kita harus menjalankan program yang dinamakan portmapper (portmap) yang bertugas untuk mengkonversi nomor-nomor dalam program RPC ke dalam nomor-nomor port dalam protokol TCP/IP (atau UDP/IP).

Prinsip Kerja NIS

Dalam suatu sistem jaringan yang menjalankan NIS maka tentu saja harus ada satu atau beberapa server NIS. Kalau beberapa server berarti kemungkinan dalam jaringan itu:

  1. Terdapat lebih dari satu domain NIS
  2. Terdapat server NIS master dan slave (cadangan)

NIS server master

Server ini bertindak sebagai repositori pusat untuk informasi konfigurasi host dan memelihara salinan otoritatif file yang digunakan oleh semua klien NIS. Passwd, kelompok, dan berbagai file lainnya yang digunakan oleh NIS klien disimpan pada server master. Meskipun dimungkinkan untuk satu mesin menjadi server master NIS untuk lebih dari satu domain NIS, jenis konfigurasi tidak akan dibahas dalam bab ini karena mengasumsikan lingkungan NIS skala kecilrelatif.

NIS server slave

Server slave NIS menjaga salinan file data NIS master untuk memberikan redundansi. Server Slave juga membantu untuk menyeimbangkan beban server master sebagai NIS klien selalu melampirkan ke server NIS yang merespon pertama.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Pengertian dan cara kerja Secure Shell (SSH)

Pengertian dan Cara Kerja Secure Shell (SSH)

Pengertian dan Cara Kerja Secure Shell (SSH) – Susantokun. Siapa tau ada yang lagi nyari-nyari …

  • Artikel nya bagus gan.. buat pemahaman dalam dasar dasar bidang IT. jadi tertarik mau baca baca

  • Pas banget nih artikelnya buat ane yg lagi belajar di Mata Kuliah Jaringan

error: Content is protected !!