Home / Education / Science / Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya Susantokun. Tata surya menjadi bagian dari ilmu astronomi yang memiliki banyak rahasia. Meski banyak ilmuan telah mengulasnya, namun rahasia yang tersimpan di dalamnya seolah tidak pernah habis. Sehingga semakin banyak orang yang tidak hanya tertarik untuk mempelajarinya namun juga semakin penasaran untuk menyelidikinya. Di bangku sekolah formal, meski tidak detail namun tata surya menjadi bahasan yang cukup menarik sekaligus mengagumkan untuk disimak.

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Pengertian Tata Surya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya, tata surya sendiri merupakan bagian dari alam semesta dengan fenomena yang menakjubkan. Selain tata surya, alam semesta sendiri terdiri dari beberapa sistem yang menyusunnya. Sementara tata surya merupakan salah satu sistem diantaranya yang terdiri dari banyak benda langit. Jika Sobat mencoba menarik kesimpulan, mudahnya tata surya merupakan kumpulan benda langit yang menjadi satu dan membentuk sebuah sistem.

Seperti yang Sobat bayangkan, bahwa benda langit ini sendiri tidak hanya memiliki satu melainkan terdiri dari banyak benda. Selain matahari, dalam tata surya juga bisa ditemukan benda langit lainnya seperti planet besar atau utama, planet-planet kecil, komet, asteroid, meteor, satelit hingga benda-benda angkasa lainnya. Semua benda langit ini membentuk sebuah kesatuan yang menghasilkan sistem dengan pusatnya adalah matahari.

Saat matahari menjadi pusat dari tata surya, maka ke mana benda-benda langit yang lain? Benda-benda langit yang lain seperti planet, satelit hingga komet dan asteroid tidak menghilang ke manapun kecuali semua benda langit tersebut bergerak dan beredar mengelilingi matahari. Dengan massanya yang sangat besar hingga gaya gravitasinya yang kuat, matahari menarik benda-benda lagit sehingga semua benda-benda ini beredar mengelilingi matahari dalam lintasan eclipse.

Susunan Tata Surya

Mengingat pengertiannya sebagai sebuah sistem, maka tata surya memiliki benda-benda langit hingga benda-benda yang ada di angkasa sebagai penyusunnya. Dengan diameter sekitar 30 tahun cahaya, bisa Sobat bayangkan jika sistem yang satu ini sangatlah besar. Sehingga tidak salah jika sistem tata surya ini menjadi salah satu yang banyak diselidiki dan ditemukan rahasianya oleh para ilmuwan hingga para astronom.

Satuan tahun cahaya tersebut berarti jarak yang tempuh cahaya selama satu tahun yakni sekitar 9,46 triliun kilometer. Jika Sobat ingin mengetahui secara pastik ukuran tata surya, maka jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun dengan satuan kilometer tersebut dikalikan 30. Hasilnya akan membuat Sobat tercengang. Bahkan hanya membayangkan ukuran tata surya saja akan membuat sobat terkagum-kagum.

Seperti yang telah diuraikan di atas, tata surya menjadi sebuah sistem yang disusun oleh banyak benda langit. Selain matahari sebagai pusat, tata surya juga terdiri dari 8 planet yang sudah Sobat kenal selama ini terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Juga ada satelit, planet-planet kecil, meteor, asteroid, komet hingga benda-benda yang berada di angkasa dan belum terbayang di benak Sobat semua Mengenal Tata Surya dan Susunannya.

Mengenal Benda Langit Penyusun Tata Surya

Sebagai pusat tata surya, matahari juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para ilmuwan untuk mempelajarinya. Matahari memiliki diameter 1.392 Km atau 109 kali diamater bumi. Artinya matahari jauh lebih besar dari bumi. Terdiri dari banyak lapisan seperti Korona, Kromosfer, Fotosfer hingga Inti matahari yang volumenya kecil namun energi yang dihasilkan sangat besar. Karena itu ada banyak hal dalam alam semesta yang tidak berdaya tanpa kehadiran matahari.

Selain matahari, planet juga menjadi benda langit yang mengeliling matahari dan menjadi penyusun tata surya. Berdasarkan letaknya, planet dibedakan menjadi planet dalam yang garis edarnya berada diantara matahari dan bumi beranggotakan Merkurius dan Venus. Sementara planet luar memiliki garis edar di luar matahari dan bumi beranggotakan Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet terbesar adalah Jupiter dan terkecil adalah Merkurius.

Tidak hanya planet namun semua benda langit yang berada di angkasa mampu membangkitkan keinginan semua orang untuk mengetahuinya. Satelit merupakan benda langit yang mengelilingi planet. Sementara asteroid adalah benda langit yang mengelilingi matahari melalui lintasan tertentu. Meteor ini adalah benda langit yang melayang di angkasa namun tidak memiliki lintasan. Sedangkan komet adalah benda langit paling jauh yang juga melakukan orbit ke arah matahari.

Berikan Penilaian :

Keaslian Artikel - 93%
Tingkat Kebenaran - 87%

90%

Rating

User Rating: 5 ( 1 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

DNA Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya – Susantokun. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki DNA. Meski mirip …

error: Content is protected !!