Kode Primary Tidak Muncul di Laravel

Kode Primary Tidak Muncul di Laravel

Dipublikasikan 3 Maret 2021 6:00 AM

Kenapa primary key tidak muncul? Bagaimana cara mengatasi kode primary tidak terdeteksi? Berikut adalah cara mengatasi kode primary tidak muncul di laravel.

Kasusnya ketika menggunakan nama field berbeda dari biasanya yaitu penggunaan primary key dengan nama yang berbeda, contohnya menggunakan nama field kode_jurusan untuk primary key dari tabel jurusan, ketika ingn menampilkan kode_jurusan yang muncul adalah angka 0 bukan yang tertera pada tabel.

Ketika saya melakukan dd(Jurusan::get()); data yang keluar pada field kode_jurusan sesuai dengan yang ada di tabel, namun kenapa ketika ditampilkan pada blade tidak sesuai? Itu karena setiap primary key dibaca sebagai integer, sehingga cara untuk mengatasinya adalah dengan mendefinisikan secara manual bahwa field kode_jurusan adalah sebuah string.

Buka model, dalam kasus saya terdapat di app/Models/Akademik/Jurusan.php kemudian tambahkan kode berikut :

protected $casts = [
    'kode_jurusan' => 'string',
];

Sekarang silakan cek kembali maka kode jurusan telah berhasil tampil sesuai dengan isi yang ada pada tabel.

Itulah artikel tentang cara mengatasi kode primary tidak muncul di laravel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Baca juga cara mengubah timezone locale di laravel.

Tags : #laravel8
susantokun avatar
susantokun
Hanya seorang programmer yang fokus di bidang web development. Tidak nyaman dengan keramaian dan suka akan keindahan.
Kebijakan Berkomentar :
1. Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.2. Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).