Home / Education / Science / Kelebihan Sistem Panca Indera yang Kita Miliki

Kelebihan Sistem Panca Indera yang Kita Miliki

Kelebihan Sistem Panca Indera yang Kita Miliki – Manusia adalah mahluk yang sempurna diciptakan oleh Sang Pencipta. Salah satunya adalah memiliki kelengkapan panca indera. Apa itu panca indera? Yaitu, sistem organ yang dapat merasakan sesuatu berdasarkan letak di mana Sobat merasakannya. Berdasarkan science, ada lima panca indera yang dimiliki oleh manusia. Pertama, adalah indera penglihatan. Kedua, adalah indera penciuman. Ketiga, adalah indera pendengaran. Keempat, adalah indera peraba. Kelima, adalah indera perasa.

Kelebihan Sistem Panca Indera yang Kita Miliki

Kelebihan Sistem Panca Indera yang Kita Miliki

Kelebihan Sistem Panca Indera Penglihatan

Manusia memiliki indera penglihatan yaitu, mata. Kelebihan dari indera penglihatan ini adalah dapat melihat karena adanya rangsangan cahaya di retina. Organ mata memiliki tiga lapisan utama yang terdiri dari:
-Lapisan Sklera sebagai lapisan luar pada mata
-Lapisan Koroid sebagai lapisan tengah pada mata
-Retina sebagai lapisan dalam yang tersusun reseptor cahaya.

Sedangkan dilihat dari struktur mata bagian depan menuju belakang, sebagai berikut:
-Kornea
-Iris
-Pupil
-Aqueus Humor
-Lensa
-Vitreus Humor

Pada mata juga terdapat reseptor mata dan tersusun atas:
-Sel Batang
-Sel Kerucut
-Otot Mata

Baca juga :

Meskipun indera penglihatan memiliki banyak kelebihan. Namun, Sobat perlu waspada terhadap kelemahannya. Mata rentan terganggu penglihatannya. Jika Sobat tidak pandai menjaga ksehatan mata, maka gangguannya dapat berupa:
-Miopi atau Rabun Jauh
-Hipermetropi atau Rabun Dekat
-Astigmatisme
-Katarak yang umumnya terjadi ketika usia sudah lanjut.

Kelebihan Sistem Panca Indera Penciuman

Hidung umumnya dikenal sebagai sistem pernapasan. Padahal hidung juga termasuk sistem panca indera manusia. Sobat dapat mencium aneka bau karena pada hidung terdapat reseptor pembau. Perhatikan, hidung memiliki sel sensori untuk dapat merasakan rangsangan bau. Sel-sel sensori tersebut ada pada lapisan epitel dalam yang diselubungi mukus. Ketika Sobat menghirup, rangsangan terhadap bau akan terjadi. Sehingga Sobat dapat menentikan jenis bau apa yang dihirup.

Kelemahan pada indera penciuman dapat Sobat alami ketika flu. Tersumbatnya hidung dapat mengganggu Sobat dalam bernapas dan mencium bau-bauan.

Kelebihan Sistem Panca Indera Pendengaran

Sobat tahu yang disebut sebagai indera pendengaran adalah telinga. Sama seperti indera penglihatan, ada tiga bagian utama pada hidung, yaitu:
-Telingan Luar
-Telinga Tengah
-Telinga Dalam.

Telinga dapat berfungsi dengan baik karena adanya syaraf yang disebut nervus auditorius. Terkait dengan kelemahan, telinga juga rentan tuli. Bahkan sering membersihkan telinga dengan cotton bud tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan telinga.

Kelebihan Sistem Panca Indera Peraba

Kulit dapat merasakan panas, dingin, perih, dan lainnya karena termasuk sebagai sistem panca indera dalam ilmu pengetahuan science. Reseptor kulit dapat merasakan berbagai kondisi karena berkaitan dengan adanya syaraf di indera peraba tersebut. Pada kulit Sobat terdapat dua lapisan utama yang disebut:
-Epidermis
Pada lapisan epidermis ini terdapat lapisan tanduk di bagian luar. Sedangkan pada bagian bawah terdapat zona germinalis.
-Dermis
Pada lapisan dermis terdapat jaringan fibrus serta jaringan yang bersifat elastis, yaitu ikat.
Gangguan yang dapat terjadi pada indera peraba karena berbagai hal. Seperti Sobat tidak sengaja terjatuh sehingga timbul rasa perih akibat luka. Gangguan lainnya adalah rasa gatal akibat gigitan serangga atau alergi. Dapat dikatakan sistem panca indera yang satu ini termasuk yang paling sensitif mengalami gangguan.

Kelebihan Sistem Panca Indera Perasa

Sobat dapat menikmati makanan dan minuman karena adanya reseptor pada lidah. Indra perasa yang dimaksud dalam sistem panca indera ini adalah lidah. Ada rasa pahit, manis, asam, umami, dan asin. Sehingga setiap kali Sobat makan atau minum, lidah dapat merasakan enak atau tidaknya hidangan yang ada. Jika diperhatikan secara detail, Sobat akan melihat permukaan kasar pada indera perasa. Itulah yang disebut dengan papila. Papila yang membantu Sobat dalam mengecap.

Berbicara mengenai kelemahan dari indera perasa adalah ketika Sobat mengalami sariawan. Kondisi demikian dapat mengganggu lidah dalam merasakan makan dan minum. Sehingga agar Sobat terhindar dari gangguan di lidah, maka perbanyak konsumsi vitamin C dan yang paling penting hindari makan atau minum dalam keadaan terlalu panas dan dingin.

Semoga dengan penjelasan mengenali kelima sistem panca indera, Sobat dapat lebih menjaga kesehatan. Baik mata, hidung, telinga, kulit, dan lidah harus dalam kondisi sehat. Itulah pembahasan science tentang panca indera manusia yang dapat Sobat bagikan pula sebagai ilmu pengetahuan kepada teman-teman lainnya.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

DNA Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya – Susantokun. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki DNA. Meski mirip …

error: Content is protected !!