Joplin, Aplikasi Pencatat Terbaik di Linux

Joplin, Aplikasi Pencatat Terbaik di Linux

Diperbaharui 14 Agustus 2020 12:36 AM

Joplin, aplikasi pencatat (note and to-do) terbaik di linux menurut susantokun, kenapa? Berikut adalah penjelasan dan cara install aplikasi pencatat terbaik di linux.

Apa itu Joplin? Aplikasi Pencatat Terbaik di Linux!

Joplin adalah aplikasi pencatat yang gratis (open source) yang dapat digunakan oleh Windows, Linux dan macOS. Aplikasi ini menurut saya adalah aplikasi pencatat yang recomended karena data dapat disimpan secara online (cloud), jadi jika data digunakan pada saat menggunakan os linux, maka data tersebut bisa dilihat pada os lain. Tampilan dari aplikasi joplin pun mudah digunakan dan keren dengan berbagai fitur.

Cara Install Joplin di Linux

1. Buka terminal dan jalankan perintah berikut :

wget -O - https://raw.githubusercontent.com/laurent22/joplin/master/Joplin_install_and_update.sh | bash

2. Tunggu hingga proses selesai maka joplin sudah bisa dijalankan, namun ada kasus joplin tidak otomatis masuk ke menu launcher maka kamu harus membukanya di ~/.joplin/Joplin.AppImage, bagaimana agar joplin bisa ada di menu launcher? Kamu harus mendaftarkan entri ke menu launcher dengan software lain.

Aplikasi Pencatat Terbaik

Keterangan :

Mungkin di beberapa kasus ketika berhasil install, joplin sudah ada di menu launcher. Karena pada saat saya install di elementaryOS bahkan terdapat error duplicate icon pada aplikasi joplin. Kamu pun bisa langsung install joplin pada Ubuntu Software secara langsung, tapi kadang versinya tidak sama dengan versi aslinya.

Itulah aplikasi pencatat terbaik di linux yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Aplikasi Aneh Tapi Paling Banyak Didownload

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU