Home / Education / Science / Jenis-jenis Energi yang Penting Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Jenis-jenis Energi yang Penting Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Jenis-jenis Energi yang Penting Bagi Kelangsungan Hidup Manusia – Energi yang ada di dunia ini begitu berarti bagi manusia. Jika manusia kehilangan sumber daya energi, maka kehidupannya akan terganggu. Matahari adalah energi utama yang dapat membuat manusia lebih sejahtera. Adanya matahari, maka bumi menjadi terang, pakaian yang basah dapat kering, tumbuhan dapat melakukan fotosintesis, dan masih banyak lagi. Namun, tidak hanya matahari, ada lebih banyak lagi energi di sekitar Sobat. Lalu, apa itu energi? Kemampuan dalam melakukan usaha dikenal sebagai pengertian energi. Perlu Sobat ketahui, energi memiliki satuan yang dinyatakan dalam kWh, erg, dan kalori. Dalam pemahaman science, berikut pembagian jenis energi dan fungsinya.

Jenis-jenis Energi yang Penting Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Jenis-jenis Energi yang Penting Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Mengenal Energi Listrik dan Fungsinya

Energi listrik bekerja dengan aliran listrik atau arus listrik. Dari energi listrik dapat mengubah berbagai bentuk energi. Antara lain:

  • Energi listrik menjadi energi bunyi, contoh radio.
  • Energi listrik menjadi energi gerak, contoh sepeda listrik atau vacuum cleaner
  • Energi listrik menjadi energi panas, contoh setrika listrik
  • Energi listrik menjadi energi cahaya, contoh lampu.

Mengenal Energi Kimia dan Fungsinya

Energi kimia muncul dari sumber senyawa kimia yang disimpan di dalam bumi. Adanya energi kimia membantu mahluk hidup dapat bertahan. Salah satu sumber energi kimia adalah minyak bumi. Minyak bumi dapat membantu manusia dalam berbagai hal. Jenis-jenis Energi yang Penting Bagi Kelangsungan Hidup Manusia Antara lain:

  • Bensin dan solar untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Tanpa adanya minyak bumi, maka kendaraan seperti motor, mobil, bis, truk, pesawat terbang, helikopter, tidak dapat bergerak. Minyak bumi memiliki energi kimia yang dapat mengubahnya menjadi energi gerak untuk mesin kendaraan.
  • Minyak tanah untuk bahan bakar kompor minyak. Sobat pasti tahu zaman dahulu nenek moyang memasak menggunakan kayu bakar. Semenjak ditemukannya minyak bumi seperti minyak tanah, maka orang-orang dapat masak dengan kompor. Perubahan energi kimia menjadi energi panas, membantu banyak orang memasak lebih cepat.

Selain minyak bumi, energi kimia juga diperoleh dari sinar matahari. Di siang hari, tumbuhan menggunakan cahaya matahari dalam fotosintesis. Proses tersebut juga menggambarkan terjadinya energi kimia.
Mengenal Energi Mekanik dan Fungsinya

Baca juga :

Energi mekanik berlangsung karena adanya dua jenis energi yang menggerakkannya. Sobat, energi mekanik ini dapat dipelajari melalui contoh jatuhnya buah apel dari pohon. Apel tersebut dapat jatuh ke tanah karena ada energi potensial gravitasi dan energi kinetik. Keduanya jika dijumlahkan disebut sebagai energi mekanik.

  • Energi Potensial Gravitasi
    Adanya tarikan benda langit yang ada di bumi dengan medan magnet, menyebabkan terjadinya energi potensial gravitasi. Sehingga setiap kali Sobat menjatuhkan benda dari atas atau ketinggian, maka benda tersebut akan langsung jatuh ke dasar, entah itu lantai atau tanah. Sama seperti contoh buah apel yang jatuh dari pohon tempatnya berasal.
  • Energi Kinetik
    Sebuah benda dapat bergerak karena adanya energi kinetik. Jenis energi ini dipengaruhi oleh kecepatan benda dan massa benda. Jika massa benda ringan, maka kecepatan benda jatuh akan cepat. Namun, jika massa benda berat, maka kecepatan benda jatuh akan lebih lambat.

Mengenal Energi Panas dan Fungsinya

Energi panas sangat mudah Sobat kenali karena sumbernya adalah cahaya matahari. Satu sumber energi panas ini memiliki banyak fungsi. Perhatikan, energi panas dapat diubah menjadi berbagai jenis energi seperti:

  • Energi panas menjadi energi kimia, contoh proses fotosintesis
  • Energi panas menjadi energi listrik, contoh memasak nasi dengan rice cooker
  • Energi panas menjadi energi gerak, contoh mesin industri.

Selain itu, jika Sobat sempat bertanya Pembangkit Tenaga Listrik Air bekerja dengan jenis energi apa? Jawabannya adalah energi panas. Sebab pada PLTA menggunakan generator dengan arus bolak-balik yag memanfaatkan sumber energi panas.

Coba Sobat bayangkan jika di bumi tidak ada satu energipun. Tentu saja mahluk hidup akan kesulitan untuk bertahan. Apalagi setelah Sobat menyimak jenis-jenis energi di atas, dapat diketahui antara energi yang satu dengan energi lainnya saling mempengaruhi. Mempelajari science energi di kehidupan menjadi penting agar Sobat lebih menghargai keberadaan energi. Jadi, sebaiknya mulai sekarang Sobat dapat menggunakan energi dengan tepat. Demi memperoleh fungsi yang benar-benar berguna bagi kelangsungan hidup di bumi.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

DNA Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya – Susantokun. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki DNA. Meski mirip …

2 comments

  1. banyak sekali ya jenis energi itu. manusia sendiri sebenarnya memiliki energi kan kang? energi cinta hehehe

  2. Kalau buang angin itu termasuk perubahan energi dari apa ke apa ya? 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!