Susantokun https://www.susantokun.com Situs Edukasi, Tips dan Tutorial Mon, 20 Nov 2017 01:30:53 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.1 Cara Menampilkan PING di Dota 2 https://www.susantokun.com/cara-menampilkan-ping-di-dota-2/ https://www.susantokun.com/cara-menampilkan-ping-di-dota-2/#respond Sun, 19 Nov 2017 05:25:50 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1861 Cara Menampilkan PING di Dota 2 – Susantokun. Sebelum ke caranya saya akan berikan penjelasan singkat tentang apa itu ping? Apa yang dimaksud dengan ping? Dan apa hubungan ping dengan Dota 2, apakah baik – baik saja atau sedang slek. Pengertian PING Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas …

The post Cara Menampilkan PING di Dota 2 appeared first on Susantokun.

]]>
Cara Menampilkan PING di Dota 2Susantokun. Sebelum ke caranya saya akan berikan penjelasan singkat tentang apa itu ping? Apa yang dimaksud dengan ping? Dan apa hubungan ping dengan Dota 2, apakah baik – baik saja atau sedang slek.

Cara Menampilkan PING di Dota 2

Pengertian PING

Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. (sumber : Wikipedia – Ping)

Hubungan PING dengan Dota 2

Berhubungan saya suka main game Dota 2 jadi ini adalah pengalaman pribadi, karena ketika party biasa melihat dulu ping nya berapa, apakah besar atau kecil dimana jika ping besar maka koneksi atau jaringan tidaklah baik untuk bermain dota, sebaliknya jika ping kecil maka jaringan bagus, biasa ketika normal ping 22. Ketika saya ingin melihat berapa ping saat bermain dota biasa saya menggunakan perintah -ping namun itu tidaklah permanen alias hanya ditampilkan beberapa saat saja. Saya pernah melihat di instagram dota2 ada keterangan ping, frs, lost in/out yang selalu tampil. Maka dari itu saya tanya lah ke teman bagaimana caranya, dan berikut adalah Cara Menampilkan PING di Dota 2.

Cara Menampilkan PING di Dota 2

  1. Pertama pasti sobat harus login dan masuk Dota 2 terlebih dahulu
  2. Klik menu PENGATURAN yang ada di sebelah pojok kiri atas
    Cara Menampilkan PING di Dota 2
  3. Pilih OPTIONS dan klik TO ADVANCED OPTIONS
  4. Kemudian Centang atau pastikan dipilih pilihan Display Network Information
    Cara Menampilkan PING di Dota 2
  5. Selesai

Kemudian silakan sobat bisa mencoba nya dengan bermain dota 2 dan lihat disebelah pojok kanan atas apakah ada keterangan frs, ping, lost in/out. Mudah sekali kan? Karena fitur ini sudah disediakan. Semoga Cara Menampilkan PING di Dota 2 ini bermanfaat bagi sobat dan terima kasih telah berkunjung.

The post Cara Menampilkan PING di Dota 2 appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/cara-menampilkan-ping-di-dota-2/feed/ 0
Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa https://www.susantokun.com/alasan-dan-tokoh-penjelajahan-samudra-bangsa-eropa/ https://www.susantokun.com/alasan-dan-tokoh-penjelajahan-samudra-bangsa-eropa/#respond Fri, 03 Nov 2017 10:23:51 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1850 Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa – Susantokun. Penjelajahan samudera berlangsung pada tahun 1450-an hingga tahun 1650. Penjelajahan samudera dipelopori bangsa Portugis dan Spanyol. Kedua bangsa ini saling bersaing menemukan daerah penghasil rempah-rempah di Asia. Sehingga untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol, diadakan Perjanjian Tordesillas pada tanggal 7 Juni 1494. Dalam perjanjian ini …

The post Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa appeared first on Susantokun.

]]>
Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa – Susantokun. Penjelajahan samudera berlangsung pada tahun 1450-an hingga tahun 1650. Penjelajahan samudera dipelopori bangsa Portugis dan Spanyol. Kedua bangsa ini saling bersaing menemukan daerah penghasil rempah-rempah di Asia. Sehingga untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol, diadakan Perjanjian Tordesillas pada tanggal 7 Juni 1494. Dalam perjanjian ini ditetapkan bahwa daerah kekuasaan di dunia non-Kristiani dibagi menjadi dua bagian dengan batas garis khayal membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan. Daerah sebelah Timur garis khayal menjadi kekuasaan Portugis, sementara daerah sebelah Barat garis khayal adalah daerah kekuasaan Spanyol.

Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa

ALASAN PENJELAJAHAN SAMUDRA

Beberapa hal yang menjadi pemicu penjelajahan samudera oleh Bangsa Eropa, adalah:

1. Jatuhnya Konstantinopel oleh bangsa Turki Ustmani
Setelah Konstantinopel jatuh oleh bangsa Turki Ustmani pada tahun 1453, Turki Ustmani menguasai jalur perdagangan laut tengah dan memutus pasokan rempah-rempah bangsa Eropa, sehingga bangsa Eropa terpaksa melakukan penjelahan samudera untuk mendapatkan rempah-rempah yang dibutuhkan oleh bangsa Eropa.

2. Reconguesta
Reconguesta adalah semangat pembalasan dendam bangsa Eropa pada kekuasaan Islam akibat kekalahan bangsa Eropa dalam Perang Salib.

3. Gospel, glory, and gold
Gospel yaitu semangat menyebarkan agama Nasrani. Glory adalah semangat memperoleh daerah jajahan. Gold adalah semangat untuk mencari emas.

4. Kemajuan IPTEK
Berkat adanya penemuan kompas, sistem navigasi, mesin, dan kapal yang semakin mempermudah pelayaran, mendorong bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan samudera.

5. Terinspirasi oleh Marcopollo
Kisah perjalanan Marcopollo yang dituliskan dalam Imago Mundi menjadi inspirasi bagi bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan. Dalam buku Imago Mundi, disebutkan bahwa Marcopollo adalah musafir dari Italia yang berhasil menjelajahi Indonesia, India, dan Tiongkok.

TOKOH PENJELAJAHAN SAMUDERA

A. Tokoh dari Portugis

1. Bartolomeuz Diaz (1450 – 1500 M)
Tahun 1486 Bartholomeus Diaz mencapai Tanjung Harapan (atau yang disebut juga Tanjung Topan). Bartholomeus Diaz bertolak dari Lisabon, lalu menyusuri pantai barat Afrika di arah selatan, hingga sampai di ujung selatan benua Afrika. Tempat itulah yang kemudian diberi nama Tanjung Harapan. Pelayaran Bartholomeus Diaz gagal karena adanya ombak dan angin kencang, yang memaksa Bartholomeus Diaz kembali ke Portugis.
2. Vasco da Gama (1469 – 1524 M)
Vasco da Gama memulai pelayarannya tahun 1497. Dia berlayar mengikuti rute yang telah dilalui oleh Bartholomeus Diaz. Setelah tiba di Tanjung Harapan, Vasco da Gama melanjutkan penjelajahannya hingga memasuki Samudera Hindia dan tiba di Kalkuta, India pada Mei 1498. Karena mengira India sebagai daerah penghasil rempah-rempah, Vasco da Gama dan pedagang Portugis mendirikan kantor dagang lengkap dengan bentengnya.
3. Alfonso d’Albuquerque (1453 – 1515 M)
Setelah bangsa Portugis menyadari bahwa India bukan daerah penghasil rempah-rempah, mereka lalu kembali melakukan penjelajahan ke pusat perdagangan rempah-rempah di Asia, yaitu Malaka. Penjelajahan kali ini dilakukan oleh Alfonso d’Albuquerque. Tahun 1511, bangsa Portugis berhasil menaklukkan Kerajaan Malaka.

B. Tokoh dari Spanyol

1. Christoper Columbus (1451 – 1506 M)
Tanggal 3 Agustus 1492, tim pelayaran yang dipimpin oleh Christoper Columbus mulai berlayar untuk mencari rempah-rempah. Christopher Columbus bertolak dari Spanyol ke arah barat, lalu mengarungi samudera Atlantik.
Tanggal 12 Oktober 1492, Christoper Columbus sampai ke San Salvador di Kepulauan Bahama. Dia mengira kepulauan Bahama sebagai Hindia, menamai penduduk setempat sebagai bangsa Indian. Meski begitu, Christoper Columbus tetap dianugerahi gelar penemu benua Amerika karena telah menunjukan jalan bagi bangsa Eropa.
2. Magellan-Canno
Ferdinand Magelhaens (1480 – 1521 M), dan Juan Sebastian del Cano (1480 – 1522 M) merupakan dua tokoh yang pertama kali mengelilingi dunia.

Rombongan Magelhaens berangkat dari Spanyol tanggal 10 Agustus 1519. Dia bertolak dari Spanyol ke arah barat, lalu mengarungi samudra Atlantik, menyusuri pantai timur Amerika, hingga sampai di ujung selatan benua Amerika. Setelah itu, dia mengarungi samudra Pasifik yang sangat luas dan tenang, hingga tiba di Kepulauan Massava pada tahun 1521.

Di sana, Ferdinand Magelhaens mendirikan tugu peringatan untuk menyatakan bahwa kepulauan itu menjadi milik Spanyol. Kepulauan tersebut dinamai Filipina, yang diambil dari nama raja Spanyol, yaitu Philips II. Tidak lama setelah itu, Ferdinand Magellan tewas oleh orang Mactan.

Juan Sebastian del Cano adalah wakil dari Magelhaens. Setelah Magelhaens tewas, dia kemudian memimpin sisa pasukan untuk melanjutkan perjalanan ke arah selatan, ke Kalimantan, lalu tiba di Kepulauan Maluku pada tahun 1522. Pertemuan Portugis dan Spanyol di Maluku menimbulkan persaingan, dan itulah yang menjadi alasan lahirnya perjanjian Saragosa tahun 1528. Dalam perjanjian itu dinyatakan bahwa Portugis akan tetap melanjutkan perdagangannya di Maluku sementara Spanyol melanjutkan kegiatan dagangnya di Kepulauan Massava.

C. Tokoh dari Inggris

1. Sir Francis Drake
Tahun 1577, Drake memulai berlayar dari Inggris ke arah Barat. Dalam pelayarannya, rombongan Drake memborong rempah-rempah di Ternate. Setelah itu, Drake pulang dan sampai di Inggris pada tahun 1580.
2. Sir James Lancester
Tahun 1591, Lancester berhasil berlayar sampai ke Aceh dan Penang, lalu kembali tiba di Inggris tahun 1594. Setelah itu dia kembali melakukan pelayaran. Pada bulan Juni 1602, Lancester dan maskapai perdagangan Inggris (EIC) tiba di Aceh, lalu menuju Banten. Di Banten, Lancester memperoleh izin untuk mendirikan kantor dagang.
3. Sir Henry Middleton
Tahun 1604, pelayaran kedua maskapai perdagangan Inggris (EIC) yang dipimpin Sir Henry Middleton berhasil mencapai Ternate, Tidore, Ambon, dan Banda. Sepanjang tahun 1611 – 1617, orang-orang Inggris mendirikan kantor dagang di Sukadana, Makassar, Jayakarta, Jepara, Aceh, Pariaman, dan Jambi.
4. William Dampier
Tahun 1688, Dampier berhasil mendarat di pantai barat Australia. Ia kemudian melanjutkan pelayaran dengan menelusuri pantai ke arah Utara.
5. James Cook
Tahun 1770, James Cook berhasil mendarat di pantai timur benua Australia. Ia kemudian menelusuri pantai menuju utara Australia. Pada tahun 1771 James Cook telah berhasil menjelajahi pantai Australia secara menyeluruh. Oleh karena itu, James Cook sering disebut sebagai penemu Benua Australia.

D. Tokoh dari Belanda

1. Barentz
Barentz mencari daerah Asia melalui jalur utara. Hingga sampai di Kutub Utara, pelayaran terhambat karena air laut membeku. Barentz berhenti di pulau Novaya Zemlya, kemudian memutuskan untuk kembali tapi meninggal dalam perjalanan. Tahun 1594, Barentz meninggal dan laut tempat Barentz meninggal diberi nama Laut Barentz.
2. Cornelius de Houtman
Tahun 1595, Cornelius de Houtman memimpin pelayaran ke arah timur untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah. Dia mengambil jalur seperti yang ditempuh Portugis. Pada tahun 1596 Cornelius de Houtman berhasil mendarat di Banten.
3. Jacob Van Neck
Tahun 1598, Jacob Van Neck mengikuti jalan Cornelis de Houtman untuk pergi ke Banten. Di Banten, dia dan rombongannya disambut dengan baik oleh penduduk setempat karena Jacob Van Neck dan rombongan bersikap baik dan ramah. Karena itu juga, dia dan rombongan bisa pulang dengan membawa banyak rempah-rempah.
4. Abel J. Tasman
Tahun 1642, Abel J. Tasman berlayar ke perairan di sebelah tenggara Australia, dan menemukan sebuah pulau yang kemudian dikenal dengan nama Pulau Tasmania.

Itulah alasan terjadinya penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa, dan tokoh-tokoh yang melakukan penjalajahan samudera. Semoga bermanfaat.

The post Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/alasan-dan-tokoh-penjelajahan-samudra-bangsa-eropa/feed/ 0
Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspbeery Pi https://www.susantokun.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-raspberry-pi/ https://www.susantokun.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-raspberry-pi/#respond Thu, 26 Oct 2017 15:42:45 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1842 Raspbeery Pi – Susantokun. Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang : Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspberry Pi. Pernah kah kalian berfikir tentang suatu komputer mini dengan sistem penggunaan listrik yang sangat kecil? Nah jika begitu jawabannya adalah Raspbeery Pi. Raspbeery Pi adalah sebuah komputer mini (tetapi belum termasuk layarnya) yang hanya mempunyai atau …

The post Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspbeery Pi appeared first on Susantokun.

]]>
Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspbeery PiRaspbeery Pi – Susantokun. Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang : Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspberry Pi. Pernah kah kalian berfikir tentang suatu komputer mini dengan sistem penggunaan listrik yang sangat kecil? Nah jika begitu jawabannya adalah Raspbeery Pi. Raspbeery Pi adalah sebuah komputer mini (tetapi belum termasuk layarnya) yang hanya mempunyai atau berperangkatkan sebuah papan elektronik atau Mother Board sebagai tempat pemasangan element lain yang sudah di pasangi dengan beberapa element untuk lebih mengetahuinya silahkan di simak artikelnya sampai habis ya sob.

Mengenal Lebih Raspbeery Pi

Element yang ada di Raspberry Pi

1 Port HMI
1 Port RCA fungsinya adalah untuk menjadi port antara Motherboard atau papan elektronik ke layar.
2 Port USB fungsinya adalah untuk menjadi port antara Motherboard ke perangkat dengan USB.
1 Port Audio 3.5mm berfungsi untuk penghubung antara Motherboard ke Perangkat Audio.
1 Port SDCARD ini sebagai penghubung SDCARD atau penyimpanan ke Motherboard.
1 Port RJ 45 berfungsi sebagai (Ethernet LAN Port) untuk jaringan internet.
8x GPIO UART,SPI BUS
penggunaan daya listrik : 750maH/ 5VDC/ mini usb charge yang pastinya sangat irit penggunaan listriknya.

Tipe dan Model dari Raspberry Pi

Komputer mini Raspberry Pi ini mempunyai beberapa tipe yaitu :
Model A Raspberry Pi
Model B Raspberry Pi
Nah yang untuk Model B dari Raspberry Pi ini juga mempunyai dua pilihan yaitu adalah :
1. Tipe RS
2. Tipe Element 14
Kedua tipe dari Model B Raspberry Pi ini sangat sama percis sob, jadi untuk perbedaan di antara keduanya itu adalah asal dari negara pembuatnya. Kalo model B Raspberry Pi Tipe Element 14 itu berasal dari negara UK atau Inggris. Sedangkan yang Kalo model B Raspberry Pi Tipe RS itu berasal dari negara China.

Sistem Operasi untuk Raspberry Pi

Untuk sistem operasi dari Komputer mini Raspberry Pi ini ada banyak macamnya di antarnya ada linux debian yang sudah di buat menjadi versi mininya. Untuk mengetahui lengkapnya os apa saja yang bisa kita gunakan di Raspberry Pi ini kalian bisa membuka website : http://www.raspberrypi.org/downloads.
Kelebihan dari Raspberry Pi ini adalah di daya atau listrik yang di gunakannya karena sangat sedikit dan juga dapat di aplikasikan untuk project seperti di bawah ini yaitu :

1. Download Manager dengan Raspberry Pi

Karena komputer mini Raspberry Pi ini menggunakan listrik yang sangat kecil jadi pas banget untuk kalian sob yang ingin download file dalam ukuran besar sekaligus download secara berlama-lamaan menggunakan sofware internet download manager dan sebagainya. Karena itulah banyak orang yang menggunakan ini untuk mendownload file dalam ukuran besar dan sebagainya agar dapat mempermudah dalam mendownload terlebih lagi karena perangkatnya simple tidak seperti laptop. Karena jika kita menggunakan laptop biasanya harus mendownload driver dan sebagainya kalo di Raspberry Pi ini biasanya sofwarare dan hardware sudah langsung cocok karena suprodusennya pun sudah khusus membuat driver yang tertanam di installasi pas untuk semua komputer mini Raspberry Pi ini kecuali untuk peralatan atau versi yang berbeda untuk mengatasi itu silahkan cari versi yang pas untuk model Raspberry Pi kalian jika nanti membelinya cocokkan dengna OSnya.

2. Peporting Dasboard menggunakan Raspberry Pi

Untuk yang ini biasanay di gunakan untuk sebuah perusahaan dimana pengunaannya adalah seperti ini. Contonya Ada sebuah ruangan yang mempunyai Monitor Touch Screen yang akan di gunakan untuk rapat dan memperlihatkan Reporting atau laporan untung rugi dan segala macam. Jika kita menggunakan komputer biasa untuk menjadi mesin di balik si Monitor Touch Screen tadi tentunya akan banyak listrik yang di gunakan belum lagi kita harus melakukan booting yang lama. Jadi kita bisa mengakali penggunaan Monitor Touch Screen ini tidak perlu dengan komputer biasa tetapi dengan komputer mini Raspberry Pi ini yaitu dengan perancangannya begini : Monitor Touch Screen sebagai media input untuk data dan output untuk video dan juga suara nah kita bisa pasang komputer mini Raspberry Pi ini di belakannya kemudian kita pasang pada Raspberry Pi sebuah wifi atau modem dan sebagainya yang bisa di gunakan untuk tersambung ke intenet. Nah kita tinggal pasang program agar otomatis Raspberry Pi di hidupkan akan membuka suatu website yang akan di gunakan untuk laporan pada rapat tersebut, sudah pasti hemat listrik dan juga biaya lebih sedikit di bangingkan dengan komputer biasa.

3. Home Controller dengan menggunakan Raspberry Pi

Hampir sama dengan Peporting Dasboard menggunakan Raspberry Pi di atas, kita juga bisa membuat Home Controller dengan menggunakan Raspberry Pi ini yaitu dengan menggunakan sebuah layar LCD yang ukuran standar dan di komputer mini Raspberry Pi sudah di install program yang berisikan perintah untuk menkontrol penyiram tanaman, lampu, kipas dan lainnya. Dengan begitu kita bisa menghemat listrik setelah kita melakukan konfigurasi kita tinggal mematikan layar LCD tersebut dan membiarkan si Raspberry Pi hidup sendiri untuk melakukan pekerjaannya yang tadi sudah kita lakukan konfigurasi sebelumnya. Di bandingkan dengan komputer biasa tentu listrik yang kita gunakan lebih hemat.

4. Print Server berbasis Raspberry Pi

Untuk perkantoran sungguh merepotkan jika kita ingin berbagi atau saling meminjam printer dan juga banyak sekali uang yang akan di keluarkan jika kita membeli printer satu satu di sebuah ruangan. Kita bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan Raspberry Pi ini yaitu dengan mengaplikasikan cara berikut ini siapkan sebuah komputer mini Raspberry Pi yang sudah di pasang dan di install ke sebuh Printer nah tinggal si Raspberry Pi saja di pasangkan dengan port LAN yang berada di kantor tersebut. Maka komputer lain bisa otomatis memberikan perintah pada komputer mini Raspberry Pi untuk melakukan print kepada printer yang terhubung tersebut. Maka tidak perlu repot untuk mendatangi printer dan colok lepas kabel printer lagi.

5. Media Server menggunakan Raspberry Pi

Media Server Atau bisa di bilang sebagai bioskop dengan listrik yang lebih lemat dari pada komputer biasa karena kita menggunakan Raspberry Pi cara pemasangannya juga sangat lah mudah kita cukup memasang harddisk eksternal dengan usb ke komputer mini Raspberry Pi dan tinggal kita pasang HDMI atau kabel port layar ke layar tancap yang kita inginkan dengan begitu listrik hemat karena tidak menggunakan komputer atau DVD player dan lainnya yang listriknya itu cukup makan banyak. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan lainnya dengan menggunakan Raspberry Pi ini untuk menghemat penggunaan listrik dan menghemat hardware lainnya kalian bisa cari di google dengan keyword “project Raspberry Pi”. Pada intinya Raspberry Pi ini komputer yang lebih hemat dari komputer pada biasanya dan lebih minimalis.

Nah itulah sekiranya mengenai : Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspberry Pi. Thanks bro atas kunjungannya, Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share ke media sosial atau bisa juga dengan memberikan saran juga komentar pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian dan terima kasih.

The post Mengenal Lebih Dalam Tentang Raspbeery Pi appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-raspberry-pi/feed/ 0
Gempa Bumi: Pengertian, Klasifikasi dan Alat Pengukurnya https://www.susantokun.com/gempa-bumi-pengertian-klasifikasi-dan-alat-pengukurnya/ https://www.susantokun.com/gempa-bumi-pengertian-klasifikasi-dan-alat-pengukurnya/#comments Fri, 04 Aug 2017 18:53:50 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1827 Gempa Bumi: Pengertian, Klasifikasi dan Alat Pengukurnya – Susantokun. Gempa bumi menjadi fenomena alam yang tidak asing lagi bagi seluruh penduduk bumi. Sobat tentu juga tidak aneh lagi dengan gempa bumi mengingat Indonesia pernah beberapa kali mengalaminya. Dari gempa yang menimbulkan kerusakan paling ringan hingga berat sampai memakan korban dan menimbulkan kerugian yang sangat besar. …

The post Gempa Bumi: Pengertian, Klasifikasi dan Alat Pengukurnya appeared first on Susantokun.

]]>
Gempa Bumi: Pengertian, Klasifikasi dan Alat PengukurnyaSusantokun. Gempa bumi menjadi fenomena alam yang tidak asing lagi bagi seluruh penduduk bumi. Sobat tentu juga tidak aneh lagi dengan gempa bumi mengingat Indonesia pernah beberapa kali mengalaminya. Dari gempa yang menimbulkan kerusakan paling ringan hingga berat sampai memakan korban dan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Sebagai fenomena alam, gempa bumi telah banyak dipelajari sehingga mudah dijelaskan dan dapat diantisipasi kehadirannya sehingga tidak menimbulkan korban jiwa serta kerugian materi yang cukup banyak.

Gempa Bumi Pengertian, Klasifikasi dan Alat Pengukurnya

Gempa Bumi: Pengertian, Klasifikasi dan Alat Pengukurnya

Pengertian Gempa Bumi

Gempa bumi banyak diartikan sebagai getaran dari kerak bumi. Munculnya getaran ini disebabkan adanya patahan atau kulit bumi yang bergeser. Biasanya gempa bumi ini timbul karena adanya kekuatan yang berasal dari dalam bumi itu sendiri seperti gejala tektonik dan juga vulkanisme. Menurut para ahli, gempa bumi yang menghasilkan energi paling besar kekuatannya disetarakan dengan ledakan bom atom pertama.

Pada daerah-daerah yang rawan gempa seperti di Jepang, gempa bumi terjadi secara rutin bahkan dalam satu tahun bisa terjadi berkali-kali. Sementara pada daerah lain, dalam satu tahun gempa bumi dapat terjadi tidak cukup sering, hanya sekali atau dua kali bahkan tidak pernah terjadi. Biasanya kerusakan paling parah akan terjadi pada bagian pusat gempa atau hiposenter. Dan pusat gempa ini biasanya berada dalam kedalaman 70 hingga 700 km di bawah permukaan bumi.

Pusat gempa atau hiposenter dan banyak orang menyebutnya sebagai episenter dibedakan menjadi dua tipe. Hiposenter yang pertama adalah garis. Hiposenter garis ini merupakan pusat gempa yang disebabkan oleh patahan kerak bumi. Sementara hiposenter yang kedua adalah titik yang merupakan pusat gempa karena disebabkan oleh gunung api atau tanah longsor. Dari hiposenter ini guncangan atau getaran akan mneyebar dan membuat kerusakan di sekitarnya.

Klasifikasi Gempa Bumi

Berdasarkan kedalaman pusat gempa, maka klasifikasi gempa bumi dibedakan ke dalam 3 jenis. Yakni gempa bumi dangkal dengan hiposentrum 300 Km di bawah permukaan bumi. Gempa bumi menengah dengan hiposentrum 60-300 km di bawah permukaan bumi, dan gempa bumi dangkal dengan hiposentrum 60 km dari permukaan bumi. Biasanya gempa bumi dangkal ini menyebabkan kerusakan sangat besar seperti yang terjadi di Yogyakarta, Flores dan Bali.

Klasifikasi gempa bumi juga dilakukan berdasarkan gelombang atau getaran gempa. Dibedakan atas gempa bumi akibat gelombang primer yakni getaran yang merambat dari hiposentrum memiliki kecepatan 7-14 km/ detik. Gempa akibat gelombang sekunder disebabka getaran dari hiposentrum dengan kecepatan 4-7 km/ detik. Dan gempa bumi akibat gelombang panjang disebabkan getaran dari hiposentrum dengan kecepatan 3-4 km/ detik dengan tingkat kerusakan paling parah dan dapat menimbulkan korban jiwa sangat banyak.

Selain itu gempa bumi juga dibedakan atas tipe-tipenya. Terdapat banyak tipe gempa bumi seperti gempa bumi vulkanik. Ada juga gempa bumi tumbukan yang disebabkan tumbukan meteor atau asteroid ke bumi yang jarang terjadi. Gempa bumi runtuhan biasanya terjadi di daerah pegunungan hingga tambang. Sementara itu juga ada gempa bumi buatan manusia karena ledakan dinamit. Hingga gempa tektonik karena bergesernya lempeng tektonik dengan mendadak dan berkekuatan besar hingga kecil yang menimbulkan kerusakan tidak sepele.

Alat Pengukur Gempa Bumi

Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, gempa bumi tidak lagi sulit dipelajari. Bahkan dengan semakin sering terjadinya gempa, ada banyak peralatan canggih diciptakan. Tidak hanya untuk mengantisipasi datangnya gempa bumi dan peringatan dini. Namun juga mengukur intensitas gempa dan juga mengetahui lokasi gempa. Alat untuk mengukur intensitas gempa sekaligus mengetahui lokasinya ini disebut seismograf.

Terdapat dua jenis seismograf yakni seismograf vertikal dan horizontal. Untuk seismograf vertikal digunakan untuk mencatat gelombang gempa atau seismik yang arahnya vertikal atau tegak. Alat ini terdiri dari beton juga pemberat dan pena. Saat gempa datang, pemberat tidak akan bergerak karena gerakan pemberat diserap penyeimbang. Namun saat gempa datang, pena yang diletakkan pada pemberat akan bergerak ke atas dan ke bawah sejalan dengan getaran gempa.

Sementara seismograf horizontal digunakan untuk mencatat gempa bumi dengan arah horizontal. Biasanya para petugas yang mengamati gempat akan menggunakan kedua kombinasi seismograf vertikal dan horizontal sekaligus untuk dapat mengetahui lokasi gempa. Diperlukan lebih banyak pencatat gempa atau seismograf, minimal 3 seismograf yang akan menentukan di mana letak posisi pusat dari gempa.

The post Gempa Bumi: Pengertian, Klasifikasi dan Alat Pengukurnya appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/gempa-bumi-pengertian-klasifikasi-dan-alat-pengukurnya/feed/ 1
Tentang Gerak Fisika https://www.susantokun.com/tentang-gerak-fisika/ https://www.susantokun.com/tentang-gerak-fisika/#respond Sat, 29 Jul 2017 01:05:43 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1824 Tentang Gerak Fisika – Susantokun. Sebagai makhluk hidup, bergerak menjadi tanda-tanda kehidupan. Karena itu banyak orang bilang bahwa makhluk yang bergerak adalah hidup. Namun gerak dalam fisika menjadi hal yang sedikit berbeda. Tidak hanya melibatkan makhluk hidup, namun gerak pada fisika juga melibatkan benda mati. Saat Sobat membahas gerak pada fisika, berarti juga melibatkan kecepatan, …

The post Tentang Gerak Fisika appeared first on Susantokun.

]]>
Tentang Gerak FisikaSusantokun. Sebagai makhluk hidup, bergerak menjadi tanda-tanda kehidupan. Karena itu banyak orang bilang bahwa makhluk yang bergerak adalah hidup. Namun gerak dalam fisika menjadi hal yang sedikit berbeda. Tidak hanya melibatkan makhluk hidup, namun gerak pada fisika juga melibatkan benda mati. Saat Sobat membahas gerak pada fisika, berarti juga melibatkan kecepatan, perpindahan dan juga waktu yang semuanya dapat dihitung dengan mudah.

Tentang Gerak Fisika

Tentang Gerak Fisika

Pengertian Gerak Fisika

Gerak dalam pengertian fisika berarti perubahan posisi yang terjadi pada suatu benda terhadap adanya waktu yang dihasilkan. Karena itu seperti yang diuraikan di atas, bahwa gerak juga melibatkan kecepatan dan perpindahan percepatan hingga waktu. Sehingga benda mati yang bergerak dapat diamati dan dihitung kecepatannya. Dengan menggunakan sebuah acuan objek tertentu, Sobat dapat mengukur perubahan posisi yang terjadi pada objek lainnya.

Teori mengenai gerak ini sendiri telah banyak dikupas oleh Newton. Seperti yang dijelaskan pada hukum pertamanya bahwa momentum dari sebuah objek berkaitan langsung dengan massa dari benda tersebut dan kecepatannya. Pada objek yang tidak bergerak dan diam konstan, gerakannya tidak berubah kecuali jika Anda kekuatan yang terlibat. Karena hal inilah dalam fisika tidak mengenal adanya sebuah benda yang yang tidak bergerak. Segala sesuatu yang keberadaannya dapat diindra di alam semesta dianggap bergerak.

Mudahnya sebuah gerak menunjukkan adanya perubahan yang terjadi terus-menerus dalam sebuah konfigurasi sistem fisik. Dalam mekanika sendiri gerak diartikan sebagai perubahan fisik. Dengan kata lain gerak dalam mekanika merupakan perubahan posisi yang terjadi dalam ruang dan dialami sebuah objek. Baik terhadap diri objek itu sendiri atau objek lain yang ada di dalam ruangan dan dijadikan sebagai referensi.

Hukum Gerak Fisika

Gerak dalam fisika memiliki dua jenis hukum yakni berdasarkan mekanika klasik dan mekanika quantum. Dalam hukum mekanika klasik menjelaskan gerakan dengan skala besar. Hingga gerakan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari di alam semesta. Contoh mudahnya adalah gerak planet, sel hingga manusia. Atau gerak proyektil menuju bagian mesin hingga objek astronomi selain planet seperti pesawat ruang angkasa, bintang dan juga galaksi.

Hukum gerak mekanika klasik ini menggunakan pondasi dasar hukum gerak Newton. Di mana telah terjadi hubungan antara gaya yang sedang bekerja dengan gerakan yang dilakukan objek. Hukum gerak Newton ini sendiri pertama kali dibuat oleh Sir Isaac Newton pada tahn 1687 yang berisi tiga hukum. Salah satu isi hukum Newton adalah saat gaya eksternal total tidak ada, maka objek dikatakan diam atau justru bergerak dengan kecepatan yang tetap.

Hukum mekanika klasik ini ke depannya semakin meningkat dengan adanya hukum relativitas khusus dan relativitas umum yang dibuat oleh Albert Einstein. Hukum relativitas khusus ini menjelaskan tentang gerak benda yang memiliki kecepatan tinggi hingga kecepatan cahaya. Sementara relativitas umum untuk mengamati gerak gravitasi namun dalam tingkat lebih dalam. Berbeda dengan mekanika klasik yang berkembang, hukum gerak mekanika quantum yang menjelaskan gerak atom dan sub atom tidak banyak berkembang.

Pembagian Gerak Fisika

Mengingat setiap benda di muka bumi bergerak, maka para ahli sepakat untuk menggolongkan gerak ke dalam beberapa jenis gerak. Penggolongan pertama berdasarkan lintasannya. Gerak yang berdasarkan lintasan terdapat 7 macam gerak yakni gerak semu relatif, ganda, lurus, menggelinding, gerak karena pengaruh gravitasi, gerak berbentuk parabola hingga gerak melingkar. Gerak melingkar ini masih dibedakan menjadi dua macam gerak yakni gerak melingkar beraturan (GMB) dan gerak melingkar berubah beraturan atau GMBB.

Gerak melingkar beraturan ini memiliki kecepatan sudut yang tetap dan kecepatan linearnya selalu bersinggungan dengan lintasan. Sehingga menghasilkan percepatan radial cukup besar dan arahnya selalu berubah. Sementara GMBB justru memiliki percepatan sudut yang tetap. Menghasilkan percepatan tangensial yang arahnya bersinggungan dengan lintasan lingkaran. Selain itu gerak juag dibedakan atas dasar percepatan yang dihasilkan.

Berdasarkan percepatannya, gerak dibedakan menjadi dua tipe gerak. Tipe pertama adalah gerak beraturan. Gerak ini memiliki percepatan yang selalu nol. Atau biasa dikenal sebagai gerak dengan kecepatan konstan. Tipe gerak yang kedua adalah gerak berubah beraturan. Di mana gerak ini memiliki percepatan yang konstan. Dengan kata lain gerak berubah beraturan ini memiliki kecepatan yang selalu berubah-ubah.

The post Tentang Gerak Fisika appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/tentang-gerak-fisika/feed/ 0
Alam Semesta dan Teori Big Bang https://www.susantokun.com/alam-semesta-dan-teori-big-bang/ https://www.susantokun.com/alam-semesta-dan-teori-big-bang/#respond Fri, 28 Jul 2017 04:18:29 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1821 Alam Semesta dan Teori Big Bang – Susantokun. Sebagai makhluk berakal, menjadi pertanyaan yang sangat penting bagi manusia untuk mengetahui awal mula terbentuknya alam semesta. Dengan segala kemegahannya yang tidak tertandingi, alam semesta membuat takjub siapa saja yang mau memikirkannya. Tidak hanya itu alam semesta dibalik segala hal misterius yang tersimpan juga menyimpan jawaban penciptaan …

The post Alam Semesta dan Teori Big Bang appeared first on Susantokun.

]]>
Alam Semesta dan Teori Big BangSusantokun. Sebagai makhluk berakal, menjadi pertanyaan yang sangat penting bagi manusia untuk mengetahui awal mula terbentuknya alam semesta. Dengan segala kemegahannya yang tidak tertandingi, alam semesta membuat takjub siapa saja yang mau memikirkannya. Tidak hanya itu alam semesta dibalik segala hal misterius yang tersimpan juga menyimpan jawaban penciptaan yang selama ini membuat bingung banyak orang.

Alam Semesta dan Teori Big Bang

Alam Semesta dan Teori Big Bang

Asal Mula Alam Semesta dan Teori Big Bang

Akal manusia yang tanpa batas mengajukan banyak teori yang menunjukkan awal mula alam semesta. Meski beberapa teori tidak lagi dikenal karena bukti yang lemah dan termakan kemajuan ilmu pengetahuan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa teori tersebut menunjukkan betapa manusia sangat mengagumi alam semesta. Diantara banyak teori yang ada, salah satu teori awal mula alam semesta yang hingga kini masih bertahan dan dipercaya adalah teori Big Bang.

Teori Big Bang atau dikenal sebagai teori dentuman besar pertama kali dikemukakan oleh seorang ilmuwan Abbe Georges Lemaitre. Tepatnya dia adalah seorang kosmolog yang berasal dari Belgia. Pertama kali dicetuskan pada tahun 1920, Abbe Georges Lemaitre menyatakan bahwa alam semesta berasal dari gumpalan superatom dengan bentuk yang sangat kecil. Berbentuk mirip bola api dan sangat kecil hingga hanya terlihat seperti titik yang memiliki volume nol.

Gumpalan ini berukuran kecil namun memiliki massa jenis yang sangat besar. Suhunya juga luar biasa panas hingga 1 triliun derajat celcius. Sesuai dengan pernyataan teori Big Bang, gumpalan kecil inilah yang kemudian meledak hingga seluruh isi berhamburan yang menjadi bagian dari alam semesta seperti sekarang. Dalam waktu yang cukup cepat, gumpalan kecil superatom ini memiliki ukuran yang semakin bertambah besar hingga terjadi Big Bang atau ledakan dahsyat yang telah terjadi pada 15 miliar tahun lalu. Yuk lanjut baca Alam Semesta dan Teori Big Bang nya.

Keabsahan Teori Big Bang

Saat pertama kali dikemukakan oleh penemunya, teori Big Bang ini sendiripun menjadi bahan perdebatan yang sangat panjang. Namun banyak juga dari para ahli yang menyatakan jika teori ini dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya karena memiliki bukti yang tidak terbantahkan. Salah satunya yang dilakukan oleh George Gamov pada tahun 1948 yang melanjutkan penghitungan dari Teori Big Bang. Penghitungan ini menyatakan jika memang terjadi ledakan, seharusnya ada banyak radiasi yang masih tersisa di alam semesta.

Teori dari George Gamov ini juga didukung oleh Ralph Alper dan Robert Herman yang juga sepakat tentang adanya sisa radiasi di alam semesta. Pada tahun 1965, keberadaaan sisa radiasi ini berhasil ditemukan oleh ilmuwan modern Arno Penzias dan juga Robert Wilson. Keduanya menemukan adanya gelombang radiasi yang lebih dikenal sebagai radiasi dasar gelombang mikrokosmik. Keberadaan radiasi ini tersebar ke banyak arah di alam semesta.

Keabsahan teori Big Bang ini juga semakin didukung dan dibuktikan dengan sebuah penemuan baru. Para ahli menemukan bahwa di alam semesta terdapat kandungan gas Hidrogen dan Helium, tepatnya berada di angkasa. Penghitungan juga telah dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa persentase Helium juga Hidrogen sama dengan hasil hitungan Teori Big Bang. Bukan hilang atau habis seperti yang dikatakan teori terbentuknya alam semesta yang dikemukakan ahli lain.

Teori Big Bang dan Realitas Kekinian

Bagi sebagian orang yang sangat mendewakan logika sains, keberadaan alam semesta yang dikuak oleh Teori Big Bang sudah lebih dari cukup untuk memuaskan akalnya. Namun Sobat juga harus tahu bahwa keberadaan akal manusia sesungguhnya sangatlah terbatas. Karena teori yang dibuat sejak puluhan tahun lalu ini juga dapat berpotensi berubah sesuai dengan realitas fakta kekinian yang terus berubah sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada.

Namun teori Big Bang sendiri pun telah membuktikan diri selama puluhan tahun tidak terbantahkan. Berbeda dengan teori penciptaan alam semesta yang lain, yang menyatakan bahwa alam semesta berawal dari ketiadaan yang justru terbantahkan dan tidak sesuai dengan realitas kekinian. Terutama dengan kondisi alam semesta yang semakin luas. Di mana galaksi-galaksi saling bergerak semakin menjauh satu sama lain hingga mencapai batasnya.

Dengan ditemukannya teori Big Bang pertama kali menjadi titik terang para ilmuwan untuk lebih tahu dan mampu menjelaskan kepada banyak orang mengenai proses penciptaan alam semesta. Bahkan teori penciptaan alam semesta yang sangat populer ini bisa memprediksi bagaimana semesta ini akan berakhir. Setelah galaksi-galaksi bergerak menjauh mencapai batasnya, maka materi alam semesta akan berhenti menjauh. Berubah menjadi ditarik kembali ke titik awal ledakan atau titik awal Big Bang terjadi.

The post Alam Semesta dan Teori Big Bang appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/alam-semesta-dan-teori-big-bang/feed/ 0
DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya https://www.susantokun.com/dna-pengertian-struktur-dan-fungsinya/ https://www.susantokun.com/dna-pengertian-struktur-dan-fungsinya/#respond Wed, 26 Jul 2017 23:58:11 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1818 DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya – Susantokun. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki DNA. Meski mirip namun DNA ini memiliki struktur yang khas dan berbeda pada setiap makhluk. DNA antara makhluk yang satu dan lainnya sangat berbeda. Perkembangan penelitian telah menghasilkan kemajuan baru dalam memahami DNA. Sehingga kini dunia telah mencapai inovasi yang dulunya tidak pernah …

The post DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya appeared first on Susantokun.

]]>
DNA: Pengertian, Struktur dan FungsinyaSusantokun. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki DNA. Meski mirip namun DNA ini memiliki struktur yang khas dan berbeda pada setiap makhluk. DNA antara makhluk yang satu dan lainnya sangat berbeda. Perkembangan penelitian telah menghasilkan kemajuan baru dalam memahami DNA. Sehingga kini dunia telah mencapai inovasi yang dulunya tidak pernah terbayangkan dalam bioteknologi. Dalam kehidupan sehari-hari, pengetahuan tentang DNA telah berhasil memecahkan banyak hal.

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Pengertian DNA

Mengingat pentingnya mempelajari DNA, sehingga bahasan yang cukup rumit ini bahkan telah dikenalkan sejak bangku sekolah dasar formal. Sobat sendiri tentunya tidak lagi asing dengan istilah DNA ini karena manusia juga sama seperti makhluk bernyawa lainnya memiliki DNA. Sederhananya DNA adalah materi yang menjadi pembentuk kromosom. Di dalam kromosom tersimpan semua informasi genetik dari makhluk hidup tidak terkecuali manusia.

DNA sendiri merupakan kepanjangan dari Deoxyribonucleic Acid. Para peneliti Indonesia biasa menyebutnya sebagai ADN atau Asam Deoksiribosa Nukleat. Kata Deoxyribo ini sendiri mengacu pada gula yang terdapat pada DNA yang dikenal dengan nama Deoxyribose atau Dioksiribosa. Dari sini setidaknya Sobat dapat membayangkan jika susunan DNA sendiri tidak jauh dari rangkaian gula dalam bentuk rantai panjang nukleutida.

Susunan DNA ini sendiri berupa rantai yang sangat panjang dari sebuah nukleutida. Di mana dalam satu rangkaian panjang nukleutida, Sobat akan mendapati gula pentosa dan juga basa Nitrogen. Sobat dan banyak para ahli lainnya, dapat membedakan masing-masing rantai nukleutida ini dengan perbedaan pada basa Nitrogen. Sehingga setiap makhluk yang bernyawa dapat dikenali DNA dan selalu berbeda satu sama lain.

Struktur DNA

Sebelum dibicarakan secara gamblang seperti sekarang, ada masa-masa di mana rahasia DNA ini sangat sulit diungkap. Namun kerja keras dan pantang menyerah mampu menyibak tabir DNA yang sangat rahasia menjadi mudah dipelajari. Mengenai struktur DNA sendiri, ada banyak para ahli yang memiliki pendapat masing-masing untuk menggambarkan strukturnya. Namun dunia sains kini lebih mengenal struktur DNA yang dikemukakan oleh James Watson dan Francis Crick atau lebih dikenal sebagai Double Helix (tangga berpilin).

Teori struktur DNA Watson dan Crick ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1953. Menurut keduanya DNA memiliki gula dan fosfat yang ada pada tangga utama atau rantai utama. Dan pada anak tangga DNA terdiri dari basa nitrogen yang berpasangan tetap antara guanin (G) dan sitosin (C). Dan pasangan antara timin (T) dan adenin (A). Nantinya variasi dari keempat urutan basa tersebut akan menentukan kode genetik yang dimiliki sel.

Mungkin saja Sobat merasa aneh karena dengan hanya kombinasi 4 huruf basa nitrogen tersebut, bagaimana mungkin informasi genetik dapat diwariskan pada keturunan? Namun Sobat juga harus tahu bahwa kromosom yang terdapat DNA di dalamnya terdiri dari jutaan nukleutida. Sementara nukleutida terdiri dari kombinasi 4 huruf tersebut. Sehingga dari banyak nukleutida tersebut, bisa didapatkan banyak informasi genetik yang diturunkan.

Fungsi DNA Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Keberadaan DNA dapat menentukan sifat secara genetik dari makhluk hidup. Bagi manusia, DNA ini juga sangat mempengaruhi karakter genetiknya. Karena setiap makhluk hidup bahkan manusia juga diciptakan dengan urutan basa yang berbeda sekaligus spesifik. Hal ini menyebabkan manusia memiliki DNA yang berbeda yang dapat dikenali. Sehingga dalam banyak urusan kehidupan sehari-hari, DNA ini sangat memudahkan berbagai hal.

Fakta paling mudah tentang fungsi DNA yang bisa Sobat temui adalah saat berurusan dengan forensik. Dalam dunia forensik dikenal dengan adanya DNA finger print atau sidik jari DNA. Setiap orang memiliki DNA sidik jari yang berbeda, sehingga saat menempel sangat mudah dikenali. Petugas yang berwenang akan menganalisis DNA sidik jari yang ditinggalkan untuk mengetahui pelaku tindak kejahatan sehingga dapat dicari dan ditangkap.

Sesuatu yang menjadi ciptaan Tuhan tidak dapat ditandingi manusia, bahkan seorang jenius sekalipun. Meski rahasia mengenai DNA ini dapat dikuak, selalu ada hal baru dan tidak dapat diprediksi oleh manusia. Meski begitu, struktur DNA yang rapi membuat Sobat bisa mendeteksi sejak dini mengenai cacat genetik yang diderita janin dalam kandungan. Sehingga orang tua dapat melakukan langkah-langkah antisipasi sejak awal sebelum kelahiran.

The post DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/dna-pengertian-struktur-dan-fungsinya/feed/ 0