Home / Education / Contoh Soal / Faktor – faktor yang mempengaruhi manajemen

Faktor – faktor yang mempengaruhi manajemen

Faktor - faktor yang mempengaruhi manajemenFaktor – faktor yang mempengaruhi manajemen baik secara langsung dan tidak langsung. Ini merupakan soal dari tugas KUIS mata kuliah Sistem Informasi yang banyaknya minta ampun dan harus ditulis tangan, jawabannya sudah ada sih di ppt nya seperti pada artikel Gambaran Umum Sistem Informasi Manajemen tapi masih harus cari – cari referensi biar lebih lengkap. Sambil ngerjain tugasnya karena besok dikumpulkan ya sekalian juga bikin artikel deh siapa tau ada yang butuh juga, mungkin untuk 1 tahun berikutnya dikasih tugas yang sama dari dosen yang sama juga wkwkwk

Jadi soal nomor 5 begini, disuruh menjelaskan Faktor – faktor yang mempengaruhi manajemen, baik langsung maupun tidak langsung, dan jawabannya adalah sebagai berikut :

Ada faktor – faktor yang mempengaruhi manajemen, antara lain adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan dibagi menjadi faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal.

A. Faktor lingkungan internal (internal environment)

Faktor lingkungan internal adalah faktor – faktor atau suatu kondisi umum yang berada di dalam lingkungan organisasi tersebut, yang termasuk ke dalam faktor lingkungan ini adalah karyawan atau pegawai, serta pemimpin manajemen.

B. Faktor lingkungan eksternal (eksternal environment)

Faktor lingkungan eksternal adalah segala sesuatu diluar batasan dari organisasi itu sendiri yang mungkin mempengaruhinya, dan ada faktor yang berpengaruh secara langsung dan tidak langsung.

1. Lingkungan eksternal mikro (faktor lingkungan yang secara langsung)

  • Penyedia (suppliers)
    Setiap organisasi sangat tergantung dari sumber untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, bahan pembantu, energi dan peralatan yang digunakan untuk proses produksi
  • Langganan (customers)
    Langganan perusahaan dapat berupa lembaga seperti sekolah, kantor pemerintah atau langganan perseorangan Dalam situasi persaingan yang ketat melalui kepuasan keinginan pelangganlah perusahaan dpt menjaga kelangsungan hidup berkembang dan mendapatkan keuntungan.
  • Pemilik / pemegang saham
  • Pesaing (competitors)
    Dengan pemahaman akan lingkungan pesaing yang dihadapi, organisasi dapat mengetahui posisi persaingannya sehingga mampu untuk mengoptimalkan operasinya dengan baik.
  • Serikat buruh / pekerja
    Organisasi memerlukan pekerja atau orang yang bekerja di dalamnya dan tentunya serikat buruh atau pekerja tersebut akan lebih baik jika mempunyai kelebihan seperti keterampilan dan kemampuan yang berpengalaman demi tercapainya tujuan dari organisasi tersebut.
  • Masyarakat keuangan atau lembaga keuangan
    Suatu Organisasi tergantung pada bermacam – macam lembaga keuangan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat materi seperti bank, perusahaan asuransi termasuk pasar modal untuk menjaga dan memperluas kegiatannya.
  • Pemerintah
    Perwakilan pemerintah ini biasanya menetapkan peraturan, prosedur perijinan, dan pembatas lain untuk melindungi masyarakat.

2. Lingkungan eksternal makro (faktor lingkungan yang secara tidak langsung)

  • Perkembangan Teknologi
    Perkembangan teknologi adalah suatu kombinasi dari kemampuan yang dimiliki dengan peralatan yang digunakan manajer dalam desain, produksi dan distribusi barang serta jasa.
  • Variabel – variabel ekonomi
    Variabel variabel ekonomi adalah suatu kekuatan ekonomi yang memberikan banyak peluang dan hambatan untuk manajer sehingga dapat memberikan perubahan bagi seluruh organisasi.
  • Lingkungan sosial – kebudayaan
    Lingkungan sosial – kebudayaan adalah tekanan yang berasal dari struktur sosial dalam masyarakat di suatu negara. Struktur sosial adalah pengaturan hubungan antara individual dan grup dalam masyarakat.
  • Variabel – variabel politik – hukum
    Variabel -variabel politik – hukum adalah hasil perubahan dalam hukum dan regulasi seperti deregulasi industri, pribatisasi organisasi dan peningkatan tekanan dalam perlindungan lingkungan.

Nah itulah soal serta jawaban yang saya tuliskan pada kertas polio sebagai tugas dari mata kuliah sistem informasi yang dapat saya bagikan kepada teman – teman sekalian. Mohon maaf jika ada kekurangan dan penulisan yang kurang tepat, silahkan dikoreksi dan diberikan komentar sesuai dengan apa yang sobat pikirkan.

 

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
error: Content is protected !!