Home / Education / Science / DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan FungsinyaSusantokun. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki DNA. Meski mirip namun DNA ini memiliki struktur yang khas dan berbeda pada setiap makhluk. DNA antara makhluk yang satu dan lainnya sangat berbeda. Perkembangan penelitian telah menghasilkan kemajuan baru dalam memahami DNA. Sehingga kini dunia telah mencapai inovasi yang dulunya tidak pernah terbayangkan dalam bioteknologi. Dalam kehidupan sehari-hari, pengetahuan tentang DNA telah berhasil memecahkan banyak hal.

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

DNA: Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Pengertian DNA

Mengingat pentingnya mempelajari DNA, sehingga bahasan yang cukup rumit ini bahkan telah dikenalkan sejak bangku sekolah dasar formal. Sobat sendiri tentunya tidak lagi asing dengan istilah DNA ini karena manusia juga sama seperti makhluk bernyawa lainnya memiliki DNA. Sederhananya DNA adalah materi yang menjadi pembentuk kromosom. Di dalam kromosom tersimpan semua informasi genetik dari makhluk hidup tidak terkecuali manusia.

DNA sendiri merupakan kepanjangan dari Deoxyribonucleic Acid. Para peneliti Indonesia biasa menyebutnya sebagai ADN atau Asam Deoksiribosa Nukleat. Kata Deoxyribo ini sendiri mengacu pada gula yang terdapat pada DNA yang dikenal dengan nama Deoxyribose atau Dioksiribosa. Dari sini setidaknya Sobat dapat membayangkan jika susunan DNA sendiri tidak jauh dari rangkaian gula dalam bentuk rantai panjang nukleutida.

Susunan DNA ini sendiri berupa rantai yang sangat panjang dari sebuah nukleutida. Di mana dalam satu rangkaian panjang nukleutida, Sobat akan mendapati gula pentosa dan juga basa Nitrogen. Sobat dan banyak para ahli lainnya, dapat membedakan masing-masing rantai nukleutida ini dengan perbedaan pada basa Nitrogen. Sehingga setiap makhluk yang bernyawa dapat dikenali DNA dan selalu berbeda satu sama lain.

Struktur DNA

Sebelum dibicarakan secara gamblang seperti sekarang, ada masa-masa di mana rahasia DNA ini sangat sulit diungkap. Namun kerja keras dan pantang menyerah mampu menyibak tabir DNA yang sangat rahasia menjadi mudah dipelajari. Mengenai struktur DNA sendiri, ada banyak para ahli yang memiliki pendapat masing-masing untuk menggambarkan strukturnya. Namun dunia sains kini lebih mengenal struktur DNA yang dikemukakan oleh James Watson dan Francis Crick atau lebih dikenal sebagai Double Helix (tangga berpilin).

Teori struktur DNA Watson dan Crick ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1953. Menurut keduanya DNA memiliki gula dan fosfat yang ada pada tangga utama atau rantai utama. Dan pada anak tangga DNA terdiri dari basa nitrogen yang berpasangan tetap antara guanin (G) dan sitosin (C). Dan pasangan antara timin (T) dan adenin (A). Nantinya variasi dari keempat urutan basa tersebut akan menentukan kode genetik yang dimiliki sel.

Mungkin saja Sobat merasa aneh karena dengan hanya kombinasi 4 huruf basa nitrogen tersebut, bagaimana mungkin informasi genetik dapat diwariskan pada keturunan? Namun Sobat juga harus tahu bahwa kromosom yang terdapat DNA di dalamnya terdiri dari jutaan nukleutida. Sementara nukleutida terdiri dari kombinasi 4 huruf tersebut. Sehingga dari banyak nukleutida tersebut, bisa didapatkan banyak informasi genetik yang diturunkan.

Fungsi DNA Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Keberadaan DNA dapat menentukan sifat secara genetik dari makhluk hidup. Bagi manusia, DNA ini juga sangat mempengaruhi karakter genetiknya. Karena setiap makhluk hidup bahkan manusia juga diciptakan dengan urutan basa yang berbeda sekaligus spesifik. Hal ini menyebabkan manusia memiliki DNA yang berbeda yang dapat dikenali. Sehingga dalam banyak urusan kehidupan sehari-hari, DNA ini sangat memudahkan berbagai hal.

Fakta paling mudah tentang fungsi DNA yang bisa Sobat temui adalah saat berurusan dengan forensik. Dalam dunia forensik dikenal dengan adanya DNA finger print atau sidik jari DNA. Setiap orang memiliki DNA sidik jari yang berbeda, sehingga saat menempel sangat mudah dikenali. Petugas yang berwenang akan menganalisis DNA sidik jari yang ditinggalkan untuk mengetahui pelaku tindak kejahatan sehingga dapat dicari dan ditangkap.

Sesuatu yang menjadi ciptaan Tuhan tidak dapat ditandingi manusia, bahkan seorang jenius sekalipun. Meski rahasia mengenai DNA ini dapat dikuak, selalu ada hal baru dan tidak dapat diprediksi oleh manusia. Meski begitu, struktur DNA yang rapi membuat Sobat bisa mendeteksi sejak dini mengenai cacat genetik yang diderita janin dalam kandungan. Sehingga orang tua dapat melakukan langkah-langkah antisipasi sejak awal sebelum kelahiran.

Berikan Penilaian :

0%

Rating

User Rating: 4.65 ( 1 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya

Mengenal Tata Surya dan Susunannya¬†– Susantokun. Tata surya menjadi bagian dari ilmu astronomi yang memiliki …

error: Content is protected !!