Contoh Project Dengan Raspberry Pi

Contoh Project Dengan Raspberry Pi

Diperbaharui 18 Mei 2020 12:57 PM

Apa itu raspberry pi? Kelebihannya apa? Apakah bisa membuat alat sendiri untuk tugas akhir? Berikut adalah contoh project dengan raspberry pi.

Pernah kah kamu berfikir tentang suatu komputer mini dengan sistem penggunaan listrik yang sangat kecil? Nah jika begitu jawabannya adalah Raspberry Pi. Raspberry Pi adalah sebuah komputer mini (tetapi belum termasuk layarnya) yang hanya mempunyai atau berperangkatkan sebuah papan elektronik atau Mother Board sebagai tempat pemasangan element lain yang sudah di pasangi dengan beberapa element untuk lebih mengetahuinya silahkan di simak artikelnya sampai habis ya sob.

Element Yang Ada di Raspberry Pi

  • 1 Port HMI
  • 1 Port RCA fungsinya adalah untuk menjadi port antara Motherboard atau papan elektronik ke layar.
  • 2 Port USB fungsinya adalah untuk menjadi port antara Motherboard ke perangkat dengan USB.
  • 1 Port Audio 3.5mm berfungsi untuk penghubung antara Motherboard ke Perangkat Audio.
  • 1 Port SDCARD ini sebagai penghubung SDCARD atau penyimpanan ke Motherboard.
  • 1 Port RJ 45 berfungsi sebagai (Ethernet LAN Port) untuk jaringan internet.
  • 8x GPIO UART,SPI BUS
  • Penggunaan daya listrik : 750maH/ 5VDC/ mini usb charge yang pastinya sangat irit penggunaan listriknya.

Tipe dan Model dari Raspberry Pi

Komputer mini Raspberry Pi ini mempunyai beberapa tipe yaitu Model A dan Model B. Nah yang untuk Model B dari Raspberry Pi ini mempunyai dua pilihan yaitu adalah :

  1. Tipe RS
  2. Tipe Element 14

Kedua tipe dari Model B Raspberry Pi ini sangat sama percis sob, jadi untuk perbedaan di antara keduanya itu adalah asal dari negara pembuatnya, model B Raspberry Pi Tipe Element 14 itu berasal dari negara UK atau Inggris, sedangkan yang Kalo model B Raspberry Pi Tipe RS itu berasal dari negara China.

Sistem Operasi untuk Raspberry Pi

Untuk sistem operasi dari Komputer mini Raspberry Pi ini ada banyak macamnya di antarnya ada linux debian yang sudah dibuat menjadi versi mininya. Untuk mengetahui lengkapnya os apa saja yang bisa digunakan di Raspberry Pi ini kamu bisa membuka website resminya yaitu Raspberry Pi.

Contoh Project Dengan Raspberry Pi

Download Manager dengan Raspberry Pi

Karena komputer mini Raspberry Pi ini menggunakan listrik yang sangat kecil jadi pas banget untuk kamu sob yang ingin download file dalam ukuran besar sekaligus download secara berlama-lamaan menggunakan sofware internet download manager dan sebagainya. Karena itulah banyak orang yang menggunakan ini untuk mendownload file dalam ukuran besar dan sebagainya agar dapat mempermudah dalam mendownload terlebih lagi karena perangkatnya simple tidak seperti laptop. Karena jika kita menggunakan laptop biasanya harus mendownload driver dan sebagainya kalo di Raspberry Pi ini biasanya sofwarare dan hardware sudah langsung cocok karena suprodusennya pun sudah khusus membuat driver yang tertanam di installasi pas untuk semua komputer mini Raspberry Pi ini kecuali untuk peralatan atau versi yang berbeda untuk mengatasi itu silahkan cari versi yang pas untuk model Raspberry Pi jika nanti membelinya cocokkan dengna OSnya.

Reporting Dasboard Menggunakan Raspberry Pi

Untuk yang ini biasanya di gunakan untuk sebuah perusahaan dimana pengunaannya adalah seperti ini. Contonya ada sebuah ruangan yang mempunyai Monitor Touch Screen yang akan digunakan untuk rapat dan memperlihatkan Reporting. Jika kita menggunakan komputer biasa untuk menjadi mesin di balik si Monitor Touch Screen tadi tentunya akan banyak listrik yang di gunakan belum lagi kita harus melakukan booting yang lama. Jadi kita bisa mengakali penggunaan Monitor Touch Screen ini tidak perlu dengan komputer biasa tetapi dengan komputer mini Raspberry Pi yaitu dengan gambaran perancangannya sebagai berikut :

Monitor Touch Screen sebagai media input untuk data dan output untuk video dan juga suara nah kita bisa pasang komputer mini Raspberry Pi ini di belakannya kemudian kita pasang pada Raspberry Pi sebuah wifi atau modem dan sebagainya yang bisa di gunakan untuk tersambung ke intenet. Nah kita tinggal pasang program agar otomatis Raspberry Pi di hidupkan akan membuka suatu website yang akan di gunakan untuk laporan pada rapat tersebut, sudah pasti hemat listrik dan juga biaya lebih sedikit di bangingkan dengan komputer biasa.

Home Controller Menggunakan Raspberry Pi

Hampir sama dengan Reporting Dasboard, kita juga bisa membuat Home Controller dengan menggunakan Raspberry Pi menggunakan sebuah layar LCD yang ukuran standar dan di komputer mini Raspberry Pi sudah di install program yang berisikan perintah untuk menkontrol penyiram tanaman, lampu, kipas dan lainnya. Dengan begitu kita bisa menghemat listrik setelah kita melakukan konfigurasi kita tinggal mematikan layar LCD tersebut dan membiarkan si Raspberry Pi hidup sendiri untuk melakukan pekerjaannya yang tadi sudah kita lakukan konfigurasi sebelumnya. Di bandingkan dengan komputer biasa tentu listrik yang kita gunakan lebih hemat.

Print Server Berbasis Raspberry Pi

Untuk perkantoran sungguh merepotkan jika kita ingin berbagi printer dan juga banyak sekali uang yang akan di keluarkan.

Kita bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan Raspberry Pi ini yaitu dengan mengaplikasikan cara berikut ini siapkan sebuah komputer mini Raspberry Pi yang sudah d pasang dan diinstall ke sebuh Printer nah tinggal si Raspberry Pi saja di pasangkan dengan port LAN yang berada di kantor tersebut. Maka komputer lain bisa otomatis memberikan perintah pada komputer mini Raspberry Pi untuk melakukan print kepada printer yang terhubung tersebut. Maka tidak perlu repot untuk mendatangi printer dan colok lepas kabel printer lagi.

Media Server Menggunakan Raspberry Pi

Media Server atau bisa di bilang sebagai bioskop dengan listrik yang lebih hemat dari pada komputer biasa karena kita menggunakan Raspberry Pi cara pemasangannya juga sangat lah mudah kita cukup memasang harddisk eksternal dengan usb ke komputer mini Raspberry Pi dan tinggal kita pasang HDMI atau kabel port layar ke layar tancap yang kita inginkan dengan begitu listrik hemat karena tidak menggunakan komputer atau DVD player dan lainnya yang listriknya itu cukup makan banyak.

Itulah contoh project dengan raspberry pi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat LED Berkedip Menggunakan Arduino

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU