Ramadhan – Susantokun https://www.susantokun.com Situs Edukasi, Tips dan Tutorial Tue, 06 Jun 2017 01:31:36 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.4 Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum https://www.susantokun.com/hal-hal-yang-membatalkan-puasa-selain-makan-dan-minum/ https://www.susantokun.com/hal-hal-yang-membatalkan-puasa-selain-makan-dan-minum/#respond Tue, 06 Jun 2017 01:31:36 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1666 Puasa merupakan keharusan bagi umat Islam karena itu banyak hal yang di larang pada saat puasa tetapi kita belum tahu itu dapat membuat puasa kita batal. Maka dari itu bro kali ini admin posting tentang Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum agar puasa kamu tidak batal karena hal – hal tersebut. …

The post Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum appeared first on Susantokun.

]]>
Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan MinumPuasa merupakan keharusan bagi umat Islam karena itu banyak hal yang di larang pada saat puasa tetapi kita belum tahu itu dapat membuat puasa kita batal. Maka dari itu bro kali ini admin posting tentang Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum agar puasa kamu tidak batal karena hal – hal tersebut.

Yah walau pada saat puasa anak – anak Cuma tahunya ya yang bikin batal puasa hanya makan tetapi tidak ya kalo kamu dah dewasa pasti tahu lah. Nah dari pada lama – lama jadi berikut ini adalah hal – hal yang membatalkan puasa bukan karena makan dan minum tetapi karena :

Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum

1. Nonton film Bok3p membatalkan puasa

Nah hal pertama yang bikin puasa kita batal adalah dengan Nonton film Bok3p. Ya hal ini di karenakan mengkonsumsi (melihat film porno) akan membalkan karena adegan yang merangsang hawa nafsu. Karena itu bro kamu jangan buka folder rahasia mu atau memory card rahasia mu pada saat berpuasa karena bisa bikin batal puasa dan juga gagal konsen. Nah caranya biar gak batal puasa karena film porno yang ada di gadget mu itu kan bro kunci semua file di satu folder dan sembunyikan lalu backup dan minta pacar atau orang terdekat seperti kakak atau emak nyimpannya trus bilang aja ada file penting situ nah kamu bakalan tahan tuh berpuasa tanpa nonton film gitu – gituan. Tapi alangkah bagusnya lagi kan bro kalo dihapus aja semua file – file orang miskin itu dan ubah kesibukan mu dengan hal yang lebih bermanfaat contohnya belajar dan hal lainnya. Ini berlaku untuk pria dan juga wanita.

2. Pacaran juga bikin puasa batal

Pacaran tidak di sarankan di agama Islam tapi nyatanya yah begitu lah. Nah kalo kamu pacaran pada saat berpuasa apa lagi bro udah pacaran salah di tambah lagi pas saat berpuasa karena hawa nafsu meski sedikit saja bisa bikin puasa kamu batal loh bro. Jadi bagi kamu yang berpacaran mending jangan dulu bro pada saat berpuasa dosa tau hehe. Nah mending kamu bilang sama pacar kamu biar stop dulu ketemuan karena bisa bikin puasa batal dan lainnya jadi kalian gak pacaran dalam beberapa lama hingga puasa selesai cukup mudah kan bro… *orang pacaran : Mudah endas mu koe kan jomblo . Waduh pokoknya itulah nomor 2 jangan pacaran pada saat berpuasa. Ini berlaku untuk pria dan juga wanita.

3. BerCiuman dengan lawan jenis dan juga berciuman gay dan lesbi

Idih ciuman coeg euy, pada saat berpuasa ciuman bikin batal bro sedangkan masih bersentuhan dengan hawa nafsu sedikit saja bisa bikin batal ini mah ciuman. Apalagi gay kaya yang kena cyiduk barusan ini pula kaum gay yang di tempat GYM itu loh bro…. Waduh jangan sempet lahkan. Oke berciuman bikin hawa nafsu jadi puasa batal nah cara supaya gak terjadi ya kamu main game saja di rumah kaya GTA, Most Wanted dan lainnya juga lah bro, Pokok e jangan ciuman lah bro dosa karena masih pacaran dan masih bulan puasa apa lagi kamu jomblo bro coba mau ciuman sama siapa ? hehe. Jadi itulah yang nomor ke tiga yang bikin puasa kamu batal selain karena makan dan juga minum. Ini berlaku untuk pria dan juga wanita, lanjut yang ke empat hal – hal yang membatalkan puasa selain makan dan minum.

4. Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Lanjut ke nomor 4 hal – hal yang membatalkan puasa selain makan dan minum adalah Puasa selain dari makan dan minum adalah dengan keluarnya air mani. Ini sering terjadi yah kalo kamu mikir kotor bayang – bayangin yang gak ini lah yang gak itu, pokoknya yang merangsang jangan pikirin itu lah bro. Nah apalagi yang karena colay idih puasa mz tobat. Mengeluarkan air mani = hawa nafsu = puasa batal. Oleh karena itu mari kalian tinggalkan kegiatan tersebut dan carilah kesibukan lainnya yang lebih membangun, menambah informasi, menyenangkan dan juga menghasilkan contohnya ternak lele hehe. Ini hanya berlaku pada pria. Keseringan mengeluarkan air mani bisa bikin stamina cepat habis bro makanya baca juga nih 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa.

5. Keluar darah haid dan nifas

Kalo yang nomor 5 ini sih khusus perempuan ya, bagi kamu yang haid atau nifas dan keluar darah pada saat berpuasa di situlah puasa kamu batal. Kalo ini sih admin tidak tahu cara mengatasinya karena admin laki ya. Nah jadi terserah sobat bagi yang cewe gimana mau mengatasinya. Yah itulah hal yang ke 5 bikin puasa batal bukan karena makan atau minum. Nah ini berlaku hanya untuk wanita.

6. Sengaja muntah

Kalo yang ini sih agak sulit terjadi karena yah siapa coba yang mau sengaja muntah. Karena orang muntah biasanya bro karena sakit atau keracunan makanan. Nah di sini kalo muntah karena tidak di sengaja tidak membatalkan puasa tetapi juga kamu muntah karena sengaja contoh menelan suatu benda mau di muntahkan itu mah batal, sudah menelan benda pas puasa di muntahkan lagi berapa kali coba batalnya bro hehe.

7. Murtad dari Islam

Lanjut dari sengaja muntah sekarang kita membahas batal puasa karena Murtad dari Islam nah itu sih bukan batal lagi bahkan semua pahala yang sudah kamu dapatkan selama hidup ini (mau sebesar apapun) tetap akan di hapuskan oleh ALLAH SWT jadi buat kamu yang pingin tahu kelengkapan tentang point yang ini bisa kamu baca selengkapnya di (Al-An’am:88). Jauhilah hal tersebut agar senantiasa pahalamu tidak di hapus atau di kurangi.

8. Berniat membatalkan puasa

Agak unik dalam hal ini masih berniat sudah batal puasa mu bro. Jadi kalo kamu berniat ingin membatalkan puasa pada saat jam 9 pagi maka pada saat kamu mempunyai niat itu juga contoh berniatnya jam 7 maka di saat itu juga puasa kamu di nyakakan telah batal !. Hal ini sama hukumnya dengan mati syahid yaitu pada saat seseorang ingin bekerja dengan keperluan menafkahi keluarkannya kemudian dia mati saat melakukan pekerjaannya tersebut maka masuk surga lah dia karena sudah berniat baik sebelum dia mati. Jadi gitu juga lah bro dengan niat membatalkan puasa. Maka dari itu jangan batalkan puasamu dengan niat sekecil apapun ya. Agar pahala mu di terima oleh ALLAH dan niscaya kamu masuk surga dan di jauhkan dari panasnya api neraka. AMIN…

Nah itulah sekiranya mengenai : Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum. Thanks bro atas kunjungannya. Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share atau memberikan saran juga komentar pada kolom komentar dan jangan lupa baca Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal.

The post Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/hal-hal-yang-membatalkan-puasa-selain-makan-dan-minum/feed/ 0
7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa https://www.susantokun.com/7-tips-menjaga-stamina-saat-puasa/ https://www.susantokun.com/7-tips-menjaga-stamina-saat-puasa/#respond Sat, 27 May 2017 02:59:30 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1655 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa – Menjaga stamina saat kita sedang melakukan ibadah puasa Bro, memanglah harus di lakukan agar kita tetap senantiasa melakukan puasa mulai dari hari awal hingga hari akhir. Tetapi bagaimana jika hari pertama saja kita sudah tidak ada kekuatan (stamina) untuk berpuasa. Maka dari itu pada artikel kali ini admin …

The post 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa appeared first on Susantokun.

]]>
7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa – Menjaga stamina saat kita sedang melakukan ibadah puasa Bro, memanglah harus di lakukan agar kita tetap senantiasa melakukan puasa mulai dari hari awal hingga hari akhir. Tetapi bagaimana jika hari pertama saja kita sudah tidak ada kekuatan (stamina) untuk berpuasa. Maka dari itu pada artikel kali ini admin memposting tetnang 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa, Sobat pun bisa baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal Agar ibadah puasa kamu full dari awal hingga akhir. Oke langsung saja Inilah Tipsnya :

7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa

1. Jangan sampai Sobat ketinggalan Sahur

Awali puasa dengan sahur dan jangan sampai ketinggalan. Bagaikan mobil tanpa bensin bro gimana mau jalan, bahan bakarnya aja gak ada. Jadi tips pertama adalah dengan Sahur jangan ketinggalan makanya kalo kamu anak kos atau yang tinggal sendiri buat banyak jam alaram dengan waktu berdering yang agak beda contoh : alarm 1 (03:40) alarm 2 (03:45) dan alarm 3 (03:50) nah kalo dengan banyak alarm yang bersahut – sahutan pasti kamu bangun juga. Tapi kalo gak bangun juga gini nih kamu begadang aja dari jam 12 sampai sahur wes gak ketinggalan toh sahurnya hehe. Ya kalo kamu tinggal di rumah orang tua mah masalah itu mudah tinggal bilangin emak aja kalo minta di bangunin nanti pas sahur, pasti di bangunin kecepatan waktunya hehe pengalaman sih kalo di bangunin emak lebih cepat dari waktu yang diminta.

2. Jangan lakukan kegiatan yang terlalu berlebihan

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa yang kedua adalah olahraga iya kan sob, tapi jangan karena itu kamu membatalkan puasa karena terlalu capek dan haus akhirnya motel minuman di warung. Jadi tipsnya gini kalo kamu lagi puasa ya tinggal main permainan yang gak bikin keringatan dan gak lari – larian contohnya main kelereng, main permainan kartu (bukan judi ya), main warnet (jangan buka bokep toh), dan permainan lainnya yang bisa menghibur kamu bro tapi tentunya tanpa mengeluarkan keringat karena kalo kamu keringatan otomatis zat air dari tubuh berkurang itulah namanya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh kalo kamu udah kena gitu maka ya di sarankan untuk minum kalo enggak minum bro bisa – bisa kamu kenak penyakit mulai dari pusing hingga pingsan tuh kaya teman kamu yang upacara itu di gotong gara – gara gak tahan upacara agak mirip sih hehe.

3. Jangan terlalu sering berada di tempat yang panas

Berada di tempat yang panas contohnya di tengah lapanan, di pinggir jalan ber aspal, di tengah pasar dan tempat lainnya lah pokoknya banyak paparan sinar matahari. Jangan sering bro karena dengan kena sinar matahari berlebihan bisa membuat air di tubuh kamu cepat hilang karena harus menyesuaikan suhu di tubuh dengan lingkungan sekitar. Contohnya kita ke pasar pasti belum beberapa lama udah haus aja tuh minta minum nah itu udah minum dan makan dari rumah (contoh pada hari biasa) Apalagi pada saat puasa bekal Cuma makan dan minum dari sahur eh datang ke pasar lagi udah panas dan lapar pasti kombinasi yang pas yang bikin kamu minta batalin puasa apa lagi lihat bukaan di pasar mintanya cepat – cepat bunyi bedug aja hehe. Makanya kalo puasa itu yah di ruangan aja seperti di rumah atau di warnet kan aduh Admin ketawan anak warnetnya. Jadi intinya jangan main panas – panasanlah.

4. Tidur bila kamu sudah melakukan kegiatan yang agak berat

Yang empat adalah dengan Tidur selain mempercepat waktu untuk menunggu bedug berbunyi bisa juga untuk mengehemat energi agar tidak batal dalam berpuasa. Tetapi pastikan dulu sob jangan dari awal pagi hingga akhir sore kamu tidur nanti bisa lemas loh soalnya pengalaman admin gitu tidur dari pagi di paksakan sampai sore hari eh bukannya enak malah jadi lesuh badan padahal udah makan tapi kayak pegal dan susah bergerak gitu. Jadi bro kamu tidur pas siang hari saja contohnya jam – jam 1 atau jam 2 nanti kan bikin alarm biar bangun pas bedug. Selai itu kamu bisa juga hanya golek – golek di tempat tidur entah main hp gitu buka sosmed dan serching internet (tapi jangan buka bokep). Dengan begitu kamu gak malas – malasan banget apalagi sampai batalin puasa kan bro, lanjut ke Tips Menjaga Stamina Saat Puasa yang ke tiga.

5. Makan – makanan yang bergizi saat Sahur dan berbuka

Sering nih terjadi pas sahur bekal sampek sore Cuma makan mie saja, waduh gimana tahan ya kan bro. Makanya kalo sahur itu makan – makanan berat contohnya nasi goreng kek, nasi padang, semur jengkol atau apalah makan berat lainnya yang bisa bikin kita tahan berpuasa dari sahur hingga berbuka. Biasanya sih admin beli makan ke warung atau tempat catering gitu beli makan soalnya malas masak kalo masih gelap gitu sekaligus hemat energi biar tahan puasa nanti. Tapi pas sorenya nah barulah masak – masak dengan begitu bro waktu kalian akan lebih cepat terasa, eh tau – tau habis masak udah bedug saja ya kan.

6. Mengkonsumsi Multi Vitamin sesuai dengan anjuran dokter

Kalo kamu kurang darah atau faktor lainnya silahkan minum atau mengkonsumsi Multi Vitamin sesuai dengan anjuran dokter. Contohnya kamu kurang darah ya minumlah vitamin tambah darah saat sahur dan berbuka biar badan kamu tahan pas puasa. Apalagi banyak nih Orang dewasa yang sering minum vitamin biar tahan pas kerja trus kenapa kamu enggak ? Minta aja vitamin sama orang tua mu bro. Bilang aja lesuh nah dengan begitu tambah dah persenjataan untuk puasa nantinya badan strong dan tidak lesuh –lesuh. Tapi jangan pula kamu over dosis bro makan vitamin bukan seperti makan kerupuk yang bisa sesuka hati entar kamu malah jadi sakit dan di larikan ke rumah sakit akibat over dosis, bukannya tahan puasa malah jadi membatalkan puasa ya kan.

7. Kurangi waktu kamu melihati makanan dan minuman

Wah bukaan padalah masih 3 jam lagi berbuka eh udah lihatin aja. Nah jangan lihatin bukaan puasa bro mending kalian main game saja atau bantu emak di dapur biar bawaan tidak lemas saat puasa minta mau batalin puasa saja. Dengan kalian bantu orang tua ya tambah pahala + maikn di sayang emak + jadi pintar dalam banyak bidang. Jadi intinya bro kalo kamu lihatin makanan aja pas puasa nanti jadi lemas lah gak tahan mau berpuasa…

Nah itulah sekiranya mengenai : 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa. Thanks bro atas kunjungannya, Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share atau memberikan saran juga komentar pada kolom komentar.

The post 7 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/7-tips-menjaga-stamina-saat-puasa/feed/ 0
Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal https://www.susantokun.com/cara-menjaga-puasa-agar-tidak-batal/ https://www.susantokun.com/cara-menjaga-puasa-agar-tidak-batal/#comments Fri, 19 May 2017 23:35:41 +0000 https://www.susantokun.com/?p=1645 Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal – Puasa merupakan kewajiban umat Islam yang patut di Laksanakan, Saat kita berpuasa kita mendapatkan banyak cobaan maka dari itu kita harus dapat menolak ajakan untuk membatalkan puasa tersebut. Entah dari makanan atau dari perbuatan setan yang pantang di lakukan saat kita berpuasa ya memang yang paling banyak adalah …

The post Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal appeared first on Susantokun.

]]>
Cara Menjaga Puasa Agar Tidak BatalCara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal – Puasa merupakan kewajiban umat Islam yang patut di Laksanakan, Saat kita berpuasa kita mendapatkan banyak cobaan maka dari itu kita harus dapat menolak ajakan untuk membatalkan puasa tersebut. Entah dari makanan atau dari perbuatan setan yang pantang di lakukan saat kita berpuasa ya memang yang paling banyak adalah dari perbuatan setan ini sih menurut Admin karena sering pengalaman dari dulu tuh. Baca juga nih doa niat saat hari pertama puasa Doa Hari Pertama Puasa dan juga Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir.

Nah walaupun begitu kita harus menjalankan ibadah puasa ini dengan baik, tanpa adanya hari di mana kita membatalkan puasa. Tetapi jika kita memang sakit waktu puasa bro ya di anjurkan untuk membatalkan puasa karena tidak mungkin tubuh kita tahan terhap hal tersebut dan jika tetap kita paksakan akan berakibat penyakit jadi sama saja tidak sayang pada tubuh. Oleh karena itu inilah beberapa tips atau Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal yaitu :

Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal

1. Menghabiskan waktu dengan bermain warnet

Cara yang pertama Sob adalah dengan Menghabiskan waktu dengan bermain warnet karena saat di warnet kita pasti merasakan bahwa waktu begitu cepat karena asiknya bermain game apalagi WAR entah game apa gitu kaya PB, DOTA2, CS GO dan lain – lain sama teman – teman di sana. Tetapi jangan buka yang aneh – aneh ya nanti malah puasa batal hehe. Sehabis pulang dari warnet kita bisa langsung mandi dengan muka yang fres baru mandi tentunya dan bedug pun berbunyi yah waktunya makan. Cukup menyenangkan apabila di warnet tempat kamu main banyak yang seumuran apalagi game yang di mainkan sama ya.

2. Menonton FILM yang sudah di persiapkan untuk puasa

Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal  yang kedua adalah menonton FILM juga bisa mempercepat waktu menunggu dengan menyenangkan karena banyak hiburan yang bisa kita dapatkan dari sana seperti adegan action, romantis dan lain – lainnya. FILM yang biasa admin tonton yaitu FILM Action dan juga FILM Anime walau pun begitu kita harus tepat dalam memilih gendre film yang akan kita tonton nantinya jangan tentang kejahatan atau pun tentang Iya Yuo Know Lah film orang dewasa. Karena dengan melihat adegan tersebut bisa membuat puasa batal contohnya dengan melampiaskan pada suatu hal yang berakibat pada puasa yang batal. Jadi pilih – pilih film yang untuk di tonton ya Sob. Itulah cara yang kedua agar tidak batal puasa yaitu dengan : Menonton FILM yang sudah di persiapkan untuk puasa.

3. Membantu orang tua menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka

Lanjut ke point berikutnya yaitu dengan membantu orang tua, mulaidari membantu menyiapkan makanan, membantu mencuci piring, membantu mencuci baju atau hanya sekedar memasak air saja dan ada banyak hal yang bisa kita bantu juga bisa kita dapat dari hal tersebut yaitu : mendapat pahala + mempererat hubungan antara orang tua dengan kita sebagai anak + mempercepat persiapan untuk berbuka puasa nantinya, mempercepat pekerjaan lainnya + menambah ilmu memasak dan mencuci. Jadi bro yang satu ini bisa kita dapat 3 in 1 dengan begitu admin sangat menyarankan yang satu ini untuk kalian lakukan saat menunggu berbuka puasa sudah banyak pahala, bisa dapat ilmu memasak dan juga orang tua kamu senang loh bro. Yah tetapi walaupun begitu ada juga hal yang bisa membuat batal puasa di situ yaitu saat kita melihat makan yang akan di sajikan membuat ngiler dan jika iman kurang kuat kita bisa batal puasa jadi intinya tingkatkan iman agar tidak di goda oleh sirup marjan dan sapi rendang hehe.

4. Kerjalah bagi yang punya kerjaan tetapi tetaplah puasa

Walau kita puasa kita harus tetap bekerja (bagi orang dewasa) karena saat kita bekerja sambil berpuasa pahala kita akan bertamabah berkali – kali lipat dari situ Bro. Nah jadi tidak ada halangan untuk membatalkan puasa karena kita bekerja jadi yang pertama kita harus mengawali puasa dengan semangat dari awal hingga akhir. Jangan membatalkan puasa karena bekerja saja yah karena anak kecil atau bocah ingusan saja bro sudah bisa puasa nah kamu yang sudah dewasa masa tidak bisa melakukannya hehe. Makanya sahur jangan makan dikit biar kuat puasa dan kerjanya. Nah itulah cara yang ke emapt yang bisa admin sampaikan yaitu dengan : Kerjalah bagi yang punya kerjaan tetapi tetaplah puasa.

5. Mengerjakan PR atau belajar bagi siswa dan mahasiswa

Nah cara yang kelima bisa admin sarankan yaitu dengan Mengerjakan PR atau belajar bagi siswa dari situ kita bisa, Menambah ilmu dengan belajar dan juga mengerjakan PR dapat membuat waktu yang kita jalani pada saat berpuasa terasa cepat dan menyenangkan (bagi orang pintar). Karena kita bisa menambah ilmu + selesai PR + Tambah pahala puasa. Bisa juga dengan kita membuat kerja kelompok di rumah dengan begitu kita bisa bersama teman agar tidak membosankan. Dan juga hemat makanan karena saat puasa bro jadi gak perlu menghidangkan makanan pada tamu yah asek hemat broo hehe.

6. Menjauhi hal – hal yang mengundang hawa nafsu

Menjauhi makanan yang bisa membuat puasa batal, menghindari menonton film dewasa, menghindari teman – teman yang sering batal dalam menjalankan puasa, dengan begitu kita bisa terhindar dari membatalkan puasa. Maka dari itu sering lah berdoa dan meminta agar di kuatkan untuk menjauhi segala larangan pada saat kita berpuasa dengan begitu puasa akan mudah untuk di jalankan maka banyak pahala yang bisa kita dapatkan dari itu semua. Menjauhi hal – hal yang mengundang hawa nafsu adalah cara yang paling ampuh agar puasa tidak batal karena banyak hal yang mudah memicu kita untuk membatalkan puasa. Berikutnya Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal yang ke 7.

7. Jangan terlalu banyak olah raga pada saat berpuasa

Saat berpuasa jangan terlalu banyak olah raga, bisa – bisa puasa kita batal karena kita membutuhkan banyak asupan energi dari makanan. Silahkan duduk – duduk saja atau tidur – tiduran dengan begitu kita tidak mengeluarkan banyak kalori agar puasa bisa tahan hingga waktunya berbuka puasa. Jadi intinya jangan banyak kegiatan agar tahan berpuasa.

8. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan

Yang terakhir agar kita tidak membatalkan puasa yaitu dengan Jangan lupa untuk menjaga kesehatan, karena orang yang sakit pastinya tidak puasa bisa – bisa kalo dia berpuasa malah tambah penyakit baru ya. Maka dari itu selagi kita sehat bro jaga lah tubuh agar tidak sakit dengan begitu kita dapat menjalankan puasa dengan hikmat dan juga tanpa ada halangan dari penyakit, jangan lupa mandi karena banyak penyakit yang berawal dari badan yang tidak bersih dari serangan kuman – kuman.

Nah itulah sekiranya mengenai : Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal. Thanks bro atas kunjungannya, Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share atau memberikan saran juga komentar pada kolom komentar.

The post Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/cara-menjaga-puasa-agar-tidak-batal/feed/ 2
Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri Arab dan Latin beserta Artinya https://www.susantokun.com/doa-niat-shalat-idul-adha-dan-idul-fitri/ https://www.susantokun.com/doa-niat-shalat-idul-adha-dan-idul-fitri/#respond Mon, 06 Mar 2017 00:36:00 +0000 https://susantokun.com/2017/03/06/doa-niat-shalat-idul-adha-dan-idul-fitri-arab-dan-latin-beserta-artinya/   Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya – susantokun. Assalammualaikum wr wb, sebagai lanjutan dari Doa Hari Pertama Puasa dan juga Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya saya posting juga nih Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri Arab dan Latin beserta Artinya lengkap deh. Dan jangan lupa …

The post Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri Arab dan Latin beserta Artinya appeared first on Susantokun.

]]>
 Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri

Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya – susantokun. Assalammualaikum wr wb, sebagai lanjutan dari Doa Hari Pertama Puasa dan juga Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya saya posting juga nih Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri Arab dan Latin beserta Artinya lengkap deh.

Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi www.susantokun.com bagi para pelajar dan mahasiswa khususnya mahasiswa ilmu komputer karena disini temanya adalah edukasi, jika ada yang mau diminta bisa langsung menuju Tempat Request atau bisa langsung kirim via email admin@susantokun.com.

Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri

Do’a Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri sebagai IMAM

Arab: أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين إماما للة تعالي
Idul Adha Latin: Ushalli sunnatan li’idil adha rok’ataini imaman lillahi ta’ala
Idul Fitri Latin: Ushalli sunnatan li’idil fitri rok’ataini imaman lillahi ta’ala
Artinya: “Niat shalat sunnah Idul Adha / Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah.”

Do’a Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri sebagai MAKMUM

Arab: أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين مأموما للة تعالي
Idul Adha Latin: Ushalli sunnatan li’idil adha rok’ataini makmuman lillahi ta’ala
Idul Fitri Latin: Ushalli sunnatan li’iidil fitri rok’ataini makmuman lillahi ta’ala
Artinya: “Niat shalat sunnah Idul Adha / Fitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah.”

The post Doa Niat Shalat Idul Adha dan Idul Fitri Arab dan Latin beserta Artinya appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/doa-niat-shalat-idul-adha-dan-idul-fitri/feed/ 0
Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya https://www.susantokun.com/doa-niat-shalat-tarawih-dan-witir/ https://www.susantokun.com/doa-niat-shalat-tarawih-dan-witir/#respond Mon, 06 Mar 2017 00:19:00 +0000 https://susantokun.com/2017/03/06/doa-niat-shalat-tarawih-dan-witir-arab-dan-latin-beserta-artinya/ Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya – susantokun. Assalammualaikum wr wb, Sebagai lanjutan dari Doa Hari Pertama Puasa saya posting juga nih Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya lengkap deh. Biasanya suka lupa gitu niat buat shalat tarawih dan witir jadi lebih baik dicek dan dipahami kembali. …

The post Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya appeared first on Susantokun.

]]>
Ramadhan

Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya – susantokun. Assalammualaikum wr wb, Sebagai lanjutan dari Doa Hari Pertama Puasa saya posting juga nih Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya lengkap deh. Biasanya suka lupa gitu niat buat shalat tarawih dan witir jadi lebih baik dicek dan dipahami kembali. Semoga dibulan suci ini bisa lebih baik dan lebih menjadi manusia positif, amin.

Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi www.susantokun.com bagi para pelajar dan mahasiswa khususnya mahasiswa ilmu komputer karena disini temanya adalah edukasi, jika ada yang mau diminta bisa langsung menuju Tempat Request atau bisa langsung kirim via email admin@susantokun.com.

Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir

Doa Niat Shalat Tarawih 2 Rakaat

Arab: َأُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا/إِمَامًا للهِ تَعَالَى
Latin: “Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa”
Artinya: “Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala”

Do’a Niat Shalat Witir 2 Rakaat

Arab: ﺃﺻﻠﻰ ﺳﻨﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
Latin: “Usholli sunnatal witri rak’ataini mustaqbilalqiblati (ma’muman/imaaman) lillahi ta’ala”
Artinya: “Aku niat sholat sunnat witir 2 roka’at karena Allah Ta’ala”

Doa Niat Shalat Witir 1 Rakaat

Arab: ﺃﺻﻠﻰ ﺳﻨﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﺭﻛﻌﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
Latin: “Usholli sunnatal witri rak’atan mustaqbilalqiblati (ma’muman/imaaman) lillahi ta’ala”
Artinya: “Aku niat sholat sunnat witir satu roka’at karena Allah Ta’ala”

The post Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Arab dan Latin beserta Artinya appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/doa-niat-shalat-tarawih-dan-witir/feed/ 0
Doa Hari Pertama Puasa https://www.susantokun.com/doa-hari-pertama-puasa/ https://www.susantokun.com/doa-hari-pertama-puasa/#respond Sun, 05 Mar 2017 23:54:00 +0000 https://susantokun.com/2017/03/05/doa-hari-pertama-puasa/ Doa Hari Pertama Puasa – susantokun. Assalammualaikum wr wb, karena beberapa bulan lagi bagi yang muslim akan melaksanakan ibadah pada bulan suci ramadhan maka dari itu saya share nih doa hari pertama saat ramadhan, jadi dari sekarang bisa baca dan pahami dulu agar nanti bisa lebih barokah saat menjalankan ibadah puasa, amin. Dan jangan lupa untuk selalu …

The post Doa Hari Pertama Puasa appeared first on Susantokun.

]]>
Doa Hari Pertama Puasa

Doa Hari Pertama Puasa – susantokun. Assalammualaikum wr wb, karena beberapa bulan lagi bagi yang muslim akan melaksanakan ibadah pada bulan suci ramadhan maka dari itu saya share nih doa hari pertama saat ramadhan, jadi dari sekarang bisa baca dan pahami dulu agar nanti bisa lebih barokah saat menjalankan ibadah puasa, amin.

Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi www.susantokun.com bagi para pelajar dan mahasiswa khususnya mahasiswa ilmu komputer karena disini temanya adalah edukasi, jika ada yang mau diminta bisa langsung menuju Tempat Request atau bisa langsung kirim via email admin@susantokun.com.

Doa Hari Pertama Puasa

Arab: اَللّهُمَّ اجْعَلْ صِيامي فيهِ صِيامَ الصّائِمينَ وَ قِيامي فيِهِ قِيامَ القائِمينَ ، وَ نَبِّهْني فيهِ عَن نَوْمَةِ الغافِلينَ ، وَهَبْ لي جُرمي فيهِ يا اِلهَ العالمينَ ، وَاعْفُ عَنّي يا عافِياً عَنِ المُجرِمينَ .

Latin: Allaahummaj’al shiyaamii fiihi shiyaamash shaa-imiin, Wa qiyaamii fiihi qiyaamal qaa-imiin, Wa nabbihnii ‘an naumatil ghaafiliin, Wahablii jurmii fiihi yaa ilaahal ‘aalamiin, Wa’fu ‘annii yaa ‘afiyyan ‘anil mujrimiin

Artinya: “Yaa Allah! Jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa. dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. dan jauhkan aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku … Wahai Tuhan Sekalian Alam, dan ampunilah aku, Wahai Pengampun Para Pembuat Dosa. Aamiin ya robbal alamiin.”

The post Doa Hari Pertama Puasa appeared first on Susantokun.

]]>
https://www.susantokun.com/doa-hari-pertama-puasa/feed/ 0