Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot

Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot

Dipublikasikan 8 April 2021 6:00 AM

Kenapa sinyal xl tiba-tiba sering hilang? Bagaimana cara agar sinyal xl stabil dan lancar? Berikut adalah cara mengatasi sinyal xl 4g lemot 2021. Bagi Anda pengguna kartu XL Axiata mungkin masalah sinyal jelek, lambat, busuk, lag saat bermain game dan lain sebagainya pernah atau sedang Anda alami, maka pada artikel ini akan dibahas faktor apa saja dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi yang sering lag dan sinyal xl lemot main mobile legend dimana saat pagi sampai pukul 9 malam ping rata-rata 120 namun saat larut malam ping kembali normal kisaran 40 – 80.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Sinyal XL Buruk

Dalam kasus ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi sinyal XL lambat atau buruk, berikut adalah informasi selengkapnya.

Koneksi Internet di Tiap Lokasi

Perlu Anda ketahui bahawa kecepatan koneksi internet di tiap lokasi berbeda-beda, baik itu menurut wilayah ataupun keadaan sekitar. Jika Anda berada di hutan tentu saja koneksi internet akan sulit untuk dijangkau sehingga menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat, hal ini saya tidak dapat berbuat apa-apa karena memang masalah jangkauan yang dimiliki dari tiap provider. Perhatikan juga lokasi sekitar Anda apakah terhalang oleh tembok beton atau sejenisnya, karena menurut pengalaman saat saya berada di dalam kamar mandi koneksi internet menjadi lebih lambat.

Paket Internet Yang Digunakan

Banyak paket yang ditawarkan dari kartu XL seperti HOTROAD, COMBO, COMBO VIP dan sebagainya. Menurut pengalaman pribadi paket yang paling mantap adalah COMBO VIP karena memiliki kualitas dan kecepatan jaringan yang lebih baik meskipun tidak terlalu signifikan.

Sedang Gangguan atau Perbaikan (maintenance)

Ketika kuota internet dan paket data sudah aktif namun koneksi internet masih lambat yang biasanya lancar-lancar saja kemungkinan besar memang ada gangguan atau sedang maintenance dari provider yang bersangkutan. Ciri-ciri yang sering terjadi saat maintenance adalah tidak dapat terhubung ke jaringan internet.

Perangkat Yang Digunakan

Perangkat yang digunakan berpengaruh terhadap koneksi internet, karena pada setiap perangkat (dalam hal ini bisa handphone atau penerima jaringan wifi) memiliki batas kecepatan koneksi yang dapat diterima.

Sering terjadi kasus dengan pertanyaan “sinyal xl mama ko lemot?”, “ini ko gk mau kebuka ya?”, “ko youtubenya error?”. Mungkin Anda sebagai anak atau orang yang ditanya silakan Anda cek terlebih dahulu handphone mama atau papa atau siapapun itu apakah memang memadai atau kurang dan jelaskan dengan santai.

Cuaca Buruk

Faktor cuaca kadang kala berpengaruh terhadap koneksi internet, menurut pengalaman pribadi ketika cuaca sedang hujan deras yang disertai dengan angin dan petir menyebabkan koneksi dan sinyal menurun.

Cara Mengatasi Sinyal XL 4G Lemot 2021

Terdapat beberapa opsi untuk mengatasi sinyal xl yang lemot atau hilang, silakan lakukan beberapa pilihan berikut guna meningkatkan koneksi internet Anda.

Mengatur APN XL (Recommended)

Pengaturan APN sangat berpengaruh terhadap koneksi internet, ketika saya mengatur APN ping saat bermain game menjadi lebih baik dibandingkan saat menggunakan pengaturan bawaan. Ini adalah cara yang saya rekomendasikan ketika Anda mengalami hal yang sama, silakan baca artikel tentang Cara Setting APN XL 4G Tercepat untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Gunakan Mode Pesawat

Ketika mengatur APN masih saja tidak sesuai dengan harapan maka silakan Anda lakukan mode pesawat sejenak kemudian aktifkan kembali, karena saya pun sering melakukan cara ini ketika tiba-tiba sinyal xl hilang.

Restart Handphone

Meskipun ini adalah cara yang paling klise, namun tidak bisa dipungkiri bahwa me-restart handphone kadang menjadi solusi untuk mengatasi masalah sinyal XL yang hilang. Kasus ini sering terjadi ketika handphone orang tua saya tidak dapat terkoneksi dengan internet, entah masalahnya apa tapi ketika di restart koneksi internet berjalan seperti sedia kala.

Itulah cara mengatasi sinyal xl 4g lemot yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

susantokun avatar
susantokun
Hanya seorang programmer yang fokus di bidang web development. Tidak nyaman dengan keramaian dan suka akan keindahan.
Kebijakan Berkomentar :
1. Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.2. Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).