Home / Android / Cara memilih Platform yang akan dikembangkan

Cara memilih Platform yang akan dikembangkan

Cara memilih Platform yang akan dikembangkanCara memilih Platform yang akan dikembangkan. Smartphone adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang terkoneksi ke internet (IoT), dengan smartphone kita bisa melakukan sesuatu asal terkoneksi dengan internet. Hampir semua orang sudah mempunyai smartphone, bisa digunakan untuk mengedit gambar, video, dan lain sebagainya.

Artikel ini adalah hasil dari catatan saya ketika presentasi dosen mata kuliah mobile programming Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor oleh Bpk. Muhamad Nurul Ishlah, M.Comp. Jadi tidak sama persis dengan apa yang dijelaskan, karena tujuan utama adanya situs ini untuk mengulas kembali pembelajaran yang telah dilakukan. Menulis sekalian belajar, karena dengan adanya situs ini jadi lebih semangat menulis dan sekalian belajar juga :P.

Smartphone pertama adalah merk Motorola dengan berat 2 pon, sedangkan handphone digital pertama dari motorola juga dengan klip pada casingnya, bisa dilihat pada gambar diatas itu merupakan timeline dari handphone dari masa ke masa secara garis besar.

Cara memilih platform yang akan dikembangkan :

  1. Pengguna, dimana lokasi yang paling dominan yang menggunakan platform tersebut, karena disetiap lokasi belum tentu sama pengguna yang menggunakan dan mendominasi platform tersebut
  2. Masa depan, perkirakan masa depan yang akan terjadi agar nanti sobat tidak salah pilih dalam mengembangkan platform pilihan sobat
  3. Kebutuhan, seberapa besar kebutuhan sobat akan mengembangkan salah satu dari beberapa platform
  4. Tools, karena disetiap platform akan berbeda tools atau alat yang digunakan. Sanggup atau tidak untuk menunjang pengembangan platform tersebut.

Adapun faktor – faktor lainnya yang dapat dijadikan pertimbangan untuk Cara memilih Platform yang akan sobat dikembangkan.
Faktor lain :

  1. Mempertimbangkan kemampuan device (contohnya: Android, Xiaomi, Lenovo, dan sebagainya)
  2. Faktor uang yang dihasilkan, perlu diketahui bahwa meskipun Android mempunyai market share yang banyak tapi uang yang dihasilkan IOS lebik banyak
  3. Kemampuan membeli pasar pada lokasi tertentu karena ada yang mananya skala prioritas.

Cara memilih Platform yang akan dikembangkan sedikit mengulas, bahwa memang yang memegang pasar terbesar saat ini adalah Android namun dalam hal uang yang dihasilkan IOS yang lebih banyak. Karena ada beberapa alasan kenapa masih banyak pengguna yang menyukai IOS dan berani membayar aplikasi – aplikasinya. Maka bagi para developer yang mempunyai fasilitas memadai sangat disarankan jika mengembangkan di IOS.

Berikut adalah kesimpulan dari pertemuan pertama mata kuliah mobile programming :

  1. Tiga platform utama smartphone saat ini adalah : Apple iOS, Google Android, dan Ms Windows.
  2. Setiap Platform memiliki SDK sendiri. sebuah IDE yang terintegrasi adalah tool programming yang membungkus fitur-fitur SDK menjadi user-friendly environment.
  3. Pengguna semakin sedikit yang menggunakan peralatan khusus untuk mengerjakan setiap pekerjaan.
  4. Native App adalah sebuah app yang dibangun khusus untuk satu arsitektur platform.
  5. Aplikasi web ditulis dengan menggunakan HTML, CSS, dan Javascript.
  6. Android, iOS, Win Phone memiliki kemampuan untuk menjalakan aplikasi web melalui Web Browser
  7. PhoneGap adalah cross-platform tool yang dapat digunakan untuk membuat native apps untuk Androd dan iOS menggunakan packaging Web Applications.
  8. Sebuah smartphone adalah sebuah komputer genggam yang terintegrasi dengan telepon selular yang dapat menjalankan aplikasi secara native dibawah OS.
  9. Tujuan utama dari Java pada setiap lingkup termasuk Java ME adalah untuk memungkinkan pengembang membuat sebuat aplikasi dengan Java
  10. Development Stack dan menyebarkan di dalam virtual machine yang tersedia pada hampir setiap platform.
  11. A virtual machine is a collection of resources that enables programs to run applications on a host OS.
  12. Sebuah virtual machine adalah koleksi dari resource yang memungkinkan program untuk menjalankan aplikasi pada sebuah OS.
  13. IBM dan BellSouth memperkenalkan smartphone pertama – simon tahun 1994
  14. Tahun 2007 Apple meluncurkan iPhone pertama, tahun 2008 SDK untuk mengembangkan aplikasi untuk pihak ketiga diluncurkan bersamaan dengan App Store
  15. Google merilis Android dan SDK nya tahun 2008 beserta Android market
  16. Microsoft merilis Windows Phone 7 tahun 2010
  17. Pembaharuan Software Android dirilis berdasarkan pembuat Handsetnya dan layanan Carriers dan diperoleh melalui jaringan nirkabel. Sedangkan Apple update melalui iTunes.

Mungkin untuk pembahasan selanjutkan akan lebih focus ke platform Android dibandingkan dengan yang lain, karena kondisi dan situasi. Baik itu dalam pribadi yang hanya mempunyai Android dan pembahasan pada mata kuliah mobile programmign pun lebih difocuskan pada paltform Android, sobat bisa melihat – lihat terlebih dahulu tentang Android Studio pada situs resminya di Developer Android.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

thumbail Form Mahasiswa Menggunakan Layout Di Android Studio

Cara Membuat Form Mahasiswa di Android Studio Bagian 1

Cara Membuat Form Mahasiswa di Android Studio Bagian 1 – Membuat layout atau tampilan inteface …

error: Content is protected !!