Home / Android Studio / Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio

Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio

Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android StudioCara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio – Pada hari minggu sore ini saya akan memberikan tutorial bagaimana agar ketika isian atau textfield (EditText) pada suatu form aplikasi tidak diisi maka akan muncul peringatan bahwa isian tersebut belum diisi dan harus diisi, itulah yang dimaksud dengan validasi pada artikel Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio ini. Sebagai gambarannya sobat bisa lihat lebih teliti lagi pada gambar dibawah maka sobat akan menemukan EditText yang ada tanda seru dan bertuliskan “Harap isi NPM Anda”.

Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio

Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio

  1. Buka project terdahulu yang pada artikel Cara Membuat Form Mahasiswa di Android Studio Bagian 1 dan dilanjutkan dengan Cara Membuat DatePicker di Android Studio atau sobat bisa buka project sobat sendiri, jika belum punya softwarenya sobat bisa download di situs resminya Download Android Studio
  2. Pada FormMahasiswa.java sobat tambahkan if pada pengaturan ketika diklik simpan, bisa dilihat pada codingan dibawah :
    Jangan lupa untuk memberikan tanda tutup untuk else } setelah code untuk menampilkan hasil
  3. Saya pun menambahkan fungsi toast sebagai informasi ketika data berhasil dimasukkan atau diinput maka akan ada notifikasi pembritahuan seperti pada gambar dibawah :
    Cara Membuat Toast Notifikasi Pemberitahuan Berhasil Diinput
  4. Kemudian silakan cek pada perangkat sobat

Nah itulah artikel tentang Cara Membuat Validasi Pada EditText di Android Studio yang dapat saya sampaikan, semoga bisa membantu sobat dalam memperdalam ilmu tentang Android Studio. Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang dimengerti tentang tutorial pada artikel ini sobat bisa langsung komentari dan berikan pertanyaannya maka dengan senang hati saya akan mencoba membantu sobat. Untuk mengetahui informasi terupdate dari susantokun khususnya tentang Android Studio sobat bisa berlangganan artikel dengan memasukan email sobat yang berada di bagian bawah situs ini yaitu Langganan Artikel, terima kasih dan semoga sobat bertambah ilmunya dan dapat bermanfaat bagi bangsa ini.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Contoh soal dan jawaban mobile programming

Contoh soal dan jawaban mobile programming. Seperti pada postingan contoh – contoh soal dan jawaban …

error: Content is protected !!