Home / Android Studio / Cara Membuat Pilihan Otomatis Pada Radio Button di Android Studio

Cara Membuat Pilihan Otomatis Pada Radio Button di Android Studio

Cara ini digunakan ketika pada radio grup yang berisi radio button tidak dipilih maka akan terjadi error force blose atau bug yang bertuliskan “Sayangnya, Form Mahasiswa telah berhenti. Kirim laporan bug ke Mi untuk dianalisa? …..” nah maka dari itu sobat bisa gunakan Cara Membuat Pilihan Otomatis Pada Radio Button di Android Studio ini sebagai cara mengatasi error force close bug pada radio button tersebut.

Cara Mengatasi Error Force Close Pada Radio Button Android Studio

Mungkin jika itu terjadi pada EditText sobat bisa gunakan cara yang telah saya buat artielnya di Cara Membuat Validasi Paa EditText di Android Studio maka edittext tersebut akan memberikan peringatan bahwa isian tersebut harus diisi, bagaimana jika kasusnya pada radio button bagaimana? Nah cara mengakalinya adalah dengan memberikan perintah otomatis terisi atau membuat pilihan otomatis pada radio button tersebut sehingga error tidak akan muncul seperti yang akan saya jelaskan pada artikel Cara Membuat Pilihan Otomatis Pada Radio Button di Android Studio ini. Bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah, sobat tinggal berikan codingan pada RadioButton hanya dengan 1 baris codingan saja yaitu android:checked=”true”. Berikut adalah codingan lengkap pada RadioGrup yang telah saya buat dari artikel Cara Membuat Form Mahasiswa di Android Studio Bagian 1

Maka tampilan yang akan terjadi adalah radiobutton pada laki – laki akan secara otomatis terpilih atau terceklis, begitupun ketika sobat pindahkan coding tersebut ke bagian perempuan maka radio button peremuanlah yang akan otomatis terceklis atau terpilih, untuk gambarannya sobat lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Pilihan Otomatis Pada Radio Button di Android Studio

Bisa sobat lihat bahwa ketika aplikasi dijalankan pada bagian Jenis Kelamin pilihan Laki – laki otomatis tercentang dan ini sangat berguna untuk memaksimalkan aplikasi yang akan digunakan, karena setelah saya coba yang membuat error itu hanyalah ketika radio button tidak diisi namun ketika npm, nama, kelas, tempat lahir, tanggal lahir tidak diisi aplikasi masih tetap bisa dijalankan dan data berhasil disimpan meskipun tidak ada isinya.

Nah bagaimana? Sangat mudah kan. Sebenarnya ketika sobat tau fungsi dari setiap coding di Android Studio maka semuanya akan mudah, tinggal memainkan logika saja bagaimana memaksimalkan aplikasi yang akan sobat buat. Maka dari itu jika sobat memang berminat dalam dunia Android khsusnya menggunakan software Android Studio maka perbanyaklah ngulik dan searching untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu yang banyak, itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Pilihan Otomatis Pada Radio Button di Android Studio jangan lupa iktui terus artikel – artikel terbaru yang setiap hari selalu update.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Contoh soal dan jawaban mobile programming

Contoh soal dan jawaban mobile programming. Seperti pada postingan contoh – contoh soal dan jawaban …

  • Pengen belajar nih aku, belum instal android studionya juga.
    Betul sih, kalau yang udah paham souc kodenya pasti akan mudah, tinggal main logika.

    Oh ya, Mas. Untuk instal android studio ada batasan RAM nya di lalptop kah ?
    Harus berapa gitu ?

    • silakan diinstal aja kang langsung download di situs resmi android studionya, ada kang RAM minimal 3 GB tapi rekomendasi dari AS nya sih 8GB, saya kalau mainan di laptop suka lemot hehehe tapi kalau di PC yang RAMnya 8GB cepet banget pas buat yang gasuka nunggu lama – lama.

      • Terkadang aku kendalanya disitu Mas, harus update RAM atau gak laptopnya..hehe

        Temanku dipaksain yang 2 aja kasihan, lemot banget. Kalau udah 8GB terus di komputer itu lebih jos ya, Mas..

        • iya kebanyakan memang itu kendalanya kang, makanya sebagian orang lebih memilih pake eclipse dibanding android studio karena ukurannya yang beda jauh meskipun fiturnya lebih lengkap menggunakan android studio hehehe

          • Iya sih, kelebihan dari aplikasi memang tidak membohongi tempatnya juga, alias RAMnya harus memadai, tapi aku sendiri jangan maksain dulu. Selagi bisanya pake yang ini, misal eclipse ya gak apa-apa. Sembari belajar juga..hehe

          • iya kang, mantap 😀

  • Saya skip mas. Nunggu artikel selanjutnya untuk dikomentarin. Agak mumet liat kodenya 😀

    • waduh bisa gitu, yaudah siap kang terima kasih sudah menjadi teman setia blogging saya 😀

error: Content is protected !!