Home / CodeIgniter / Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter

Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter

Cara Membuat Multi Login di CodeIgniterCara Membuat Multi Login di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali lagi bersama saya susantokun kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter, namun akan ditambahkan pula beberapa fitur yang mantap, yakali gamantap la kampret. Dalam membuat suatu website tentu harus ada yang namanya backend atau seseorang yang bisa mengubah isi dari frontend. Biasanya seorang backend harus mempunyai hak akses dalam mengelola website tersebut, hak akses dalam suatu website biasanya berbentuk form login dengan berbagai macam keamanan yang digunakan, misalkan dalam tutorial kali ini untuk password saat login menggunakan hash agar lebih aman karena hash ini termasuk enkripsi satu arah,  maka dari itu pada tutorial kali ini tentang Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter akan di jelaskan dari awal sampai akhir dari langkah ke 1 – ke 20.

Berikut adalah fitur yang terdapat di Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter :

  • Telah terintegrasi dengan Template AdminLTE-2.4.3
  • Multi user / multi login
  • Status untuk user yang aktif dan tidak aktif
  • Animasi saat password salah, email tidak terdaftar, dan akun tidak aktif
  • Menggunakan keamanan hash untuk password
  • Manajemen layout untuk template sehingga lebih tertata dan rapi
  • Konfigurasi favicon, logo, dan informasi website dinamis
  • Penambahan MY_Controller untuk session cek login di setiap controller

Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter

Pertama sobat download framework codeigniter dan ekstrak ke htdocs dengan nama ci_susantokun_login dan buat database dengan nama db_susantokun berikut adalah SQL nya :

Kedua integrasikan template adminlte dengan codeigniter, sobat bisa membaca tutorial yang pernah saya posting yaitu Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan CodeIgniter yang membedakan hanya versi nya saja, kalau yang ini templatenya menggunakan AdminLTE-2.4.3.

Ketiga buka application\config\autoload.php dan ubah libraries, helper dan model seperti pada koding di bawah :

Keempat buka application\config\config.php dan ubah base_url, index_page, dan encryption_key seperti pada koding di bawah :
Kelima buka application\config\database.php lihat paling akhir dan ubah seperti pada koding di bawah :
Keenam buka application\config\routes.php dan ubah seperti pada koding di bawah :
Ketujuh hilangkan index.php sobat bisa baca tutorialnya pada artikel Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di codeigniter

Kedelapan buat file baru di helper dengan nama login_helper.php application\helpers\login_helper.php dan isikan code berikut :

kode di atas berfungsi untuk proses has pada password sehingga ketika nanti login atau pun daftar (tutorial berikutnya) bisa login dan password akan tersimpan dengan kode hash yang dihasilkan dari login _helper tersebut.

Kesembilan buat file baru di library dengan nama Template.php application\libraries\Template.php dan isikan code berikut :

Kesepuluh buat file baru di core dengan nama MY_Controller dan masukkan code berikut :
Kesebelas buat file baru di core dengan nama MY_Router dan masukkan code berikut :
Kode di atas bersifat optional, jadi jika sobat ingin memindahkan Auth.php ke dalam sub folder dan default_controller yang ada di config router adalah Auth.php maka harus membuat MY_Router agar bisa di akses.

Kedua belas sobat buat controller baru dengan nama Auth.php dan masukkan code berikut :

Ketiga belas buat folde baru dengan nama admin di controller dan buat file baru dengan nama Home.php application\controllers\admin\Home.php masukkan code berikut :

Keempat belas buat folder baru dengan nama member di controller dan buat file baru dengan nama Home.php application\controllers\member\Home.php masukkan code berikut :

Kelima belas buat model baru dengan nama Auth_model dan masukkan code berikut :

Keenam belas buat file baru di model dengan nama Konfigurasi model application\models\Konfigurasi_model.php ini sama dengan artikel Cara membuat dan menggunakan model di codeigniter jadi silakan baca saja disana 😀

Ketujuh belas buat folder di view dengan nama admin dan buat file baru engan nama dashboard.php application\views\admin\dashboard.php masukkan code berikut :

Hihihi itu cuma buat nampilin nanti hak akses sudah sesuai atau belum, kemudian buat juga folder di view dengan nama member dan file baru dengan nama dashboard.php dan masukkan tulisan DASHBOARD MEMBER

Kedelapan belas buat folder dengan nama layout dan buat file php dengan nama _css, _footer, _header, _js, _meta, _nav, _sidebar, dan template sebagai layout dari tampilan admin dan member yang telah diatur pada application\libraries\Template.php sehingga nanti semua itu bisa dinamis dan mantap. Untuk file nya karena terlalu banyak silahkan download disini .

Kesembilan belas folder baru di view dengan nama authentication dan file baru dengan nama login.php application\views\authentication\login.php masukkan code berikut :

Kedua puluh buat juga layout untuk login ini, jadi silakan download file layout untuk authentication dan pindahkan ke folder authentication yang berada di view.

Selesai, untuk melihat demo Multi Login di CodeIgniter online silakan kunjungi link dibawah :

Waduuu ternyata banyak juga ya langkah – langkah nya hilih kintil, itulah artikel tentang Cara Membuat Multi Login di CodeIgniter jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar. Terima kasih.

Unduh dan Berikan Penilaian :

Tampilan - 94%
Fungsi - 91%

93%

Rating

User Rating: 5 ( 2 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniter Part 6

Cara membuat dan menggunakan Model di CodeIgniter Part 6 – Susantokun. Halu haluuuuu kembali lagi …

error: Content is protected !!