Home / Android Studio / Cara Membuat DatePicker di Android Studio

Cara Membuat DatePicker di Android Studio

Cara Membuat DatePicker di Android StudioCara Membuat DatePicker di Android Studio – Setelah sobat membuat Form Mahasiswa maka pada bagian kedua ini sobat akan membuat suatu fungsi ketika dalam pemilihan tanggal lahir secara otomatis akan memunculkan kalender sehinga akan lebih memudahkan dalam pengambilan data tanggal lahir seperti tanggal, bulan dan tahun. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan edit text sebagai sarana untuk memunculkan kalender tersebut, jadi caranya user tinggal mengklik 2x pada bagian edit text tanggal lahir maka kalender secara otomatis keluar dan memilih tanggal lahir, setelah selesai maka tanggal lahir yang dipilih secara otomatis masuk ke bagian edit text tersebut.

Cara Membuat DatePicker di Android Studio

  1. Buka project yang telah sobat buat pada artikel Cara Membuat Form Mahasiswa di Android Studio Bagian 1 ataupun menggunakan project yang telah sobat buat sendiri
  2. Pada bagian formmhs.xml silakan ganti id pada edittext tanggal lahir dengan “tv_dateresult” seperti dibawah ini
  3. Sekarang beralih ke FormMahasiswa.java dan letakan code berikut, silakan amati apa saja yang diganti dan ditambahkan
  4. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah

Cara Membuat DatePicker di Android Studio Cara Membuat DatePicker di Android Studio

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada artikel Cara Membuat DatePicker di Android Studio ini, semoga bisa membantu dan berhasil dalam pengerjaannya, mohon maaf apabila ada kesalahan dan saya minta koreaksiannya yang sifatnya membangun demi perbaikan ke arah kesempurnaan.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Contoh soal dan jawaban mobile programming

Contoh soal dan jawaban mobile programming. Seperti pada postingan contoh – contoh soal dan jawaban …

  • sepertinya ketinggalan beberapa bagian jika langsung baca di sini.

    • baca yang pertama dulu aja bang biar nyambung hehehe baru lanjut kesini 😀

error: Content is protected !!