Home / CodeIgniter / Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter

Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter

Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniterCara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali lagi bersama saya susantokun kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter. Mungkin bagi para pengguna baru framework yang satu ini akan sedikit risih seperti kurang enak dipandang dengan adanya index.php yang wajib ada ketika akan pindah ke controller lain, ternyata itu bisa dihilangkan jika sobat tau caranya, youman. Kemudian sobat akan terasa ribet ketika harus mengganti base_url setiap sobat mengganti nama folder yang akan digunakan karena harus mengganti juga base_url nya sesuai dengan nama folder itu, ternyata itu bisa diakali jika sobat tau caranya, youman. Baca juga artikel Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan CodeIgniter.

Pada artikel ini akan diberikan tutorial bagaimana Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter agar lebih mantap yakali gamantap la kampret. Sangat simple sobat hanya perlu mengganti isi dari tiap configurasi tersebut, langsung saja ke tutorialnya.

Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter

Pertama sobat buka application\config\config.php dan ubah $config[‘base_url’] menjadi kode dibawah ini :

Maka secara otomatis ketika sobat mengganti nama folder akan tetap terbaca, kemudian sekarang kita hilangkan index.php yang harus menempel.

Kedua masih di file yang sama, kemudian hapus index.php yang ada di $config[‘index_page’] sehingga hasilnya menjadi seperti kode berikut :

Ketiga sobat buat file baru dengan notepad dan masukkan code berikut :

Pilih File – Save as dan masukkan nama .htaccess dengan type All files atau sobat bisa download file nya pada link download dibawah.

Nah setelah itu silakan sobat coba ubah nama foldernya dan lakukan uji coba, apakah masih tetap terpanggil atau tidak apakah css yang dipanggil masih tetap terbaca atau tidak, kemudian sobat pindah ke controller lain dan lihat apakah masih harus menggunakan index.php atau tidak, saya yakin sih masalah ini sudah teratasi semuanya. Mudah kan? Ya, selagi kita tahu caranya menjadi mudah, jangan lupa untuk sussskraib susantokun untuk mengetahui artikel – artikel terbaru karena masih banyak tutorial yang belum saya jabarkan tentang codeigniter ini. Akhir dari artikel tentang Cara membuat base_url dinamis dan menghilangkan index.php di CodeIgniter saya ucapkan terima kasih.

Unduh dan Berikan Penilaian :

Tingkat Keberhasilan - 99%
Tingkat Kemudahan - 90%

95%

Rating

User Rating: 5 ( 1 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan Codeigniter

Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan Codeigniter – Susantokun. Halu haluuuuu kembali lagi bersama …

error: Content is protected !!