Home / CodeIgniter / Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan Codeigniter

Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan Codeigniter

Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan CodeigniterCara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan Codeigniter – Susantokun. Halu haluuuuu kembali lagi bersama saya susantokun kali ini saya akan membahas tentang cara integrasi template adminlte 3 alpha dengan codeigniter dimana mulai dari artikel ini part – part dalam pembahasan codeigniter sudah tidak digunakan lagi karena bagian – bagian tersebut adalah dasar dari framework codeigniter itu sendiri sesuai dengan urutannya menurut pendapat saya dan wajib diketahui sebelum terjun lebih dalam. Silakan bagi yang belum tau bisa baca – baca tutorial sebelumnya tentang dasar – dasar dalam menggunakan framework codeigniter :

  1. CodeIgniter Part 1 : Materi Dasar Menggunakan CodeIgniter
  2. CodeIgniter Part 2 : Memulai Membuat Website Dengan CodeIgniter
  3. CodeIgniter Part 3 : Konfigurasi Awal Menggunakan CodeIgniter
  4. CodeIgniter Part 4 : Cara Membuat dan Menggunakan Controller di CodeIgniter
  5. CodeIgniter Part 5 : Cara Membuat dan Menggunakan View di CodeIgniter
  6. CodeIgniter Part 6 : Cara Membuat dan Menggunakan Model di CodeIgniter

Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan CodeigniterDalam membuat sebuah website pasti dibutuhkan tampilan yang keren dan pasti sobat akan kewalahan jika sobat membuat nya dari nol karena akan membutuhkan bayak waktu, maka dari itu disini saya akan berbagi tentang cara integrasi template adminlte 3 alpha dengan codeigniter, apa itu template adminlte? Template adminlte adalah sebuah desain suatu halaman yang berisikan dokumen file sehingga desain tersebut dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan pembuatnya, dalam hal ini adminlte adalah suatu desain website yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan seperti gambar di diatas. Dengan menggunakan template adminlte 3 alpha sobat tidak perlu membuat desain sendiri dari nol untuk membuat tampilan yang keren bin kece, sobat cukup memanfaatkannya sehingga muncul tampilan seperti yang sobat inginkan. Karena dalam suatu template pasti banyak fitur – fitur yang tidak semuanya harus digunakan dan sobat bisa memilih dan mengembangkan fitur – fitur tersebut.

AdminLTE 3 Alpha adalah desain yang secara default digunakan untuk backend atau bisa dikatakan administrator namun itu tergantung sobat mau digunakan untuk bagian backend ataupun frontend. Bagi para penggemar template adminlte bisa langsung mendownloadnya pada situs resmi AdminLTE dan langsung mendapatkan desain sesusai dengan yang didownload, namun karena bahasan kita kali ini berkaitan dengan codeigniter maka akan ada beberapa perubahan dalam mengelola template adminlte yang dinamakan integrasi template adminlte 3 alpha dengan codeigniter. Perlu sobat ketahui bahwa ada adminlte dan adminlte 3 alpha dimana adminlte 3 aplha saat postingan ini dibuat masih berstatus Pre-release, jadi terserah sobat mau download versi dibawah yang atau yang ini karena untuk cara integrasinya tetap sama. Sekarang kita akan langsung ke cara integrasi template adminlte 3 alpha dengan codeigniter.

Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan CodeIgniter

Pertama sobat download framework codeigniter dan simpan di htdocs kemudian ubah namanya menjadi ci_adminlte

Kedua sobat download template adminlte pada situs resminya kemudian ekstrak dan simpan di folder ci_adminlte/assets/vendor

Ketiga buka projek ci_adminlte di text editor kesayangan sobat, inget … adminlte nya yang dibuka bukan kenangan masa lalu bersama mantan

Keempat sobat buat controller baru dengan nama Auth dan masukkan kode berikut :

Kelima buat view dengan nama login.php (application\views\login.php) dan masukkan kode berikut :

Keenam buat controller baru bernama Dashboard1.php (application\controllers\Dashboard1.php) dan masukkan kode berikut :

Ketujuh buat view baru dengan nama dashboard1.php (application\views\dashboard1.php) dan seterusnya sesuaikan dengan kebutuhan. Karena codingnya terlalu panjang maka nanti di akhir akan saya berikan link download agar sobat bisa mempelajarinya sendiri. Pada latihan ini saya menggunakan modifikasi template dengan memisahkan setiap bagian agar nanti ketika ingin merubahnya menjadi lebih gampang dan terkesan rapi saat dilihat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Cara Integrasi Template AdminLTE 3 Alpha dengan Codeigniter pada kesempatan kali ini, kurang lebih nya mohon maaf dan jangan lupa terus kunjungi susantokun serta saya menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kenyamanan kita bersama. Untuk link download sobat bisa lihat di bagian bawah artikel ini ada yang ijo ijo tapi bukan kolor ijo bertuliskan Download. Terima kasih.

Unduh dan Berikan Penilaian :

Tingkat Keberhasilan - 99%
Mudah Dipahami - 90%

95%

Rating

User Rating: 4.75 ( 7 votes)

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Membuat Form Pendaftaran di CodeIgniter

Cara Membuat Form Pendaftaran di CodeIgniter – Susantokun. Halu haluuu kembali lagi bersama susantokun, kali …

error: Content is protected !!