Home / Teknologi / Ketahuilah Beberapa Hal Yang Dapat Mengancam Komputer Dan Internet Anda

Ketahuilah Beberapa Hal Yang Dapat Mengancam Komputer Dan Internet Anda

Beberapa Hal Yang Dapat Mengancam Komputer Dan Internet
Ancaman Komputer dan Internet (Gambar : Dewaweb.com)

Beberapa Hal Yang Dapat Mengancam Komputer Dan Internet. Sekarang ini teknologi komputer memang sudah menjadi suatu benda yang umum. Bahkan kemungkinan besar, setiap hari anda akan langsung berhubungan dengan komputer. Dengan adanya komputer tentu akan sangat membantu pekerjaan anda. Bukan hanya komputer saja, dengan adanya internet juga akan sangat membantu anda dalam mengerjakan sesuatu. Dengan adanya komputer dan internet akan membantu anda memudahkan mencari segala informasi, menyimpan dan juga mengelola data agar menjadi sesuatu hal yang tidak begitu membebani, atau juga melakukan berbagai macam transaksi keuangan.

Akan tetapi, bukan hanya kemudahan – kemudahan tersebut yang dapat anda rasakan. Tentu saja ada banyak sekali ancaman yang bisa merusak data maupun software yang ada pada komputer anda, bahkan komputer atau laptop anda bisa saja mengalami kerusakan. Pada saat komputer atau laptop anda tidak bisa bekerja seperti biasanya, seperti komputer atau laptop anda menjadi hang, data yang anda cari menghilang, lambat, maka anda pasti berkesimpulan bahwa komputer atau laptop anda terserang virus. Akan tetapi, pada umumnya ada beberapa ancaman yang selalu mengincar komputer dan internet yang sedang anda gunakan. Ancaman – ancaman tersebut bisa saja dengan merusak data – data anda, bahkan bisa juga mencuri data – data anda yang penting. Yang mengancam keamanan komputer atau laptop anda bukan hanya virus saja, namun yang lainnya juga. Seperti hal – hal berikut ini.

Beberapa Hal Yang Dapat Mengancam Komputer Dan Internet

1. Adware

Adware merupakan sebuah iklan produk dari situs atau aplikasi. Sebagian besar dari adware ini berasal dari aplikasi – aplikasi yang diperoleh secara gratis. Adware ini bisa menempel pada komputer, apalagi jika sedang melakukan browsing menggunakan internet. Sehingga anda akan menjumpai jendela pop up yang berisi iklan – iklan. Untuk mengatasinya anda bisa memasang anti spyware atau juga anti adware yang terbaru, selain itu anda bisa memakai plugin security options yang sebelumnya direkomendasikan oleh browser anda, dan juga anda bisa menggunakan firewalls saat melakukan browsing.

2. Malware

Malware ialah sebuah software yang dengan sendirinya ter-install di komputer atau laptop anda tanpa anda ketahui, dan tujuan utamanya ialah untuk merusak atau juga mengintai setiap kegiatan yang dikerjakan oleh komputer atau laptop yang anda gunakan. Apabila komputer atau laptop anda terkena malware, maka komputer atau laptop anda akan mengalami kelambatan dalam memproses suatu software atau program, pada desktop tiba – tiba muncul jendela pop up, browser anda tiba – tiba mengarah kepada situs yang bahkan tidak ada hubungannya dengan situs sebelumnya, dan juga proses booting berjalan lambat. Apabila komputer anda sudah terkena malware maka scan dengan rutin komputer anda dengan anti virus paling update dan juga aktifkan terus anti virus di komputer anda.

3. Spyware

Spyware merupakan suatu program yang berfungsi untuk memata – matai pengguna komputer dan internet dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang PIN, password, atau kartu kredit. Hal – hal tersebut tentu dapat merugikan korban sebab bocornya informasi – informasi tersebut.

4. Phising

Phising sendiri merupakan sebuah penipuan dari internet dan membuat korbannya mau memberi informasi penting yang bukan haknya untuk tahu. Seperti membuat sebuah website yang mirip dengan website bank, dan kemudian tanpa disadari korbannya memasukkan password dan jika diketahui password nya maka bisa saja dipakai untuk menguras tabungan dari korban.

5. Spam

Spam merupakan pesan yang dikirimkan kepada anda yang berisi tentang informasi yang tidak berkaitan dengan kegiatan browsing anda. umumnya berisi pesan iklan atau juga pancingan supaya orang mengunjungi website yang pada kenyataannya merupakan sebuah malware. Pesan yang dikirimkan umumnya berjumlah banyak sehingga akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghapusnya.

6. Trojan

Trojan merupakan suatu program yang merusak dan biasanya pura – pura menjadi program yang tidak berbahaya. Berbeda dengan virus, Trojan tidak menyerupai dengan yang lain, tidak perlu program induk untuk bisa menampungnya. Beberapa Trojan bahkan mengaku bisa membersihkan komputer dari berbagai macam virus, namun pada kenyataannya Trojan memberikan virus dan membuat sistem komputer anda mudah diakses oleh hacker.

Itulah Beberapa Hal Yang Dapat Mengancam Komputer Dan Internet Anda.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

10 Tempat Jalan - Jalan dengan Pasangan di Bogor

10 Tempat Jalan – Jalan dengan Pasangan di Bogor

10 Tempat Jalan – Jalan dengan Pasangan di Bogor – Bogor adalah kota yang sudah …

  • jadi yang berakhiran Ware itulah yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan PS dan Internet saya ya, belum lagi ada trojan dan lainnya….musti di pagerin nih perangkat sayah

error: Content is protected !!