Home / Cerita / Asal Usul Danau Toba Menurut Dongeng dan Para Peneliti

Asal Usul Danau Toba Menurut Dongeng dan Para Peneliti

Asal Usul Danau Toba
(Gambar : forum.viva.co.id)

Danau Toba adalah danau indah terletak di daerah Sumatra utara. Danau ini mempunyai dongennya tersendiri tetapi ada juga penelitian yang menerangkan dengan cara yang lebih logis bagaimana cara terbentuknya danau toba ini. Yuk mari disimak dari versi – versi dongeng atau masyakat dan penurut para ahli mengenai sejarah terbentuknya danau toba ini, berikut saya akan jelaskan Asal Usul Danau Toba.

Asal usul danau toba menurut dongeng atau cerita rakyat

Jadi beginilah kisah asal usul danau TOBA Oleh masyarakat jika di Tanya apa Asal usul danau toba menurut dongeng yaitu sebuah cerita dimana tinggal lah seorang pria di sebuah desa. Suatu hari dia menjaring ikan dan mendapatkan seekor ikan mas kemudian dia membawanya ke rumahnya. Sesampainya di rumah pria itu meletakkan ikan tersebut di dalam sebuah ember yang berisikan air agar si ikan mas tetap hidup. Di kemudian hari saat si Pria ingin bekerja dan ia keluar rumah ikan mas tersebut berubah menjadi seorang wanita yang membantu merapih – rapihkan rumah si Pria tesebut dan membuatkannya makanan. Kemudian ikan mas yang menjadi wanita cantik tadi kembali ke bentuk semulanya dan masuk ke dalam ember itu lagi.

Setelah si Pria pulang ia terkejut melihat seisi rumahnya sangat rapih da nada pula yang membuatkannya makanan yang sangat enak. Karena keanehan tersebut berlanjut selama beberapa hari akhirnya si Pria mencoba mengetahui siapa di balik semua itu. Di keesokan harinya ia berpura – pura ingin pergi bekerja tetapi bukannya bekerja ia malah mengintip siapa yang ada di rumahnya saat dirinya pergi bekerja. Dia pun mencoba mengintip ke rumahnya dari luar, Si pria mendapati bahwa si ikan mas yang di perliharanya tersebut berubah menjadi seorang wanita cantik yang sedang merapihkan seisi rumahnya. Lantas si pria langsung mendobrak masuk dan tertangkap basah lah si Wanita tersebut sedang membersihkan rumah si pria tersebut. Maka wanita itu menjelaskan pada si Pria bahwa dirinya adalah jelmaan ikan mas ajaib yang di dapatkannya dari menjaring ikan. Yah karena si pria tersebut belum menikah maka otomatis dia menikahi Wanita cantik tersebut.

Istirahat sejanak …

Mereka pun hidup bahagia dan memiliki seorang anak yang bernama TOBA. Karena ada beberapa orang yang tidak suka akan keluarga TOBA yang terlalu senang menjalani kehidupan sehari harinya maka di buatlah sebuah siasat yang akan menghancurkan keluarga tersebut. Maka Pada suatu hari saat si TOBA di beri perintah oleh Ibunya untuk mengantarkan makanan pada Bapaknya yang sedang berkerja di mulai lah siasat kotor tersebut oleh orang yang tidak menyukai keluarga mereka. Saat TOBA sedang membawa makanan yang akan di berikan pada Bapaknya dan melewati orang jahat tersebut ia sengaja memanggil TOBA untuk di mintai bantuan, bantuannya tersebut yaitu untuk mendapatkan cincin yang di jatuhkan oleh si orang jahat itu ke dalam sejumlah genangan lumpur. Karena TOBA adalah anak yang lugu maka ia melakukan perintahnya tersebut TOBA pun bermandikan lumpur sedari mencari cincin yang sebenarnya tidak ada itu. Sambil TOBA asik mencari cincin yang tidak ada itu di dalam genangan lumpur orang jahat ini mengacak – acak makanan yang akan di berikan pada Bapaknya si TOBA agar marah dan memecah belah keluarga tersebut.

Lanjut …

Karena terlalu lama TOBA tidak muncul membawakan makanan untuk Bapaknya tersebut maka Bapaknya mencari TOBA. Saat orang jahat itu mendekati Bapaknya TOBA dan memberitahukan bahwa TOBA sedang asik main lumpur setelah memakan makanan yang di berikan padanya (padahal itu hanya fitnah). Sunggu buntu pikiran Bapaknya sehingga ia emosi dan menghampiri TOBA dengan emosinya ia memarahi TOBA dan mengatakan bahwa TOBA adalah anak ikan mas, Bapaknya berkata “dasar anak ikan mas”.

Mendengar hal tersebut TOBA langsung menangis dan turun hujan yang sangat lebat, TOBA pun berlari sambil menangi untuk mendatangi Ibunya. Setelah ia berjumpa dengan Ibunya dan bertanya “Apakah aku ini anak ikan mas ?” Lalu Ibunya menjawab “Siapa yang mengatakan hal tersebut” dan TOBA menjawab bahwa “Bapak yang mengatakan hal tersebut” sambil menangis. Kemudian Ibunya pun memberitahukan TOBA untuk segera naik ke dataran tinggi karena akan terjadi banjir yang akan menutupi semua desa yang berada di daerah tersebut. Maka Toba pun langsung berlari sambil hujan lebat dan air sudah naik Toba sudah berada di daerah dataran tinggi. Kemudian secara cepat semua orang yang ada di desa beserta Bapaknya TOBA tenggelam tetapi Ibunya Toba kembali menjadi ikan mas. Dan menggenang lah air di daerah tersebut menjadi danau dan di sebutlah danu TOBA. Itulah asal usul danau Toba dari cerita rakyat atau dongeng.

Asal usul danau toba menurut para peneliti

Beginilah Sejarah danau Toba Menurut para ahli Peneliti Internasional bahwa danau TOBA ini adalah Danau vulkanik dengan ukuran panjang hingga 100 Kilometer dengan lebarnya hingga 30 kilometer karena di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba ini sudah sejak lama menjadi objek wisata unggulan di provinsi Sumatera Utara.

Nah sejarah danau toba menurut para ahli peneliti Internasional, Pada perkiraan mereka bahwa Danau Toba berasal dari Ledakan sekitar 73ribu sampai 75ribu tahun yang lalu dan merupakan letusan gunung berapi yang super yang paling baru.

Menurut Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University mengutarakan bahwa jumlah total dari bahan di sekitar 2.800 kilometer kubik letusan sampai 2ribu km kubik ignimbrite mengalir di atas tanah, dan sekitar 8 ratus km kubik yang jatuh abu, terutama yang terbawa agin ke arah barat. Piroklastik mengalir dari dampak letusan tersebut menghancurkan arena seluas 20ribu km persegi dengan 6 ratus meter deposito abu yang tebal dengan kawah utamanya.

Kejadian Meletusnya gunung Toba ini menyebabkan kematian massal yang cukup mengerikan dengan banyak berimbas kepunahahn pada beberapa sepesies mahluk hidup yang ada pada saat kejadian tersebut. Menurut beberapa bukti penelitian terhadap DNA, letusan ini juga berimbas pada menyusutnya jumlah populai manusia hingga sebesar 60 persen dari total populasi manusia saat itu yaitu dengan jumlah manusia sekitar 60 juta orang.

Letusan ini juga berimbas saat terjadinya zamas es menjadikan spesiel mahluk hidup di jaman tersebut banyak yang mati terseleksi oleh letusan gunung TOBA dan juga zaman es, meski para ahli masih memperdebatkan kebenaran akan terori ini. Setelah kejadian tersebut kawah yang di hasilkan oleh ledakan tersebut terisi air dan jadilah danau TOBA. Dan pulau Samosir berasal dari tekanan magma yang belum sempat keluar dan jadilah pulau Samosir.Itulah asal danau TOBA menurut para peneliti internasional.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

cerita hantu kampus unjani

Cerita Horor Hantu Kampus UNJANI Cimahi

Cerita Horor Hantu Kampus UNJANI Cimahi (Universitas Jenderal Achmad Yani). Berikut adalah cerita horor dari …

  • Setahu saya gunung toba itu dulunya gunung berapi trus meletus membentuk danau toba itu sendiri

    • ya banyak versi bang, haha makanya diatas saya jelaskan menurut para ahli juga 😀

  • I am really eager of seeing comical videos at youtube, and this video clip is actually so funny, hehehhe.
    dialkt

error: Content is protected !!