Apa itu Framework? Pengertian Framework

Apa itu Framework? Pengertian Framework

Diperbaharui 20 Mei 2020 1:14 PM

Pada bahasan kali ini susantokun akan membahas tentang apa itu framework atau pengertian framework serta kategori framework untuk programmer. Sebagai contoh website tanpa menggunakan framework alias menggunakan PHP Native ada pada artikel Cara Membuat Website Sederhana Dengan PHP Dan MySQL

Pengertian Framework Menurut Para Ahli

Menurut Oxford English Dictionary framework mempunyai arti struktur dasar yang melandasai sebuah sistem. Sehingga keseluruhan sistem bergerak berdasarkan kerangka struktur dasar yang telah dibentuk sebelumnya.

Siena (2009) framework adalah suatu library yang telah diorganisasikan pada sebuah rancangan arsitektur untuk memberikan kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan konsisten dalam pengembangan suatu aplikasi.

Apa itu Framework? Pengertian Framework

Pada artikel ini susantokun akan memfocuskan pengertian framework dalam ruang lingkup web programming. Jadi, secara umum framework adalah kerangka yang menggunakan struktur MVC (Model, View, Controller) yang merupakan media dalam pengelolaan suatu data sehingga menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

Ada 2 kategori dalam framework yaitu framework PHP dan framework CSS. Sebelum itu saya akan jelaskan bahwa pengertian framework adalah suatu kerangka yang memudahkan developer dalam membangun suatu sistem, tidak harus membangun dari nol karena sudah ada library yang disediakan oleh framework yang bersangkutan. Yang jelas developer tinggal menyesuaikan dengan aturan – aturan yang ada pada framework, misalkan adanya struktur MVC yang mengharuskan programmer untuk menyesuaikan penempatan codingan sesuai dengan fungsinya.

Framework PHP

  1. Laravel
  2. CodeIgniter
  3. Zend Framework
  4. Yii
  5. Symfoni
  6. Cake PHP
  7. Fuel PHP
  8. DLL

Untuk framework PHP yang sering digunakan adalah Laravel dan CodeIgniter, kenapa saya dapat menyimpulkan demikian? Karena ketika saya bertanya ke teman sekampus, teman dunia maya, dan teman bermain bahwa yang pernah mereka gunakan dan ketahui adalah kedua framework itu saja. Tapi masih tetap ada yang menggunakan framework lainnya juga namun jumlahnya tidak sebaganyak kedua framework tersebut.

Framework CSS

  1. Bootstrap
  2. Semantic UI
  3. Tailwind CSS
  4. Gumby
  5. Foundation
  6. Less Framework
  7. Blue Print CSS
  8. DLL

Pasti sobat sudah tidak asing dengan yang namanya bootsrtap, ini adalah framework CSS yang sering digunakan oleh para programmer dalam membuat tampilkan suatu website.

Framework JavaScript

  1. React
  2. Vue.js
  3. Angular
  4. Node.js
  5. Ember
  6. Meteor
  7. DLL

Nah untuk framework javascript ini saya sangat menyarankan, karena makin kesini menggunakan framework javascript makin joss. Maksudnya, menurut saya dengan mendalami framework javascript ini maka website ataupun mobile apps menjadi lebih interaktif dan biasanya bersifat realtime untuk proses transaksi data serta lebih keren jika menggunakan javascript.

Nah itu saja tentang Apa itu Framework? Pengertian Framework yang dapat susantokun sampaikan, semoga dapat membantu sobat dalam memahami pengertian framework, dan berikutnya susantokun akan membahas tentang Apa itu CodeIgniter? Pengertian CodeIgniter.

Baca Juga : Kategori CodeIgniter

susantokun avatar
susantokun
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.
Kebijakan Berkomentar :
  • Dilarang berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, HOAX, PORNO.
  • Mohon sertakan informasi detail saat terjadi error (pesan error, sreenshoot, code, logs, dsb.).
Silakan baca terlebih dahulu kebijakan berkomentar sebelum berkomentar.
KOMENTAR TERBARU