Home / Education / Ilmu Komputer / Analisis Persiapan Projek Terkait Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer Moudul 01

Analisis Persiapan Projek Terkait Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer Moudul 01

A. Nama Praktikum

Perkenalan Interaksi Manusia dan Komputer dan Analisis Persiapan Projek Terkait Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer.

B. Tujuan

  1. Pengenalan Interaksi Manusia dan Komputer
  2. Pengenalan Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer pada suatu kasus projek
  3. Persiapan penentuan tema projek dan siapa yang terkait untuk konsep implementasi manusia dan komputer
  4. Persiapan penentuan deskripsi projek untuk konsep implementasi manusia dan komputer

C. Petunjuk dan Materi Terkait

1. Pengertian IMK

Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer? Istilah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK – Human Computer Interaction/HCI) baru digunakan secara luas beberapa waktu belakangan ini, namun mengakar dari bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini telah dimulai dari saat perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan sistem persenjataan yang efektif sehingga dipelajari interaksi antara manusia dengan mesin.  Hal ini kemudian mendorong munculnya ketertarikan para peneliti dibidang ini dan membentuk suatu perkumpulan peneliti bidang ergonomi (Ergonomics Research Society).
Ergonomi menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Human factor (faktor manusia) meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas. Kedua bidang ini memperhatikan kinerja user dalam konteks semua jens sistem, apakah itu komputer, mekanik, atau manual.
Bidang lain yang juga mempengaruhi studi interaksi manusia dan komputer adalah ilmu dan teknologi informasi yang membahas teknologi informasi, yang membahas teknologi dan memperhatikan manajemen dan manuoulasi informasi dalam suatu organisasi. Dalam lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, user adalah individual user, sekelompok user yang bekerja bersama, atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi, masing-masingmenghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded.
Sistem ini dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feedback) dan kontrol selama pelaksanaan tugas/kerja. Komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau proses batch.

2. Siapa Yang Terkait Dengan IMK

IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidan gilmu. Desainer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian diberbagai bidang seperti :
  1. Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognirifg, kemampuan memecahkan masalah
  2. Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan atau karakteristik fisik user
  3. Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas
  4. Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan
  5. Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil
  6. Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan prestasi yang efektif mengenai interface
  7. Technical writing agar mampu membuat manual dan lain-lain.

D. Cotoh Kasus

  1. Tema : Company Profil Untuk Tempat Wisata Kebun Raya Kota Bogor
  2. Target Projek : Masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Tempat Wisata Kebun Raya Nogor
  3. Bentuk Projek : Company Profil Berbasis Web
  4. Deskripsi : Sistem yang akan dokembangkan adalah sistem yang mencakup company profil dari tempat wisata kebun raya bogor yang bertempoat di Kota Bogor, Company profil mencakup profil, fasilitas, koleksi tanaman, galeri tanaman, dan lain-lain. Disamping itu ada pula company profil ini nantinya kan dikelola oleh pihak administrator dari kebun raya bogor dan dimanfaatkan untuk memberikan informasi yang diperlukan bagi masyarakat.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

Check Also

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL – Kali ini kita akan langsung membuat koneksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!