Home / Education / Ilmu Komputer / Analisis dan Persiapan Pengembangan Projek Terkait Implementasi IMK Modul 02

Analisis dan Persiapan Pengembangan Projek Terkait Implementasi IMK Modul 02

A. Nama Praktikum

Analisis dan Persiapan Pengembangan Projek Terkait Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer

B. Tujuan

  1. Penentuan kebutuhan data terkait projek dan implementasi interaksi manusia dan komputer
  2. Penentuan alat perancangan sistem terkait projek dan impelemtasi interaksi manusia dan komputer
  3. Penentuan aplikasi untuk membantu perancangan sistem terkait projek dan implementasi interaksi manusia dan komputer

C. Petunjuk dan Materi Terkait

1. Analisis dan Perancangan Sistem

1.1 Analisis Sistem

Analisis system dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu system informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya (Jogiyanto, 1999:129). Tujuan utamanya adalah untuk memahami system dan masalah yang ada, untuk menguraikan kebutuhan informasi dan untuk menetapkan prioritas pekerjaan. System selanjutnya terdapat empat tahap atau langkah umum dalam analisis sitem :

  1. Survei system berjalan
  2. Mengidentifikasi kebutuhan informasi pemakai
  3. Mengidentifikasi kebutuhan sistem yang perlu untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai
  4. Penyajian laporan analisis sistem

Dalam memahami kerja dari sistem yang ada dari beberapa tugas yang perlu dilakukan, sebagai berikut :

  1. Menentukan jenis penelitian
  2. Merencanakan jadwal penelitian
  3. Membuat penugasan penelitian
  4. Membuat agenda waawncara
  5. Mengumpulkan hasil penelitian

1.2 Perancangan Sistem
Setelah tahap analisis system selesai dilakukan, maka analisis system telah mendapatkan gambaran dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tahap desain system mempunyai dua tujuan utama, yaitu :

  • Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem
  • Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancangan bangun yang lengkap kepada pemrogram computer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat

Untuk mencapai tujuan ini, analisis system harus dapat mencapai sasaran-sasaran sebagai berikut :

  • Desain system harus berguna, mudah dipahami dan nantinya mudah digunakan
  • Desain system harus dapat mendukung tujuan utama perusahaan
  • Desain system harus efisien dan efekstif untuk dapat mendukung pengolahan transaksi, pelaporan manajemen dan mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen dan medukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen, termasuk tugas-tugas lainnya yang tidak dilakukan oleh komputer
  • Desain system harus dapat mempersiapkan rancangan bangun yang terinci uyntuk masing-masing komponen dari system informasi yang meliputi data, informasi serta pengendalian intern.

Desain system merupakan formulasi spesifikasi rinci dari sistem yang diusulkan. Terdapat tiga tagap atau langkah umum dalam perancangan sistem.

  • Evaluasi rancangan alternative dari sistem yang diusulkan
  • Penyajian spesifikasi rancangan rinci
  • Penyajian laporan perancangan sistem.

2. Alat Perancangan Sistem

2.1 Diagram Navigasi
Struktur navigasi adalah struktur atau alur dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebagiknya dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi. Ada 4 (empat) macam bentuk dasar dari struktur nabigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi, yaitu :
Linier : pemakai menelusuri program secara berurutan
Hirarki : pemakai menelurusi program melalui titik-titik percabangan dari suatu struktur pohon
Non linier : pemakai bebas menelurusi program tanoa dibatasi oleh suatu rute
Campuran : pemakai dapat dengan bebas menelusuri program, tetapi pada bagian tertentu gerakan dibatasi secara hirarki ataupun linier.
2.2 Perancangan User Interface
Tujuan dari Perancangan User Interface adalah merancang interface yang efektif untuk sistem perangkat linak. Efektif artinya siap digunakan, dan hasilnya sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan disini adalah kebutuhan penggunanya. Pengguna sering menilai sistem dari interface, bukan dari fungsinya melainkan dari user interfacenya. Jika desain user interfacenya yang buruk, maka itu sering jadi alasan untuk tidak menggunakan software tersebut. Selain itu terface yang butuk sebabkan pengguna membuat kesalahan fatal.
Saat ini interface yang banyak diogunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). GUI memberikan keuntungan seperti :

  • Gampang dipelajari oleh penggua yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim
  • Berpindah dari satu layar kelayar yang lain tanpa kehilangan informasi dimungkinkan
  • Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas atau keperluan.

2.3 Fowchart Sistem
Flowchart sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluiruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.
Flowchart Sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data itu. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online (dihibingkan langsung dengan komputer) atau offline (tidak dihibungkan langsung dengan komputer, misalnya mesin tik, cash register atau kalkulator).

3. Aplikasi Perancangan Sistem

3.1 Microsoft Visio
Microsoft Visio (atau sering disebut visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainsorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.

Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakuisisi oleh  Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.

D. Cotoh Kasus

Data-data yang akan dicari pada projek pembuatan company profil Tempat Wisata Kebun Raya Bogor adalah :
  1. Data Profil Kebun Raya Bogor
  2. Data Fasilitas Kebun Raya Bogor
  3. Data Profil Pengurus Kebun Raya Bogor
  4. Data Jenis tanaman Kebun Raya Bogor
  5. Foto-foto tanaman Kebun Raya Bogor
  6. Kontak
  7. Dan lain-lain
Alat perancangan pada projek pembuatan company profil Tempat Wisata Kebun Raya Bogor adalah :
  1. Diagram Navigasi
  2. Flowchart Sistem
  3. Perancangan User Interface Front End dan Back End

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL

Cara Menyambungkan Webiste PHP Dengan Database MySQL – Kali ini kita akan langsung membuat koneksi …

  • Artikelya kumplit banget gan, sangat bermanfaat, buat tugas kuliah…makasih gan..infonya..

    • sama-sama gan, jangan lupa buat like fanpagenya 😛

error: Content is protected !!