Home / Sejarah / Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa

Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa

Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa – Susantokun. Penjelajahan samudera berlangsung pada tahun 1450-an hingga tahun 1650. Penjelajahan samudera dipelopori bangsa Portugis dan Spanyol. Kedua bangsa ini saling bersaing menemukan daerah penghasil rempah-rempah di Asia. Sehingga untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol, diadakan Perjanjian Tordesillas pada tanggal 7 Juni 1494. Dalam perjanjian ini ditetapkan bahwa daerah kekuasaan di dunia non-Kristiani dibagi menjadi dua bagian dengan batas garis khayal membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan. Daerah sebelah Timur garis khayal menjadi kekuasaan Portugis, sementara daerah sebelah Barat garis khayal adalah daerah kekuasaan Spanyol.

Alasan dan Tokoh Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa

ALASAN PENJELAJAHAN SAMUDRA

Beberapa hal yang menjadi pemicu penjelajahan samudera oleh Bangsa Eropa, adalah:

1. Jatuhnya Konstantinopel oleh bangsa Turki Ustmani
Setelah Konstantinopel jatuh oleh bangsa Turki Ustmani pada tahun 1453, Turki Ustmani menguasai jalur perdagangan laut tengah dan memutus pasokan rempah-rempah bangsa Eropa, sehingga bangsa Eropa terpaksa melakukan penjelahan samudera untuk mendapatkan rempah-rempah yang dibutuhkan oleh bangsa Eropa.

2. Reconguesta
Reconguesta adalah semangat pembalasan dendam bangsa Eropa pada kekuasaan Islam akibat kekalahan bangsa Eropa dalam Perang Salib.

3. Gospel, glory, and gold
Gospel yaitu semangat menyebarkan agama Nasrani. Glory adalah semangat memperoleh daerah jajahan. Gold adalah semangat untuk mencari emas.

4. Kemajuan IPTEK
Berkat adanya penemuan kompas, sistem navigasi, mesin, dan kapal yang semakin mempermudah pelayaran, mendorong bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan samudera.

5. Terinspirasi oleh Marcopollo
Kisah perjalanan Marcopollo yang dituliskan dalam Imago Mundi menjadi inspirasi bagi bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan. Dalam buku Imago Mundi, disebutkan bahwa Marcopollo adalah musafir dari Italia yang berhasil menjelajahi Indonesia, India, dan Tiongkok.

TOKOH PENJELAJAHAN SAMUDERA

A. Tokoh dari Portugis

1. Bartolomeuz Diaz (1450 – 1500 M)
Tahun 1486 Bartholomeus Diaz mencapai Tanjung Harapan (atau yang disebut juga Tanjung Topan). Bartholomeus Diaz bertolak dari Lisabon, lalu menyusuri pantai barat Afrika di arah selatan, hingga sampai di ujung selatan benua Afrika. Tempat itulah yang kemudian diberi nama Tanjung Harapan. Pelayaran Bartholomeus Diaz gagal karena adanya ombak dan angin kencang, yang memaksa Bartholomeus Diaz kembali ke Portugis.
2. Vasco da Gama (1469 – 1524 M)
Vasco da Gama memulai pelayarannya tahun 1497. Dia berlayar mengikuti rute yang telah dilalui oleh Bartholomeus Diaz. Setelah tiba di Tanjung Harapan, Vasco da Gama melanjutkan penjelajahannya hingga memasuki Samudera Hindia dan tiba di Kalkuta, India pada Mei 1498. Karena mengira India sebagai daerah penghasil rempah-rempah, Vasco da Gama dan pedagang Portugis mendirikan kantor dagang lengkap dengan bentengnya.
3. Alfonso d’Albuquerque (1453 – 1515 M)
Setelah bangsa Portugis menyadari bahwa India bukan daerah penghasil rempah-rempah, mereka lalu kembali melakukan penjelajahan ke pusat perdagangan rempah-rempah di Asia, yaitu Malaka. Penjelajahan kali ini dilakukan oleh Alfonso d’Albuquerque. Tahun 1511, bangsa Portugis berhasil menaklukkan Kerajaan Malaka.

B. Tokoh dari Spanyol

1. Christoper Columbus (1451 – 1506 M)
Tanggal 3 Agustus 1492, tim pelayaran yang dipimpin oleh Christoper Columbus mulai berlayar untuk mencari rempah-rempah. Christopher Columbus bertolak dari Spanyol ke arah barat, lalu mengarungi samudera Atlantik.
Tanggal 12 Oktober 1492, Christoper Columbus sampai ke San Salvador di Kepulauan Bahama. Dia mengira kepulauan Bahama sebagai Hindia, menamai penduduk setempat sebagai bangsa Indian. Meski begitu, Christoper Columbus tetap dianugerahi gelar penemu benua Amerika karena telah menunjukan jalan bagi bangsa Eropa.
2. Magellan-Canno
Ferdinand Magelhaens (1480 – 1521 M), dan Juan Sebastian del Cano (1480 – 1522 M) merupakan dua tokoh yang pertama kali mengelilingi dunia.

Rombongan Magelhaens berangkat dari Spanyol tanggal 10 Agustus 1519. Dia bertolak dari Spanyol ke arah barat, lalu mengarungi samudra Atlantik, menyusuri pantai timur Amerika, hingga sampai di ujung selatan benua Amerika. Setelah itu, dia mengarungi samudra Pasifik yang sangat luas dan tenang, hingga tiba di Kepulauan Massava pada tahun 1521.

Di sana, Ferdinand Magelhaens mendirikan tugu peringatan untuk menyatakan bahwa kepulauan itu menjadi milik Spanyol. Kepulauan tersebut dinamai Filipina, yang diambil dari nama raja Spanyol, yaitu Philips II. Tidak lama setelah itu, Ferdinand Magellan tewas oleh orang Mactan.

Juan Sebastian del Cano adalah wakil dari Magelhaens. Setelah Magelhaens tewas, dia kemudian memimpin sisa pasukan untuk melanjutkan perjalanan ke arah selatan, ke Kalimantan, lalu tiba di Kepulauan Maluku pada tahun 1522. Pertemuan Portugis dan Spanyol di Maluku menimbulkan persaingan, dan itulah yang menjadi alasan lahirnya perjanjian Saragosa tahun 1528. Dalam perjanjian itu dinyatakan bahwa Portugis akan tetap melanjutkan perdagangannya di Maluku sementara Spanyol melanjutkan kegiatan dagangnya di Kepulauan Massava.

C. Tokoh dari Inggris

1. Sir Francis Drake
Tahun 1577, Drake memulai berlayar dari Inggris ke arah Barat. Dalam pelayarannya, rombongan Drake memborong rempah-rempah di Ternate. Setelah itu, Drake pulang dan sampai di Inggris pada tahun 1580.
2. Sir James Lancester
Tahun 1591, Lancester berhasil berlayar sampai ke Aceh dan Penang, lalu kembali tiba di Inggris tahun 1594. Setelah itu dia kembali melakukan pelayaran. Pada bulan Juni 1602, Lancester dan maskapai perdagangan Inggris (EIC) tiba di Aceh, lalu menuju Banten. Di Banten, Lancester memperoleh izin untuk mendirikan kantor dagang.
3. Sir Henry Middleton
Tahun 1604, pelayaran kedua maskapai perdagangan Inggris (EIC) yang dipimpin Sir Henry Middleton berhasil mencapai Ternate, Tidore, Ambon, dan Banda. Sepanjang tahun 1611 – 1617, orang-orang Inggris mendirikan kantor dagang di Sukadana, Makassar, Jayakarta, Jepara, Aceh, Pariaman, dan Jambi.
4. William Dampier
Tahun 1688, Dampier berhasil mendarat di pantai barat Australia. Ia kemudian melanjutkan pelayaran dengan menelusuri pantai ke arah Utara.
5. James Cook
Tahun 1770, James Cook berhasil mendarat di pantai timur benua Australia. Ia kemudian menelusuri pantai menuju utara Australia. Pada tahun 1771 James Cook telah berhasil menjelajahi pantai Australia secara menyeluruh. Oleh karena itu, James Cook sering disebut sebagai penemu Benua Australia.

D. Tokoh dari Belanda

1. Barentz
Barentz mencari daerah Asia melalui jalur utara. Hingga sampai di Kutub Utara, pelayaran terhambat karena air laut membeku. Barentz berhenti di pulau Novaya Zemlya, kemudian memutuskan untuk kembali tapi meninggal dalam perjalanan. Tahun 1594, Barentz meninggal dan laut tempat Barentz meninggal diberi nama Laut Barentz.
2. Cornelius de Houtman
Tahun 1595, Cornelius de Houtman memimpin pelayaran ke arah timur untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah. Dia mengambil jalur seperti yang ditempuh Portugis. Pada tahun 1596 Cornelius de Houtman berhasil mendarat di Banten.
3. Jacob Van Neck
Tahun 1598, Jacob Van Neck mengikuti jalan Cornelis de Houtman untuk pergi ke Banten. Di Banten, dia dan rombongannya disambut dengan baik oleh penduduk setempat karena Jacob Van Neck dan rombongan bersikap baik dan ramah. Karena itu juga, dia dan rombongan bisa pulang dengan membawa banyak rempah-rempah.
4. Abel J. Tasman
Tahun 1642, Abel J. Tasman berlayar ke perairan di sebelah tenggara Australia, dan menemukan sebuah pulau yang kemudian dikenal dengan nama Pulau Tasmania.

Itulah alasan terjadinya penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa, dan tokoh-tokoh yang melakukan penjalajahan samudera. Semoga bermanfaat.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Ini Nih Alasan Mengapa Jepang Disebut Sebagai Macan Asia!

Ini Nih Alasan Mengapa Jepang Disebut Sebagai Macan Asia!

(Gambar : DIGALERI.COM) Siapa sih yang tak kenal dua negara hebat yang ada di Benua …

error: Content is protected !!