Home / Pendidikan / 8 Tips Sukses SNMPTN 2017

8 Tips Sukses SNMPTN 2017

8 Tips Sukses SNMPTN 2017

Tips Sukses SNMPTN

Bagi kalian yang saat ini sedang duduk di kelas XII SMA, tentunya sedang harap-harap cemas menjelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) yang diadakan serentak di Indonesia tahun 2017-2018. Mengingat, SNMPTN adalah gerbang dimana kita akan diterima atau tidak sebagai bagian dari universitas favorit yang kita impikan, maka sudah pasti kita harus mempersiapkannya sejak dini. Persyaratan seleksi SNMPTN 2017 cukup mudah, yakni dengan menyetorkan nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 selama menjadi siswa di SMA. Agar kalian lulus SNMPTN, berikut tips sukses lolos SNMPTN yang bisa kalian coba.

8 Tips Sukses SNMPTN

1. Tepat memilih jurusan

Tips Sukses SNMPTN yang pertama yaitu jika selama menempuh pelajaran di SMA kalian memilih jurusan IPA, maka sangat disarankan atau bahkan diwajibkan bagi kalian semua untuk memilih jurusan yang berhubungan dengan kemampuan eksakta. Namun jika kalian selama belajar memilih jurusan IPS, maka selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah memilih jurusan yang ada relasinya dengan ilmu sosial. Jangan sampai jika kalian memilih jurusan IPS selama di sekolah lalu pada saat SNMPTN memilih jurusan yang berbau eksak, kemungkinan besar pelajaran dasar eksakta kalian akan lemah dan berpengaruh pada nilai selama di kuliah dan juga ketahanan dan kesiapan selama mengikuti mata kuliah di perkuliahan. Singkatnya, pilih jurusan yang selini dengan jurusan kalian di SMA ya guys.

2. Passing grade jurusan

Jika kalian amati kalian punya kapasitas dan pantas untuk menjadi bagian dari jurusan favorit yang mempunyai passing grade tinggi, maka cobalah. Namun jika sepertinya kesempatan cukup kecil, maka coba kemungkinan yang lain, misalkan kalian tetap memilih jurusan yang sama di universitas yang sama negerinya namun tidak se-wow universitas yang kalian impikan. Atau jika kalian tetap membidik jurusan tertentu di universitas tertentu sejak masuk SMA, maka persiapkan sedini mungkin nilai rapor yang bagus dengan cara belajar giat dan juga dengan berdoa. Persiapan jauh-jauh hari seperti ini akan membuat kalian lebih siap untuk menghadapi persaingan di kemudian hari khususnya saat menjelang SNMPTN.

3. Konsistensi dan juga progress nilai rapor

Seperti disinggung diatas bahwa seleksi masuk perguruan tinggi negeri saat ini adalah dengan menggunakan nilai rapor dari semester satu hingga semester 5. Jika kalian sejak semester pertama mendapatkan nilai yang memuaskan, maka kalian bisa coba berpartisipasi. Bagi kalian yang nilai rapornya fluktuatif (asal tidak signifikan perubahannya) bisa tetap berpartisipasi mengikuti SNMPTN tahun ini. Jangan patah semangat ya guys.

4. Faktor alumni

Konsultasikan kepada guru BK berapa banyak alumni sekolah kalian menjadi mahasiswa dari universitas tertentu. Jika cukup banyak, bisa dipastikan peluang untuk kalian diterima sebagai mahasiswa di universitas dan jurusan yang sama akan cukup besar. Apalagi jika kakak tingkat kalian memiliki prestasi yang cukup bagus.

5. Faktor Sekolah

Sekolah favorit dengan akreditasi yang bagus biasanya cukup dilirik oleh universitas di seluruh Indonesia. Berbanggalah kalian yang bersekolah di sekolah dengan akreditasi A sebab peluang untuk diterima SNMPTN akan lebih besar. Bagi kalian yang bersekolahd di sekolah dengan akreditasi kurang bagus, maka kalian harus ekstra kerja keras ya.

6. Urutkan pilihan jurusan dengan tepat

Biasanya, ada tiga pilihan alternative jurusan yang bisa diambil. Untuk itu, usahakan pilihan jurusan pertama adalah jurusan yang sungguh kalian inginkan. Pilihan jurusan kedua adalah jurusan yang berhubungan dengan jurusan kalian selama berada di SMA. Dan yang terakhir pilihlah jurusan yang passing gradenya rendah dengan jumlah peminat yang terbatas.

7. Lampirkan prestasi non akademik

Apapun prestasi non akademik yang kalian miliki, lampirkan saja bukti prestasi tersebut sebagai dokumen pendukung saat seleksi SNMPTN 2017 berlangsung. Ini akan menjadi nilai plus saat proses seleksi berlangsung.

8. Ber do’a

Ya, sembari ikhtiar kesana-kemari agar lolos SNMPTN tahun ini, jangan pernah lupakan do’a. Iringi setiap aktivitas kalian dengan do’a sebab Tuhanlah yang Maha Memberi Pertolongan dan yang tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Semoga keinginan kalian selaras dengan takdir Tuhan. Semoga dikabulkan. Amin.

Baca juga: 8 Langkah Tembus SBMPTN

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

10 Tempat Jalan - Jalan dengan Pasangan di Bogor

10 Tempat Jalan – Jalan dengan Pasangan di Bogor

10 Tempat Jalan – Jalan dengan Pasangan di Bogor – Bogor adalah kota yang sudah …

  • berdoa yang kenceng dan khusyu setelah melakukan 7 poin diatasnya menjadi sangat penting dan super penting jika kemudian sebelumnya sungkem, sujud minta maaf kepada kedua orang tua kita

    • iya mang itu semua tidak akan sempurna tanpa hal tersebut. Semoga mang lembu selalu diberikan rizky. Amin.

  • waduh terimakasih loh mas tips nya, membantu banget supaya pikiran saya terbuka pada sang pencipta

    • iya sama-sama, semoga berhasil dan sukses

error: Content is protected !!